Universitas Diponegoro

IO UNDIP Gelar 3rd Round IISMA 2023 Preparation “IISMA 2023: a Bridge to a Bright Future”

International Office Universitas Diponegoro (IO Undip) kembali menyelenggarakan sosialisasi untuk mempersiapkan mahasiswa Undip dalam mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023. Sosialisasi dilaksanakan pada Selasa, 7 Februari 2023 di Hall Gedung C lantai 4 Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip. The 3rd Round IISMA 2023 Preparation “IISMA 2023: a Bridge to a Bright Future” mengundang pembicara Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. (Kepala IO Undip), Syauqi Aqil Mukaarim (Awardee IISMA 2022 Undip for Middle East Technical University, Turki), dan Gita Ayudhia Fitriani (Awardee IISMAeVo 2022 Undip for City of Glasgow College, UK). Sesi diskusi dipimpin oleh Diastama Anggita Ramadhan, S.H., LLM selaku Wakil Kepala IO Undip.

Membuka acara ini, Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. menyebutkan bahwa tujuan dari program IISMA 2023 adalah untuk membentuk future leaders, di mana mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan dan soft skills melalui pengalaman yang berbeda di negara asing. “Dalam prosesnya, jangan lupa untuk terus berkomunikasi dengan program studi, fakultas, dan universitas melalui International Office. Jangan sampai menyiapkan dokumen dan mendaftar di saat terakhir karena persiapan yang diperlukan cukup panjang,” pesan Anggun.

Syauqi Aqil Mukaarim menceritakan pengalamannya selama melanjutkan studi di Turki. Persiapan dokumen antara lain transkrip akademik, sertifikat kemampuan berbahasa Inggris, self-declaration statements, dan surat rekomendasi. “Ada banyak hal yang mungkin berbeda dengan ekspektasi kita, tapi itu akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan,” kata Syauqi.

Gita Ayudhia Fitriani juga membagikan pengalamannya yang tidak kalah menarik selama belajar di Inggris. Di sana dia mempunyai banyak cerita menarik dari interaksinya dengan banyak orang. Gita menyebutkan bahwa pada awalnya dirinya agak terkendala bahasa karena bahasa Inggris yang digunakan aksennya sedikit berbeda dan diucapkan dengan cepat, tetapi tidak lama kemudian dirinya bisa beradaptasi dengan hal tersebut. “Saya tidak menyangka perjalanan bersama IISMA bisa membawa saya bertemu dengan banyak orang baik dan berkesan,” tutur Gita.

Diastama Anggita Ramadhan, S.H., LLM di akhir acara berpesan kepada mahasiswa Undip yang akan berpartisipasi dalam IISMA 2023 untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. “Be flexible karena selama proses pendaftaran dan perkuliahan di luar negeri akan ada banyak challenge,” pesan Diastama. (Titis – Public Relations)

Share this :
Exit mobile version