Site icon Universitas Diponegoro

Doctoral Program

Faculty of Law

Diponegoro University Faculty of Law (FH Undip) is one of the oldest faculties at Diponegoro University which was founded in 1957. FH Undip is a leading law faculty in Indonesia with an academic reputation that is recognized nationally and internationally.

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
Nomor SK: 4175/SK/BAN-PT/Ak-PNB/D/VII/2022

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
678/UN7.P/HK/2018

4. Materi Yang Dipelajari
Teori Hukum, Filsafat Ilmu, Metodologi Penelitian Hukum, Pembaharuan Sistem Hukum Nasional, Hukum dan Masyarakat.

5. Profil Lulusan
Communicator, Leader, Professional, Thinker, Legal Reformer, Researcher.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Ceramah, Problem Based Learning, Tanya Jawab, Diskusi.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Berijazah Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum terakreditasi minimal B.
Berijasah Magister Hukum dengan IPK minimal 3,25, atau Magister Kenotariatan dengan IPK minimal 3,41, atau Lulusan S2 non hukum dengan IPK minimal 3,51, dari program studi terakreditasi minimal B
Rekomendasi dari 2 (dua) orang yang mengenal calon mahasiswa, minimal bergelar doktor pada jenjang pendidikan sebelumnya.
Draft usulan penelitian disertasi.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Free Wifi, Library, Tele-conference, Badan Konsultasi Hukum (BKH), Fasilitas Olahraga, Fasilitas Ibadah.

9. Website : http://pdih.undip.ac.id/
10. Email : pdih.undip@gmail.com
11. Kontak : 024 8312419

Website Doktor Hukum

Faculty of Economics and Business (FEB)

Diponegoro University Faculty of Economics and Business which was founded on March 14 1960 is one of the Faculties at Diponegoro University, Semarang. Since 2011, the Faculty of Economics, Diponegoro University has changed its name to the Faculty of Economics and Business, Diponegoro University (FEB UNDIP).

1. Akreditasi
a). Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : 013/DE/A.5/AR.12/IX/2023
b). Internasional
FIBAA (Foundation for International Business Administration) – Germany
26 November 2021 – 25 November 2026

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 497/D/2002

4. Materi Yang Dipelajari
Kajian filsafat, teoritis, konseptual, dan empiris bidang ekonomi/ manajemen/ akuntansi.

5. Profil Lulusan
Ilmuwan (Dosen, Peneliti), Birokrat, Entrepreneur.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran : Research-Based Learning, Project-Based Learning, dan Student-Centered Learning.
Asesmen : Penilaian keberhasilan mahasiswa dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang berbeda (sesuai dengan jenis mata kuliah), yang mencakup ujian tertulis/ assignment, ujian kualifikasi, ujian proposal, ujian Hasil Penelitian/Kelayakan dan Ujian Akhir (Tertutup/ promosi).

7. Struktur dan Persyaratan Program
a). Doctor By Course (kuliah tatap muka dan riset)
Total kredit = 47 sks (mata kuliah wajib tatap muka 10 sks, mata kuliah penelitian dan publikasi 31 sks dan disertasi 6 sks)
Lama studi yang ditargetkan = 6 semester (3 tahun)
Lama studi maksimal = 14 semester (7 tahun)
b). Doctor By Research (full research)
Total kredit = 47 sks (mata kuliah wajib tatap muka 3 sks, mata kuliah penelitian dan publikasi 38 sks dan disertasi 6 sks)
Lama studi yang ditargetkan = 6 semester (3 tahun)
Lama studi maksimal = 14 semester (7 tahun)

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Bloomberg Laboratory, Cubical Room dan ruang diskusi, International Journal (ScienceDirect, Emerald dll), Perpustakaan Lengkap, Laboratorium Komputer, Pelatihan-pelatihan dan kegiatan akademik pendukung lainnya.

