Universitas Diponegoro

Rektor, MWA, dan SA UNDIP Lakukan Inisasi Kerjasama Pendidikan dan Benchmarking Bersama University of Sydney dan Macquarie University, Australia

Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian serta peningkatan reputasi Universitas, Undip secara massif melakukan inisiasi kerjasama dengan berbagai Universitas di Dunia. Pada kesempatan kunjungan kerja ke Sydney, Australia 27-28 September 2023, delegasi Undip yang dipimpin langsung oleh Rektor (Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum), Ketua Majelis Wali Amanat (Prof. Mohamad Nasir, Ph.D.) serta Ketua Senat Akademik (Prof. Edy Rianto, Ph.D.) bertemu langsung dengan Professor Sonja van Wichelen, Deputy Director, Sydney Southeast Asia Centre, dan Danielle Muir, Head of International Partnerships and Development, Sydney Future Students beserta timnya.

Professor Sonja van Wichelen, selaku ketua tim pertemuan University of Sydney dan Undip sangat menyambut baik kedatangan dari delegasi Undip. Beliau menyampaikan sekilas tentang profil mahasiswa Indonesia University of Sydney dan bagaimana universitas melalui Sydney Southeast Asia Centre telah melakukan banyak kegiatan di Indonesia terutama di bidang pendidikan dan riset. Sementara itu, Danielle Muir, Head of International Partnerships and Development, Sydney Future Students menyampaikan bagaimana fasilitas dan dukungan yang diberikan untuk mempermudah mahasiswa asing yang ingin belajar ke University of Sydney.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor, Ketua MWA, Ketua SA, menyampaikan bahwa Undip saat ini sedang berfokus untuk meningkatkan kolaborasi dengan Universitas TOP 100 QS WUR untuk peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian yang diselenggarakan di Undip. Model kolaborasi yang ditawarkan antara lain joint degree dan double degree untuk beberapa program studi kelas internasional S1 dan S2, dan penelitian bersama antara peneliti dari University of Sydney dan Undip. Undip juga menawarkan kepada para dosen asing di University of Sydney dapat menjadi visiting lecturer maupun visiting professor di Undip. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa pola pokok ilmiah penelitian Undip adalah Pengembangan Wilayah Pantai (Coastal Region Eco-Development), yang nantinya dapat menjadi landasan tema kerjasama penelitian antara peneliti dari University of Sydney dan Undip.

Dalam diskusi yang cukup hangat yang dilakukan bersama rombongan delegasi Undip lainnya yaitu Prof. Ambariyanto, Ph.D. (Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kerja Sama), Prof. Dr. Yusriyadi, S.H., M.Hum (Wakil Ketua MWA), Dr. Agus Indarjo (Sekretaris MWA), Prof. Dr. Purwanto (Kepala Badan Perencaan dan Pengembangan), Prof. Dr. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis), Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto (Kepala Kantor Pemeringkatan), Dessy Ariyanti, Ph.D. (Wakil Kepala Kantor Pemeringkatan), Ahmad Ni’matullah Al-Baarri, Ph.D. (Tim Task Force WCU), dan Anggi Andyaningsih, S.Hum (Sekretaris Rektor), pihak dari University of Sydney menerima dengan baik model kolaborasi yang ditawarkan dan menyampaikan beberapa hal yang mungkin dilakukan dalam waktu dekat untuk menindak lanjuti pertemuan yang dilaksanakan di Michael Spence Building antara lain pertukaran informasi terkait kurikulum dan assessment beberapa program studi kelas internasional S1 dan S2, serta pertukaran informasi peneliti dari masing-masing Universitas.

Hal yang senada juga disampaikan pada pertemuan delegasi Undip dengan Macquarie University yang diselenggarakan pada tanggal 27 September 2023. Delegasi disambut oleh Lee-ann Norris Pro Vice-Chancellor (Future Students) dan Stephen Fan Director, Global Partnerships and Protocol, Macquarie University. Dalam pertemuan tersebut Lee-ann menyampaikan beberapa strategi yang ditempuh Macquarie University untuk meningkatkan reputasi akademik universitas dan bagaimana universitas meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian serta dukungan terhadap mahasiswa asing yang belajar ke Macquarie University. Rektor, Ketua MWA, Ketua SA, menyampaikan bahwa Undip memiliki beberapa kegiatan internasionalisasi melalui program World Class University yang dapat dimanfaatkan untuk menginisiasi kegiatan bersama dengan Macquarie University seperti kegiatan visiting lecturer dan visiting professor di Undip salah satu output nya adalah Joint Research, Joint Publication, dan berujung pada kerjasama antar Universitas.

Selain itu. tujuan dilakukannya pertemuan tersebut adalah dalam rangka untuk benchmarking Undip untuk menuju universitas berkelas dunia sesuai target Undip untuk bisa masuk ke dalam 500 besar universitas versi QS WUR. Sebagaimana diketahui bahwa, University of Sydney merupakan salah satu universitas besar di Australia yang mendapatkan ranking 19 QS World University Rankings 2024. Sementara Macquarie University berada pada ranking 139 QS World University Rankings 2024. Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama berharap kunjungan delegasi Undip ke dua Universitas ini dapat menjadi pintu masuk pengembangan kualitas pendidikan dan penelitian Undip melalui program dan kegiatan internasionalisasi yang akan diselenggarakan bersama dengan masing-masing universitas tersebut serta untuk mendukung upaya Undip menjadi TOP 500 World Class University.

Lee-ann Norris Pro Vice-Chancellor (Future Students) dan Stephen Fan Director, Global Partnerships and Protocol, Macquarie University serta Prof. Dr. Mukhamad Najib, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Di Australia menerima Rombongan Delegasi dari Undip, Sydney 27 September 2023.
Delegasi Undip dipimpin oleh Rektor (Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum), Ketua Majelis Wali Amanat (Prof. Mohamad Nasir, Ph.D.) serta Ketua Senat Akademik (Prof. Edy Rianto, Ph.D.) saat pertemuan dengan Professor Sonja van Wichelen, Deputy Director, Sydney Southeast Asia Centre, dan Danielle Muir, Head of International Partnerships and Development, Sydney Future Students, Sydney 28 September 2023.
Share this :
Exit mobile version