Site icon Universitas Diponegoro

Kuliah Umum Mikom UNDIP, The Dilemma of the Mass Media Industry in Indonesia in the Digital Age

Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Diponegoro menggelar acara kuliah Umum bersama Hellena Yoranita Sousia, Ph.D. (Multiplan Journalist at Australian Broadcasting Corporation Australia) dengan tema The Dilemma of the Mass Media Industry in Indonesia in the Digital Age, Rabu (3/5) di Auditorium Fisip Undip Tembalang.

Dalam materinya, Hellena membahas mengenai jurnalisme di Indonesia, menurutnya kepemilikan media sangat terkonsentrasi di Indonesia, dengan beberapa konglomerat kuat yang mengendalikan mayoritas media dan mempraktikkan konvergensi media. Konsentrasi kepemilikan ini menciptakan keragaman pandangan dan opini yang terbatas dalam lanskap media. Ia juga menjelaskan mengenai peran negara dalam lanskap media Indonesia kini dan nanti, perubahan aturan dan regulasi, implikasi dari perubahan lanskap media Indonesia terhadap industri, pers (praktik jurnalisme), serta pergeseran digital, tren, platform, tantangan, dan bagaimana pengaruhnya terhadap jurnalisme dan kita, dan apa yang akan terjadi di masa depan.

“Outlet media digital telah muncul baik sebagai tantangan terhadap konsentrasi kepemilikan dan percepatan untuk konsentrasi media yang lebih kuat. Outlet media internet dan digital sedang tren tetapi jurnalisme mungkin menghadapi beberapa tantangan karena bagaimana berita akan disampaikan dan diproduksi. Ada ancaman sekaligus peluang bagi publik di era digital ini,” pungkasnya. (LW-Humas)

Share this :
Exit mobile version