9. Website : https://pdie.feb.undip.ac.id/
10. Email : admisipdie@live.undip.ac.id
11. Kontak : Jl. Erlangga Tengah 17 Semarang, 50241, Telpon: (024) 8452269
Whatsapp: +62 8562695004

Website Doktor Ekonomi

Faculty of Cultural Sciences (FIB)

Faculty of Literature and Culture, Diponegoro University began with the formation of the Committee for the Formation of the Faculty of Literature and Culture, Diponegoro University based on the UNDIP Chancellor’s Decree No.626/Sp/Adm/BUP/1965 dated January 25 1965.

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : B
SK Akreditasi : BAN-PT No. 5078/BAN-PT/Akred/D/IX/2020

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Rektor Undip No. 1125/UN7.P/HK/2016

4. Materi Yang Dipelajari
Aspek teoritik penelitian dan penulisan sejarah
Praktik penelitian dan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal berreputasi
Praktik penelitian dan penulisan disertasi

5. Profil Lulusan
Peneliti Sejarah, Pendidik Sejarah, Staf Ahli dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Analisis kebijakan Publik Bidang Sosial Budaya.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Research-based teaching (pembelajaran yang berbasis penelitian).
Asesmen terutama didasarkan atas karya artikel dan penelitian mahasiswa.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Strukstur program : teoritik (semester pertama), penelitian & penulisan publikasi, penelitian dan penulisan tesis.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah memadai
Program online lecture dengan MS Teams yang sudah tersistem secara integrative
Grup diskusi untuk mengatasi berbagai persoalan studi

9. Website : http://psds.undip.ac.id/
10. Email : psds@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 76480619

Website Doktor Sejarah

Faculty of Social and Political Sciences (FISIP)

Faculty of Social and Political Sciences, Diponegoro University is a well-known faculty at Universities, Central Java, even in Indonesia. The Faculty of Social and Political Sciences, Diponegoro University has produced quality graduates who have strategic roles in various sectors, in the private and government sectors.

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
Nomor : 4315/SK/BAN-PT/Akred/D/XI/2019

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 163/D/0/2010

4. Materi Yang Dipelajari
Kebijakan Publik, Manajemen Publik.

5. Profil Lulusan
Birokrat, Pegiat Sosial, Administrator atau Manajer Publik, Analis Kebijakan, Formulator Kebijakan, Implementator Kebijakan, Evaluator Kebijakan dan Konsultan Kebijakan.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCI). asesmen melalui UTS, UAS, portofolio, pembimbingan dn pengajuan disertasi, penulisan jurnal Nasional dan Internasional terindeks dsb.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah sks= 42

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT, library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di Pusat Bahasa Universitas, Pelatihan IT, bimbingan dan konselling, E-Library, Pelatihan penulisan artikel dan submit Jurnal Internasional , beasiswa, dsb.

9. Website : https://dap.fisip.undip.ac.id/
10. Email : prodidap@gmail.com
11. Kontak : (024) 8451567 / 081393716747

Website Doktor Administrasi Publik

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
No. SK : 3880/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2019

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
No : 94/E/T/2012 Tanggal 17 Januari 2012.

4. Materi Yang Dipelajari
Prodi DIS memiliki Konsentrasi Kajian Ilmu Politik dan Konsentrasi Kajian Ilmu Administrasi Bisnis.

