Universitas Diponegoro

KUI UNDIP Gelar Diponegoro International Orientation (DIO) Day 2023

Kantor Urusan Internasional Universitas Diponegoro (KUI Undip) menggelar Diponegoro International Orientation (DIO) Day 2023 pada Rabu, 27 September 2023 di Gumaya Tower Hotel Semarang pukul 09:30 – 16:00 WIB. DIO Day 2023 bertujuan untuk menyambut mahasiswa internasional Undip Tahun Angkatan 2022/2023 dan memberikan materi dasar kepada mereka mengenai Indonesia serta Universitas Diponegoro. Pada acara ini hadir Dekan Fakultas Kedokteran, Dekan Fakultas Sains dan Matematika, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, dan koordinator KUI fakultas yang ada di Undip.

Kepala KUI Undip, Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. mewakili pimpinan universitas secara resmi membuka DIO Day 2023. “Mahasiswa internasional Undip yang ada di sini mendaftar dari program Dharmasiswa, KMB, beasiswa Undip, dan biaya mandiri. KUI Undip memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa internasional, dengan memberikan informasi tentang fasilitas di Undip maupun di sekitar Undip. Selamat belajar bersama di Undip untuk beberapa tahun ke depan, have fun!,” kata Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh staf KUI Undip, Abdul Rohman, S.Hum. yang berjudul “Indonesia Unveiled, Embracing Diversity for Unity”. Mahasiswa internasional Undip belajar tentang bahasa, etnis, agama, iklim, kebudayaan, dan keragaman kuliner di Indonesia. Mereka juga diajarkan tata cara dan budaya etis dalam berinteraksi dengan orang lain serta cara berpakaian di kampus.

Sementara Winda Febiana, S.Hum. dari KUI Undip menjelaskan tentang “Brief Process of VISA and Permissions”. Tata cara aplikasi VISA, cara mendapatkan izin belajar (study permit), E-VISA, KITAS (limited stay permit), Surat Tanda Melapor (STM), dan semua bentuk perizinan dijelaskan secara rinci kepada para mahasiswa internasional.

Presentasi dilanjutkan dengan acara Parallel 1: Cross Cultural Understanding untuk mahasiswa internasional; dan Parallel 2: Pengelolaan Mahasiswa Internasional di Undip. Materi Cross Cultural Understanding dipandu oleh Annastasia Ediati, S.Psi., M.Sc., Ph.D.,  yang merupakan Psikolog dengan permainan dan diskusi interaktif tentang keanekaragaman budaya di dunia.

Presentasi tentang Pengelolaan Mahasiswa Internasional di Undip diikuti oleh seluruh koordinator KUI fakultas yang ada di Undip. KUI Undip juga mengundang perwakilan dari Kantor Imigrasi Kelas I – Semarang, Christine Ingke Amelia Sompotan selaku Kasubsi Izin Tinggal Keimigrasian yang menjelaskan tentang “Izin Tinggal Keimigrasian Kegiatan Pendidikan”. Dengan pelatihan ini, diharapkan koordinator KUI fakultas dapat memahami lebih lanjut tentang keimigrasian, visa, dan izin tinggal sesuai dengan peraturan dari Kantor Imigrasi Republik Indonesia sehingga mampu memberikan pemahaman bagi mahasiswa internasional jika kesulitan dalam mengurus dokumen. (Titis – Public Relations)

Share this :
Exit mobile version