Universitas Diponegoro

Dosen Fakultas Psikologi UNDIP Beri Pelatihan Komunikasi Efektif dan Kompetensi Diri Anak dalam Keluarga

Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab besar yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu tanggung jawab yang tertuang selain pendidikan dan penelitian. Fakultas Psikologi Universitas Dipongero mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di KB – TK Islam Terpadu Bina Insani yang berada di Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang beberapa waktu lalu.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan bagi orangtua siswa bertema “Pelatihan Komunikasi Efektif dan Kompetensi Diri Anak dalam Keluarga”. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi pada orangtua terkait dengan cara – cara untuk membangun komunikasi efektif dan kompetensi diri anak di dalam keluarga. Pelaksanaan kegian pengabdian berupa pemberian ceramah parenting dengan materi komunikasi efektif dan kompetensi diri anak di dalam keluarga pada orangtua siswa. Materi pada pengabdian ini dipaparkan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Dra. Darosy Endah Hyosyamina, M.Pd. sebagai Ketua Tim, menjelaskan bahwa keluarga merupakan lingkungan utama yang berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Oleh sebab itu orang tua memiliki peran penting dalam tumbuh kembang, sikap serta perilaku anak di masa depan. Sikap dan perilaku anak yang baik di masa depan dapat diupayakan dengan pemberian pengasuhan yang baik dari orang tua.

“Parenting orang tua dengan membangun komunikasi yang efektif dan menstimulasi kompetensi diri anak dalam keluarga dapat membantu keberhasilan anak di masa depan” ujar Darosy.

Pendapat lain disampaikan oleh Yeniar, “Orang tua perlu berperan sebagai teman lebih dahulu, baru kemudian sebagai orang tua anak”. Hal tersebut sangat perlu dilakukan orang tua untuk menjadi teman anak agar anak merasa nyaman dan dapat terbuka dengan orang tua.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang terdiri dari Dra. Darosy Endah Hyosyamina, M.Pd.,  Dr. Dinie Ratri Desiningrum, S.Psi., M.Si., Dr. Yeniar Indriana, M.S., Psikolog., Endah Mujiasih, S.Psi, M.Si., serta dibantu oleh tim mahasiswa Dyah Widhi Winantu, S.Psi., Dewi Anggraeni, S.Msdm., Luthfia Widyandini, Savira Fitri Ifani dan Crishella Juliani.

Kegiatan diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan mengisi pre test terkait materi yang diberikan, lalu dilanjutkan dengan sesi ceramah yang dipandu oleh tim dosen dengan materi komunikasi efektif dalam keluarga dan bagaimana cara membangun kompetensi diri pada anak. Kegiatan diakhiri dengan memberikan post test pada orang tua siswa yang hadir.

Menurut Darosy, kegiatan berlangsung dengan baik, para orang tua aktif untuk bertanya terkait dengan bagaimana pengasuhan yang baik untuk meningkatkan komunikasi efektif pada anak dan kompetensi diri anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Komunikasi Efektif dan Kompetensi Diri Anak dalam Keluarga cukup efektif diberikan pada orang tua anak usia dini karena sebagai edukasi bagi pada orang tua, tutur Darosy. Para orang tua di KB – TK Islam Terpadu Bina Insani Semarang bersemangat dalam mengikuti acara pengabdian masyarakat ini dan merasakan manfaatnya yang tampak dari perubahan skor dari skala pre test dan post test yang dibagikan pada para orang tua siswa.

Kedepannya, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Psikologi Undip berharap bahwa kegiatan pemberian pelatihan dan seminar parenting bagi orang tua dapat rutin untuk diadakan. Hal tersebut sejalan dengan visi Fakultas Psikologi yang menjadi pusat pengembangan psikologi berbasis keluarga Indonesia yang adaptif terhadap perubahan jaman di Asia Tenggara pada Tahun 2025. Lebih lanjut, Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Psikologi Undip berharap dapat terus berdampak bagi pengembangan keluarga di Indonesia khususnya dalam ranah parenting pada anak. (Dyah Widhi Winantu)

Share this :
Exit mobile version