5. Profil Lulusan
Lulusan yang mampu mengembangkan pengetahuan dan memecahkan permasalahan dalam bidang ilmu sosial melalui riset sosial yang menghasilkan karya kreatif, orisinal dan teruji.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Pembelajaran Prodi DIS dilaksanakan melalui metode “by course” (perkuliahan terstruktur) dan “by research” (pemusatan pada disertasi dan jurnal ilmiah); berpedoman pada kurikulum yang telah ditetapkan.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Lulusan: Program studi setingkat Magister (S2) dari lembaga yang terakreditasi, dengan IPK minimal 3 (skala 1-4) dibuktikan dengan transkrip akademik yang dilegalisir.
Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (Pribadi/Instansi/Sponsor) di atas kertas bermaterai.
Menyerahkan proposal riset untuk disertasi minimal 3 halaman, yang mencakup latar belakang, pokok permasalahan, dan metode penelitian.
Dua surat rekomendasi dari dosen kelas/dosen pembimbing (guru besar atau doctor) dari almamater calon mahasiswa atau pihak lain yang mengenal dan dapat memberi surat rekomendasi untuk calon mahasiswa tersebut.
Skor TOEFL minimal 500 dari lembaga resmi yang memiliki ijin.
Menyerahkan rancangan proposal penelitian untuk S3 (https://bit.ly/PROPOSALTEMPLATE).
Surat izin dari lembaga/instansi asal bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Dosen pengampu yang professional.
Sarana dan prasarana yang memadai, representative dan modern.
Referensi buku yang memadai.

9. Website : https://dis.fisip.undip.ac.id/
10. Email : prodi.dis@gmail.com
11. Kontak : Jalan Erlangga Barat VII No. 31 Semarang – 50241
(024) 76440009

Website Doktor Ilmu Sosial

Faculty of Medicine

Diponegoro University Faculty of Medicine is one of the leading medical faculties[1] in Indonesia. The Diponegoro University Faculty of Medicine was founded on October 1 1961, and in 2011 celebrated 50 golden years in providing the tri dharma of higher education in Indonesia.

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : 0638/LAMP- PTKes/Akr/Dok/XII/2021

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor : 111/DIKTI/Kep/2007

4. Materi Yang Dipelajari
Filsafat ilmu, Pengembangan proposal, Metodologi penelitian dan statistik, Kuliah elektif sesuai dengan topik disertasi, Ujian tahapan (kualifikasi, proposal, hasil, kelayakan dan tertutup).

5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By Course dan By Research

7. Struktur dan Persyaratan Program
Lulusan : Bidang kedokteran/ kesehatan.
Spesialis satu (SP.1) dalam ilmu kedokteran dgn IPK 3,0.
S2 ilmu-ilmu yang terkait dengan bidang kedokteran/ kesehatan dengan IP 3,0 melalui suatu mekanisme kuliah alih kredit.
TOEFL >500 (dapat dicapai selama pendidikan).

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, Ruang baca, E-library, Laboratorium, Internet, Sarana ibadah dan olahraga.

9. Website : https://dikk.fk.undip.ac.id/
10. Email : dikk@fk.undip.ac.id
11. Kontak : Telp : (024) 76928010
Faks. (024)76928011

Website Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan

Faculty of Public Health (FKM)

The existence of the Faculty of Public Health, Diponegoro University began with the publication of the Decree of the Chancellor of Diponegoro University No.01/SK/PT.09/1985 dated January 4 1985 concerning the establishment of the Public Health Study Program, Faculty of Medicine, Diponegoro University (PSKM-FK UNDIP)

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : 0439/LAM-PTKes/Akr/Dok/X/2021

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK pendirian Program Studi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Undip No. 460/E/O/2014
tanggal 7 Oktober 2014.

4. Materi Yang Dipelajari
Wajib : Metodologi Penelitian, Filsafat Ilmu dan Etika, Determinan Kesehatan Masyarakat, Pengembangan Proposal Disertasi.
Pilihan : Epidemiologi dan Biostatistik lanjut, Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, Asesmen Risiko Kesehatan Kerja, Asesmen Risiko Kesehatan Lingkungan, Asesmen Gizi Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Ibu dan Anak, Promosi Kesehatan, Matakuliah Pendamping Disertasi.
Akhir : Disertasi (Ujian Proposal Disertasi, Penelitian, Ujian Hasil Disertasi, Publikasi, Ujian Kelayakan Disertasi, Ujian Tertutup Disertasi/Doktor).

