Hibah Buku Ajar Undip Tahun 2015

Berdasarkan UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, terutama pasal 12 ayat 3, dosen wajib menulis buku ajar atau buku teks yang diterbitkan sebagai salah satu sumber belajar. Selain itu, agar dikategorikan sebagai seorang pendidik yang profesional dan ilmuwan, maka seorang dosen juga memiliki tugas utama yaitu mentrasformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan (UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen). Dalam proses pembelajaran, dosen seyogyanya juga melakukan berbagai perencanaan pelaksanaan pembelajaran, seperti menyediakan materi ajar ataupun sumber belajar lainnya (PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 19:3 dan pasal 20). Sementara itu, menulis buku ajar hingga siap cetak bukanlah pekerjaan yang mudah bagi sebagian besar dosen, serta memerlukan waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, buku ajar yang telah diterbitkan mendapat penghargaan cuku tinggi dari Ditjen Dikti, baik berupa kredit poin, yaitu 20 poin (Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen dari Ditjen Dikti, 2009) maupun penghargaan dalam bentuk finansial.

Berita selengkapnya ...
 

FPP Undip Gelar Pemilihan Putri Kartini

Semarang,undip.ac.id- Fakultas Peternakan dan Pertanian UNDIP menggelar acara Tahunan Livestock and Cultural Parade’ 3th Tahun 2015. Berbagai kegiatan dan karya inovatif mahasiswa ditampilkan dalam acara panggung seni dan budaya. Bazaar kewirausahaan mahasiswa yang digelar di halaman FPP dibanjiri pengunjung mahasiswa maupun masyarakat sekitar Tembalang, mengingat yang dijual berbagai produk kreatif dan Inovatif Mahasiswa juga produk dari mitra berupa minyak goreng, sepatu, makanan sampai kosmetik.

Berita selengkapnya ...
 

FKM Undip Fasilitasi PT Se-Indonesia jelang Akreditasi LAM-PTkes

Semarang,undip.ac.id- Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip memfasilitasi Perguruan Tinggi yang memiliki Prodi Kesehatan menjelang Akreditasi yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes)  melalui Workshop Kapasitasi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat dalam Menghadapi Akreditasi LAM-PTKes dan Penyiapan Lulusan menghadapi MEA di Gedung D FKM Undip Tembalang, Jumat (17/4).
Berita selengkapnya ...
 

Pembukaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru D3 Teknik Elektro Kerjasama PT PLN (Persero)

Semarang, undip.ac.id. Universitas Diponegoro akan membuka kembali Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur D3 Teknik Elektro kerjasama dengan PT. PLN (Persero). Seleksi ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA jurusan IPA atau yang sederajat dan SMK yang sesuai jurusan untuk melanjutkan studi di D3 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Berita selengkapnya ...