Site icon Universitas Diponegoro

Undip Sambut 13 Mahasiswa Asing Program KNB dan Program Darmasiswa 2018

HUMAS UNDIP

Semarang, 6 September 2018 – Universitas Diponegoro secara resmi menyambut kedatangan para mahasiswa internasional beasiswa program KNB (Kemitraan Negara Berkembang) dan Darmasiswa tahun 2018. Universitas Diponegoro secara resmi menerima 5 mahasiswa internasional sebagai peserta program Beasiswa KNB yang berasal dari Thailand, Tanzania, Sierra Leone, Burundi dan  8 mahasiswa peserta program Beasiswa Darmasiswa yang berasal dari Cina, Belanda, Polandia, Rusia, Korea Selatan, Vietnam.

Kegiatan penyambutan dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Universitas Diponegoro, Kepala Kantor Hubungan Intenasional Universitas Diponegoro, Wakil Kepala Kantor Hubungan Intenasional Universitas Diponegoro, deretan staff dan perwakilan dari masing – masing departemen program magister yang bersangkutan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Muhammad  Zainuri, DEA dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa peserta program KNB (Kemitraan Negara Berkembang) 2018 dan program Darmasiswa 2018.  Diharapkan supaya mahasiswa bisa memaksimalkan kesempatan dan waktu selama belajar di Indonesia khususnya di Universitas Diponegoro. Mahasiswa peserta program Beasiswa dan kemitraan diberi hak untuk mengikuti segala aktivitas mahasiswa di UNDIP atau dengan kata lain memiliki hak yang setara dengan mahasiswa UNDIP pada umumnya seperti misalnya berpartisipasi dalam kegiatan setingkat Fakultas maupun Universitas yang diminati. Diharapkan mahasiswa peserta program KNB dan Darmasiswa juga mampu beradaptasi dengan budaya Indonesia, makanan, kebiasaan dan masih banyak hal lainnya. UNDIP sendiri dari waktu ke waktu semakin banyak membangun kerjasama dengan pihak Universitas yang berada di luar negeri seperti; Perancis, Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Malaysia, beberapa negara di Afrika, dll. Untuk saat ini Rektor UNDIP sedang menjalankan tugas untuk proses kerjasama dengan pihak Universitas di Rusia. Diharapkan akan semakin banyak lagi kerjasama yang bisa dijalin antara Universitas Diponegoro dengan Universitas luar Negeri lainnya.

Undip dengan senang menerima mahasiswa peserta program Beasiswa KNB dan Darmasiswa 2018 sebagai bagian dari Universitas. Prof Zainuri menegaskan bahwa disamping menempuh pendidikan sesuai program beaasiswa yang dijalankan, peserta beasiswa diberi hak untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan mahasiswa Universitas Diponegoro secara umum.

Disebutkan bahwa program KNB merupakan program beasiswa pemerintah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari negara – negara berkembang untuk menempuh pendidikan S2 di Indonesia selama 3 tahun. Sedangkan Darmasiswa adalah program beasiswa pemerintah yang diperuntukkan mahasiswa internasional untuk belajar Bahasa Indonesia di Indonesia selama 1 tahun.

Kepala Kantor Hubungan Intenasional Universitas Diponegoro Dr. Ir. Ita Widowati, DEA menambahkan para mahasiswa peserta program KNB dan Darmasiswa antara lain; Afnanee Panae dari Thailand, praygod, Mganga dari Tanzania, Shaka Kargbo dari Sierra Leone, Silas Hamenyimana dari Burundi, Heesam Dorni dari Thailand dan mahasiswa peserta program Darmasiswa yaitu; Lu Tian dari Cina, Stanley Chris Voorsmit dari Belanda, Marta Fafrowicz dari Polandia, Islam Mishiev dari Rusia, Hyun Seung Lee dari Korea Selatan, Huynh Thi Thuy Duyen dari Vietnam,Truong Thi Thuy dari Vietnam, Nguyen Thi Tu Trinh dari Vietnam.

Share this :
Exit mobile version