5. Profil Lulusan
Ilmuan, Peneliti, Pemimpin.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Student Center Learning (SCL), Small Group Discussion, Praktik / Presentasi, Assesmen melalui tugas, UTS, UAS.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur Program :
48 sks di temput minimal 6 Semester dan maksimal 14 Semester baik Program by Course dan by Research.
Persyaratan Program :
Sesuai poin 9 yang telah disesuaikan.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Wifi, Library, Ruang Mahasiswa, Fasilitas Ibadah, Fasilitas Olahraga, Bimbingan dan Konseling, Laboratorium.

9. Website : https://dkm.fkm.undip.ac.id/
10. Email : dkm@live.undip.ac.id
doctorateph@undip.ac.id
11. Kontak : (024) 7460044

Website Doktor Kesehatan Masyarakat

Faculty of Fisheries and Marine Sciences (FPIK)

The Faculty of Fisheries and Marine Sciences (FPIK) was established starting with the formation of the Fisheries Department at the Faculty of Animal Husbandry through the Decree of the Chancellor of Diponegoro University No. 44/1968 dated 8 October 1968.

1. Akreditasi
Peringkat : B
SK Akreditasi : 3990/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2019

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Rektor No. 1126/UN7.P/HK/2016

4. Materi Yang Dipelajari
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Marine Biodiversity
Zonasi Wilayah Pesisir
Konservasi Laut
Bioteknologi Kelautan
Mitigasi Bencana Pesisir dan Laut
Perubahan Iklim dan Adaptasi

5. Profil Lulusan
Program Studi Doktor yang mampu menghasilkan lulusan unggul di bidang ilmu Kelautan, berdedikasi. Kesempatan karir dari program studi ini adalah pembuat kebijakan, birokrat di bidang kelautan, pendidik, wirausaha, tokoh masyarakat, pegawai negeri, manajer, teknisi.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Daring dan Luring.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur di bawah Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruangan Perpustakaan Ilmu Kelautan, Laboratorium, Ruang kuliah dan seminar.

9. Website : https://fpik.undip.ac.id/
10. Email : doktorkelautan@gmail.com
11. Kontak :

Website Doktor Ilmu Kelautan

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : 1582/SK/BAN-PT/Akred/D/V/2019

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK No. 3024/D/T/2004

4. Materi Yang Dipelajari
4 Mata Kuliah Wajib :
Filsafat Ilmu
Metodologi Penelitian
Ekosistem Perairan
Manajemen Sumberdaya Perairan

7 Mata Kuliah Pilihan (Mahasiswa dapat memilih 1 MK) :
Bioteknologi Sumberdaya Perairan
Pengelolaan Bencana Pesisir
Manajemen Keanekaragaman Hayati Sumberdaya Laut dan Kawasan Lindung
Kebijakan dan Perencanaan Ruang Pesisir
Pengelolaan Budidaya Perairan
Teknologi Hasil Perikanan
Pengelolaan Perikanan Tangkap

5. Profil Lulusan
Program Studi Doktor Manajemen Sumberdaya Perairan menghasilkan lulusan unggul di bidang ilmu Manajemen Sumberdaya Perairan yang berdedikasi. Kesempatan karir dari program studi ini adalah pembuat kebijakan, birokrat di bidang manajemen sumberdaya perairan, peneliti, pendidik, wirausaha, tokoh masyarakat, pegawai negeri, manajer, teknisi maupun pengembang di bidang manajemen perikanan.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Daring dan Luring.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Berada di bawah Departemen Sumberdaya Akuatik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah dan seminar, Ruang Perpustakaan MSDP, Student Corner, Laboratorium, Akses Internet/ WiFi gratis, Akses Jurnal Berlanggan gratis, dan Akses lift untuk penyandang disabilitas.

