Site icon Universitas Diponegoro

Sebagai Koordinator Nasional Indonesia, UNDIP sampaikan Laporan Tahunan 2023 di Pertemuan The 7th Steering Committee Meeting UI GreenMetric WUR Network di University of Minho, Portugal.

Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, MSc., Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kerjasama Universitas Diponegoro yang ditunjuk sebagai Koordinator Nasional UI GreenMetric untuk Indonesia menyampaikan laporan tahunan pada The 7th Steering Committee Meeting UI GreenMetric World University Rankings Network (UIGWURN) di University of Minho Portugal 15 Juni 2023, yang dihadiri oleh perwakilan National Coordinator dari 19 Universitas dari berbagai negara.

Pertemuan tersebut dibuka dan dipimpin oleh Prof. Rui Vieira de Castro, selaku Rektor University of Minho Portugal dan Prof. Riri Fitri Sari, sebagai Chairperson UI GreenMetric serta Dr. Junaidi, sebagai Vice-Chair of Program, Communication, and Partnership, UI GreenMetric, Indonesia.

Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, MSc., Wakil Rektor IV Undip sebagai Koordinator Nasional UI GreenMetric untuk Indonesia menyampaikan Laporan Tahunan 2023 di Pertemuan The 7th Steering Committee Meeting UI GreenMetric WUR Network di University of Minho Portugal, 15 Juni 2023.

Dalam laporannya, Prof Ambariyanto menyampaikan terdapat 10 workshop yang akan dilaksanakan di tahun 2023 yang mengambil tema sesuai indikator pada pemeringkatan UI Greenmetric seperti Setting and Infrastructure, Energy and Climate Change, Waste Management, Water Conservation, Transportation, and Education for Sustainability. Prof Ambar juga melaporkan terbentuknya 6 team dari universitas anggota UIGM Network yang melakukan program dan kegiatan bersama seperti Course on Sustainability, Eco Enzyme, Energy & Climate Change, Campus Waste, Infrastructure & Environment, Community Services.

Pertemuan ini merupakan pertemuan ke-7 UI GreenMetric World University Rankings Network yang dihadiri oleh Sekretariat UI GreenMetric World University Rankings dan koordinator Nasional dari berbagai negara seperti Brazil, Kolombia, Ekuador, Hongaria, Indonesia, Irlandia, Italia, Polandia, Portugal, Arab Saudi, Spanyol, Chinese Taipei, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk membahas kegiatan di masing-masing negara dan menyepakati kegiatan 2023, dan hal-hal lain yang terkait dengan network yang sudah terjalin.

Turut hadir dalam pertemuan anggota Steering Committee di University of Minho Portugal tersebut, delegasi dari Undip yaitu Prof. Denny Nugroho Sugianto dan Dessy Ariyanti Ph.D., yang merupakan Kepala dan Wakil Kepala Kantor Pemeringkatan Undip. Dalam diskusi yang berlangsung, bahwa partisipasi koordinator nasional dari berbagai negara diharapkan mampu membuka ruang untuk melihat tantangan-tantangan yang muncul dalam upaya meningkatkan peran universitas dalam isu-isu keberlanjutan global. Selain itu diharapkan para koordinator nasional dapat mendorong lebih banyak universitas di negaranya untuk berkolaborasi dan belajar dari satu sama lain dalam menangani isu-isu keberlanjutan dan berupaya terus untuk meningkatkan kualitas lingkungan di sekitar kampus yang terukur melalui indikator-indikator pemeringkatan UI GreenMetric.

Upaya Undip dengan membangun kampus hijau ramah lingkungan mendapat apresiasi dari UI GreenMetric World University Rankings 2022 sebagai The 2022 2nd Most Sustainable University in Indonesia. Undip berhasil meraih dan mempertahankan peringkat ke-2 nasional sebagai Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik di Indonesia secara berturut-turut pada tahun 2020, 2021, dan 2022. Selain itu Undip berhasil menduduki peringkat ke-4 di level Asia dan ke-29 di level Dunia pada pemeringkatan UI GreenMetric 2022.

Share this :
Exit mobile version