Universitas Diponegoro

UNDIP Lepas Tim Antawirya Berkompetisi di Shell Eco Marathon 2022 dan Kontes Mobil Hemat Energi 2022

Semarang-Jawa Tengah (7/10). Universitas Diponegoro (Undip) secara resmi melepas Tim Antawirya untuk mengikuti kompetisi Shell Eco Marathon 2022 dan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022. Acara pelepasan diselenggarakan pada hari Rabu (05/10) pukul 13.30 WIB bertempat di Selasar Lantai 1 Gedung Dekanat Fakultas Teknik (FT) kampus Undip Tembalang.

Acara pelepasan ini turut dihadiri oleh Dekan FT Undip beserta jajarannya, Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Manajer Bagian Kemahasiswaan, dan seluruh anggota Tim Antawirya.

Dalam sambutannya, Dekan FT Undip Prof. Ir. Mochamad Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D. memberi apresiasi kepada Tim Antawirya yang akan mengikuti kompetisi Shell Eco Marathon 2022 dan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022. “Kami mengapresiasi Tim Antawirya yang akan berpartisipasi dalam kompetisi tersebut dan dalam kompetisi itu akan banyak pelajaran yang dapat kita ambil.” ucap Prof. Agung.

Menurut Prof. Agung, kompetisi tersebut dapat memberikan tiga pelajaran yang berharga dan juga dapat mengasah softskill serta mencari jejaring antar mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi, sehingga menjadi modal yang berharga pada saat terjun di dunia industri.

“Menjadi mahasiswa harus dapat dimaknai, artinya belajar juga perlu dikombinasikan dengan softskill dan hobi. Kompetisi ini memberi tiga pelajaran kepada kita yaitu, belajar bekerja sama sesama tim, belajar taat pada peraturan, dan belajar memahami bahwa dunia industri akan terus bergerak sehingga membuat kita menjadi tidak sombong dan terus mengembangkan diri.” jelasnya.

“Di kompetisi itu semoga kalian bisa menjalin komunikasi dan menjalin kerja sama dengan mahasiswa lainnya, buatlah komunikasi itu sejak menjadi mahasiswa. Selain itu yang lebih penting adalah proses untuk menjadi juara.” sambung Prof. Agung.

Sementara itu, Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny, S.KM., MPH., Ph.D. mengungkapkan bahwa keikutsertaan Tim Antawirya pada kompetisi tersebut dapat menjadi sebuah kebanggaan tersendiri sebagai mahasiswa Undip. Ia menambahkan Universitas akan terus mendukung dan mendorong segala kreatifitas dan partisipasi mahasiswa dalam berbagai kompetisi nasional dan internasional.

Dalam laporannya, General Manager Tim Antawirya Alan Haryudanto menjelaskan bahwa Tim Antawirya Undip merupakan tim dari Universitas Diponegoro Semarang yang bergerak di bidang mobil hemat energi. Tim Antawirya dibentuk pada tahun 2013 oleh Divisi Workshop Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro.

Tim Antawirya dibentuk dengan tujuan mengembangkan inovasi desain mobil ramah lingkungan dan berkontribusi pada pengembangan mobil hemat energi di Indonesia. Serta telah mendapatkan berbagai prestasi yang membanggakan pada tingkat nasional dan internasional.

Tim Antawirya saat ini memiliki dua mobil yang akan diikutsertakan pada kompetisi Shell Eco Marathon 2022 dan Kontes Mobil Hemat Energi 2022. Kedua mobil tersebut ialah Gentayu yang berfokus pada kendaraan Internal Combustion Engine dan Rondhan yang berfokus pada Electric Vehicle. Gentayu dan Rondhan merupakan mobil yang didesain untuk mobilitas dengan unsur keamanan dan dapat menempuh jarak jauh dengan energi seminimal mungkin.

Kompetisi Shell Eco Marathon 2022 akan digelar pada tanggal 11-15 Oktober 2022 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika Lombok, NTB. Kompetisi ini merupakan ajang untuk mengembangkan solusi mobilitas yang inovatif dalam mendesain, membangun, menguji, dan mengendarai kendaraan masa depan yang memenuhi unsur keamanan serta dapat menempuh jarak jauh dengan menggunakan sumber energi seminimal mungkin.

Sedangkan, Kontes Mobil Hemat Energi 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober-04 November 2022 di Sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur. Kompetisi ini merupakan sebuah lomba mobil irit tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia bekerja sama dengan tuan rumah Perguruan Tinggi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Diponegoro, Fakultas Teknik, dan Jurusan Teknik Mesin atas bantuan finansial dan moral, serta bantuan fasilitas sehingga saat ini kami bisa mengikuti kompetisi Shell Eco Marathon 2022 dan Kontes Mobil Hemat Energi 2022.” terang Alan.

Lebih lanjut, Alan berharap Tim Antawirya bisa terus berkembang, menyumbangkan potensinya dibidang mobil hemat energi, dan mengikuti perlombaan yang bisa mengharumkan nama Universitas Diponegoro di kancah nasional dan internasional.

Share this :
Exit mobile version