9. Website : https://dmsdp.fpik.undip.ac.id
10. Email : pascamsdp@gmail.com
11. Kontak :

Website Doktor Manajemen Sumberdaya Perairan

Faculty of Animal Husbandry and Agriculture (FPP)

In 1962 the Minister of Higher Education and Science Prof. Dr. Ir. Thojib Hadiwidjaja suggested to the Chancellor of Diponegoro University at that time, Mr. Soedarto, to establish the Faculty of Animal Husbandry. This suggestion emerged after seeing the fact that Central Java has quite large livestock potential and therefore needs to be developed.

1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : Unggul
SK Akreditasi No. 721/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/D/III/2023

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 642/D/T/2005 tertanggal 3 Maret 2005

4. Materi Yang Dipelajari
Produksi Ternak, Ilmu Nutrisi dan Pakan, Teknologi Hasil Ternak dan Perencanaan Pembangunan Peternakan.

5. Profil Lulusan
Pendidik (pengajar profesional dan ilmuwan), Peneliti (pengkaji permasalahan peternakan), Birokrat (pengambil keputusan dan penentu kebijakan di bidang peternakan), Entrepreneur (pelaku usaha peternakan).

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran : Student Centered Learning (SCL) dan Problem Based Learning (PBL).
Asesmen : tes tulis terstruktur dan tugas terstruktur.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Doktor by research (mahasiswa hanya melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah selama studi).

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Kandang (untuk kegiatan penelitian), Closed house research (untuk penelitian ayam broiler modern), Lahan tanaman pakan, Laboratorium, Perpustakaan, Lapangan olahraga (volley, basket, badminton, tenis meja, panjat tebing, futsal), Mushola, Kantin, Ruang kerja dan pertemuan mahasiswa, Wifi , Klinik manuskrip dan coaching penulisan artikel ilmiah.

9. Website : https://dip.fpp.undip.ac.id/
10. Email : s3_peternakan_undip@yahoo.com
11. Kontak : Kaprodi : Prof. Ir. Agung Purnomoadi, M.Sc., Ph.D. (08156540637)
Admin : Karyanto (081328196969)

Website Doktor Ilmu Peternakan

Faculty of Psychology (FPSI)

The plan to establish a Faculty of Psychology at Diponegoro University began in 1980, which was realized by accepting a number of Psychology graduates as lecturers who were placed in several faculties within Undip, namely the Faculty of Medicine, Faculty of Social and Political Sciences, Faculty of Letters, and Faculty of Public Health. These lecturers with a scientific background in Psychology are also involved in the Diponegoro University Student Consultation Board (BKM Undip).

1. Akreditasi
(Unggul) 9868/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/I/2023

2. Gelar Lulusan
Sarjana Psikologi (S.Psi.)

3. Ijin Penyelenggaraan
12675/D/T/K-N/2012

4. Materi Yang Dipelajari
Kurikulum disesuaikan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan, dan disesuaikan pula dengan kebutuhan pasar. Kurikulum ini terdiri dari Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Adapun dalam Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) terdiri dari Peminatan Rekam Medis meliputi Praktek Manajemen Arsip Inaktif, Pemeliharaan dan Perawatan Arsip, Etika dan Profesi Rekam Medis, Pengelolaan Sistem Rekam Medis, Ergonomi, Anatomi dan Fisiologi, Terminologi Medis, Klasifikasi Penyakit dan Oprasi (ICD-10 dan KOPIN), dan lain-lain. Peminatan Bisnis meliputi Pemprograman, Pola Klasifikasi Arsip Bisnis, Manajemen Arsip Bisnis Aktif, Manajemen Arsip Bisnis Inaktif, Aspek Legal Rekam Medis, Arsip Asuransi dan lain-lain. Peminatan Birokrasi meliputi Otomasi Arsip, Manajemen Arsip Personalia, Manajemen Arsip Keuangan, Manajemen Arsip Barang, Manajemen Arsip Statis, dan lain-lain. Selain itu adapula Mata Kuliah Berkehidupan dan Bermasyarakat (MBB).

