Site icon Universitas Diponegoro

Rektor Undip: Halal Bihalal Membangun Hubungan Harmonis, Meningkatkan Kinerja

Universitas Diponegoro menyelenggarakan acara halal bihalal, Kamis (4/5/2023) bertempat di Gedung Prof. Soedarto, S.H. mengusung tema “Perkuat Silaturahmi untuk Peningkatan Kinerja dan Keharmonisan”.

Acara diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an yaitu QS. Ali-Imran ayat 133-135 oleh Sayyidal Akhirin, S.Si. Dalam sambutannya Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri dan Hari Kartini kepada para tamu undangan. Ia juga mengingatkan untuk bersyukur terhadap torehan prestasi yang telah dicapai Undip.

 “Dengan segala kelebihan dan kekurangan dari ratusan perguruan tinggi, Undip berhasil mendapatkan ranking enam nasional. Untuk kemudian Undip menyeleraskan antara capaian dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Prof Yos mengungkapkan rasa syukur atas banyaknya dosen yang telah menjadi guru besar, selain itu mengharapkan keseluruhan pegawai kontrak dapat menjadi pegawai tetap.

Sementara dalam tausiyah yang disampaikan oleh  Al Habib Umar Muthohar (Pengasuh Pondok Pesantren Al Madinah Cepoko, Gunungpati) menyampaikan halal bihalal itu digunakan untuk menghalalkan segala kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja. Ia juga mengingatkan pentingnya saling memaafkan satu sama lain.

 “Di lingkungan kerja sehari-hari terkadang terjadi kesalahpahaman atau ketidakcocokan atau hal lainnya. Maka, hal yang dilakukan adalah dengan bermaaf-maafan atas kesalahan yang sengaja atau tidak sengaja dan hendaknya kesalahan orang lain kita halalkan. Selanjutnya setelah ini, kembangkanlah model kerja satu tim yang sukses menyongsong pekerjaan seberat apapun. Inilah pentingnya halal bihalal yaitu saling memaafkan dan menghalalkan kesalahan agar amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT,” tutur Habib.

Acara juga dimeriahkan dengan sholawatan bersama oleh para bakal calon rektor Undip periode 2024-2029 yang dipandu oleh Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. selaku Wakil Rektor II dan Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T. selaku Ketua LPPM. (LW-Ulfa/Humas)

Share this :
Exit mobile version