Site icon Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro Tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan University of Waterloo Kanada

Dalam rangka menguatkan kolaborasi antar perguruan tinggi di bidang akademik dan riset, Universitas Diponegoro, Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama dengan University of Waterloo, Kanada. Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dilaksanakan di Engineering Hall, Gedung Dekanat Fakultas Teknik Undip, Tembalang pada Rabu, 22 Februari 2023 pukul 09:00 – 12:00 WIB. Pihak Undip diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Mochamad Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D., dan Dekan Sekolah Pascasarjana, Dr. R.B. Sularto, S.H., M.Hum. Sementara hadir dari University of Waterloo yaitu Dean of Faculty of Environment, Dr. Bruce Frayne, Lecturer of Faculty of Environment, Prof. Simron Singh, dan Associate Dean, Equity, Diversity, Inclusion and Justice, Dr. Prateep Nayak.

Kepala International Office Undip, Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. secara resmi membuka acara ini dan menyampaikan bahwa dengan terjalinnya kerja sama ini maka kolaborasi antara Undip dan University of Waterloo dapat terlaksana secara berkala, dengan tujuan untuk memajukan kedua perguruan tinggi serta kemanfaatan bagi masyarakat. “Kolaborasi juga mencakup student mobility programs dan professional staff programs,” tutur Anggun.

Dean of Faculty of Environment University of Waterloo, Dr. Bruce Frayne, menyebutkan bahwa dari kerja sama ini diharapkan bahwa pihak terkait dapat merasakan pengalaman baru, meningkatkan kemampuan dan keahlian mahasiswa, serta menjalin kolaborasi yang sustainable. “Ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk berkembang, kami juga terbuka untuk fakultas yang ingin menjalin kolaborasi,” kata Dr. Bruce.

Associate Dean, Equity, Diversity, Inclusion and Justice, Dr. Prateep Nayak, dalam sambutan singkatnya menceritakan kolaborasinya bersama Undip yang telah terjalin selama 10 (sepuluh) tahun melalui joint research, multiple projects, dan sebagainya. “Bagaimana kolaborasi seperti ini dapat terbentuk, yaitu dari cara kita bekerja dan berdedikasi. To the students, you are the agent of change, the hope, and the aspiration,” ungkap Dr. Prateep.

Dengan penandatanganan MoA yang berlaku selama 5 (lima) tahun ini, diharapkan kolaborasi yang kondusif dan inovatif dapat terjalin dengan baik antara Undip dan University of Waterloo melalui kuliah umum, workshop, seminar, konferensi, kerja sama antar program studi, dan sebagainya. (Titis – Public Relations)

Share this :
Exit mobile version