5. Profil Lulusan
Counselor (Konselor), Assessor (Asesor), Researcher (Peneliti), Educator (Pendidik), Entrepreneur (Wirausaha), Manager (Manajer), Trainer (Fasilitator), Consultant (Konsultan), Program Developer (Penyusun Program)

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
student centered learning yang menekankan pada keseimbangan antara hard skills dan soft skills.

7. Struktur dan Persyaratan Program
144 SKS yang terdiri dari :
a). Matakuliah-matakuliah wajib sejumlah 140 SKS.
b). Matakuliah-matakuliah pilihan sejumlah minimal 4 SKS.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Laboratorium komputer, jaringan internet (free wi-fi) kampus laboratorium psikodiagnostik, perpustakaan fakultas, aula untuk kegiatan, ruang BEM, senat, dan UPK, bimbingan dan konseling di Fakultas (BKMF), lapangan olahraga, masjid fakultas

9.  Email : psikologi@live.undip.ac.id
10. Kontak : (024) 7460051

Website S1 Psikologi

Faculty of Science and Mathematics (FSM)

The Faculty of Science and Mathematics at Diponegoro Universitywas established based on the Decree of the Minister of Education and Culture Number 0369/0/1993 dated 21 October 1993. This Faculty originated from the Mathematics Study Program which was established in 1969 for the baccalaureate program and in 1979 for undergraduate programs.

1. Akreditasi
(UNGGUL) Nomor : 122/SK/LAMSAMA/AKRED/S/XII/2023

2. Gelar Lulusan
Sarjana Matematika (S.Mat.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 82/Dikti/Kep/2007

4. Materi Yang Dipelajari
Analisis, Aljabar, Statistika, Pemodelan Matematika, Komputasi dan Matematika Terapan.

5. Profil Lulusan
Asisten Peneliti, Konsultan, Praktisi, dan Pendidik.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCL), Problem Based Learning (PBL), Case Method, asesmen melalui tugas, portofolio, UTS, dan UAS dsb.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah SKS = 144, Masa Pendikan 8 sd 14 smt, mahasiswa harus full-time, acuan standar isi BNSP Tahun 2010.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT,Unit Carrier Center (UCC), Klinik Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (KKIB), library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di Pusat Bahasa Universitas, Pelatihan IT, bimbingan dan konselling, Klinik Kesehatan, Rumah Sakit Pendidikan, Sarana Olah raga dsb.

9. Email : admin.math@live.undip.ac.id
10. Kontak : (024) 76480922

Website S1 Matematika

Faculty of Engineering (FT)

Diponegoro University Faculty of Engineering started from the crystallization of an idea which became a big idea from several engineers such as Ir. Jacob Rais (Head of the Semarang Land Registration Office), and Ir. Gunawan, Prof. Ir Soemarman (late), Ir. Subarkah, Ir. R. Oei Djwee Hwie, Ir. R. Soenardi (late), Ir. Lie Kok Gwan, Ir. Moeljadi, and Ir. Tjoa Tjeng Kie, to establish a technical higher education institution in the city of Semarang.

1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : Akreditasi A
SK BAN-PT No. 5052/SK/BAN-PT/Akred/D/IX/2020

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 12938/D/T/K-N/2012

4. Materi Yang Dipelajari
Pengetahuan Dasar :
Metode Penelitian, Desain Penelitian, Falsafah Ilmu Pengetahuan, Statistik Lanjut.
Pengetahuan Pilihan :
Riset bidang struktur, sumber daya air, transportasi, geoteknik, manajemen konstruksi.

5. Profil Lulusan
Peneliti, Pendidik, Pengelola Proyek.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Centered Learning (SCL), Asesmen melalui UAS, Portofolio, Ujian Proposal, Seminar Hasil Penelitian, Ujian Kelayakan, Ujian Tertutup.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah sks = 48, wajib mukim di semester 2, 4 dan 6.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Informasi dan Learning Service) : IT, Library, Media, e-learning, pelatihan bahasa asing di SEU, pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dsb.

9. Website : http://www.dts.undip.ac.id/
10. Email : www.dts@ft.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 8311946 / 08112715163

Website Doktor Ilmu Teknik Sipil

1. Akreditasi
a). Nasional
Peringkat : Unggul
SK Akreditasi : 3405/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/D/V/2022
b). Internasional
ASIIN (AKKREDITIERUNGSAGENTUR FÜR STUDIENGÄNGE DER INGENIEURWISSENSCHAFTEN, DER INFORMATIK, DER NATURWISSENSCHAFTEN UND DER MATHEMATIK) – Germany, 18 Maret 2022 – 30 September 2027

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Ijin Dirjen Dikti No. 2965/D/T/2003

4. Materi Yang Dipelajari
By Research :
Semester 1 : Seminar Topik-1 : Telaah Literatur & Penyusunan Monograf, Seminar Topik-2: Desain Penelitian Disertasi, Publikasi Seminar: Internasional 1
Semester 2 : Ujian Proposal Disertasi, Publikasi Jurnal: Nasional Sinta-3
Semester 3 : Seminar Topik-3 : Analisis Data & Temuan Penelitian, Publikasi Seminar: Internasional 2
Semester 4 : Publikasi Jurnal : Internasional Bereputasi 1, Seminar Hasil
Semester 5 : Publikasi Jurnal : Internasional Bereputasi 2, Kelayakan Disertasi
Semester 6 : Disertasi

By Course :
Semester 1 : Metodologi Penelitian & Filsafat Ilmu, Kajian Teori, MKP Arsitektur, MKP Perkotaan, Pra Rancangan Disertasi, Seminar-1
Semester 2 : Proposal Disertasi
Semester 3 : Seminar-2
Semester 4 : Seminar-3, Disertasi

5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial di kelas, pembimbingan penelitian dan penulisan disertasi.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Persyaratan Program: Calon mahasiswa PDIAP memiliki latar belakang Pendidikan di bidang arsitektur atau perkotaan.
Lulus Sarjana dan Magister Arsitektur, Perencanaan Wilayah Kota dengan IPK minimal 3,0.
Memiliki Surat rekomendasi pihak yang mengetahui kemampuan akademik calon (2 Dosen S-2/S-3).
Memiliki karya ilmiah di bidang arsitektur dan atau perkotaan dalam kurun 5 tahun.
Menyertakan pra usulan penelitian (synopsis).
TOEFL (institusional atau internasional) minimal 500 (paper base).
TPA (dilaksanakan di Program Pascasarjana) minimal 450.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kelas nyaman LCD, Smart classroom, Ruang Sidang berbasis IT, indoor Co-working space, outdoor Co-working space, perpustakaan, free access ke e-journal, Sistem informasi akademik berbasis IT, GOR, Ruang ibadah, open theatre, dsb.

9. Website : https://arsitektur.ft.undip.ac.id/pdtap-s3/
10. Email : dtap@arsitektur.undip.ac.id
11. Kontak : Imam Sutejo (081 565 43467)

Website Doktor Ilmu Arsitektur dan Perkotaan

1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : Unggul
Nomor SK Akreditasi : 9493/SK/BAN-PT/Ak/D/XI/2022

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Ijin Dirjen Dikti No. 66/E.E2/DT/2014

4. Materi Yang Dipelajari
Peserta Didik Program Studi Doktor Teknik Kimia (PSDTK) Undip akan dididik untuk mampu menguasai basic sains Teknik Kimia yang lebih mendalam dan mampu mempublikasikan atau mengkomunikasikan karyanya pada level nasional dan internasional, serta memiliki kompetensi khusus sesuai dengan konsentrasi yang didalaminya.

5. Profil Lulusan
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Kuliah tatap muka, forum diskusi, pembimbingan penelitian dan penulisan disertasi oleh dosen pembimbing.

7. Struktur dan Persyaratan Program
PSDTK Undip dirancang untuk enam semester dengan beban studi yang harus diselesaikan adalah 46 sks. Kurikulum meliputi program doktor by course and research dan by research.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
a). Perpustakaan.
b). Laboratorium Penelitian PSDTK UNDIP antara lain: Laboratorium 10 Rekayasa Proses, Laboratorium Separasi, Laboratorium Bioproses dan Bioenergi, Laboratorium Komputasi Proses, dan Laboratorium Teknologi Pangan.
c). Internet
d). Jurnal ilmiah Publikasi ilmiah di DTK UNDIP didukung oleh tersedianya beberapa jurnal yang relevan dan berkualitas, yaitu :
Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis (BCREC) (terindeks SCOPUS, Thomson Reuters, DOAJ, dll)
International Journal of Renewable Energy Development/ IJRED (terindeks SCOPUS, DOAJ, Thomson Reuters, dll).
International Journal of Science and Engineering (IJSE) (terindeks DOAJ dll)
Reaktor (Terakreditasi sinta 2 oleh DIKTI dan Terindeks DOAJ)
Waste Technology (terindeks DOAJ)
e). Seminar internasional tahunan yaitu International Conference on Chemical and Material Engineering (ICCME) dan International Conference on Chemical Product and Process Engineering (ICCPPE) yang diselenggarakan secara bergantian, dengan luaran berupa prosiding yang terindeks SCOPUS,

9. Website : http://www.tekim.undip.ac.id/
10. Email : tdkusworo@che.undip.ac.id
11. Kontak : Hp: 085290713546 (Prof. Dr.Tutuk Djoko Kusworo)
Pranti Utami, A.Md : Hp. 0813-9096-1118 (Akademik)

Website Doktor Teknik Kimia

1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi: 0098/SK/LAM Teknik/AD/IV/2023

2. Gelar Lulusan
Doktor (Dr.)

3. Ijin Penyelenggaraan
SK. MENRISTEKDIKTI Nomor : 18/KPT/I/2016

4. Materi Yang Dipelajari
Ilmu bidang keahlian Teknik Mesin : perancangan dan konstruksi, konversi energi, material, produksi, kendali dan instrumentasi.

5. Profil Lulusan
Lulusan Prodi Doktor Teknik Mesin dapat bekerja dan berkarir sebagai berikut :
Sebagai Pengajar / Dosen di Perguruan Tinggi.
Sebagai Peneliti yang bekerja di lembaga penelitian khususnya bidang teknik mesin ataupun yang terkait.
Sebagai Perekayasa dan profesional di perusahaan yang mempekerjakan para insinyur bidang teknik mesin.
Sebagai Wirausahawan berkarir mandiri sebagai entepreneur di bidang teknik mesin atau yang terkait.

6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Perkuliahan Tatap Muka (PTM) yang dinilai dengan nilai Tugas, Ujian Tengah dan Akhir Semester.
Penilian laporan kemajuan penelitian dan karya ilmiah.
Seminar Proposal Disertasi.
Seminar Hasil Penelitian.
Ujian Kelayakan Disertasi.
Ujian Tertutup.

7. Struktur dan Persyaratan Program
Program by Course
Program by Research
Program by Research memerlukan persyaratan khusus.

8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Laboratorium, Gedung Kantor DTM, Ruang Kelas, Perpustakaan, Sport Centre, Kantin, Mushola, Parkir, Taman dan Tempat Diskusi.

9. Website : https://mesin.ft.undip.ac.id/
10. Email : doktorteknikmesin@live.undip.ac.id
11. Kontak : Telp. 024-7460059, WA: 081805954471

Website Doktor Teknik Mesin

Exit mobile version