Universitas Diponegoro

Dosen Fakultas Psikologi UNDIP Beri Pelatihan Kompetensi Diri untuk Meningkatkan Optimisme di SMA Negeri 4 Semarang

Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dosen tidak hanya pendidikan dan pelatihan namun juga memberikan pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat secara nyata. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro merancang serta melaksanakan kegiatan program pengabdian kepada masyarakat, khususnya pada remaja siswa SMA Negeri 4 Semarang pada bulan Agustus 2023.

Pemilihan remaja sebagai sasaran kegiatan karena remaja berada pada tahapan usia penuh stress dan storm. Banyak tantangan yang harus dihadapi sehingga mengharuskan remaja untuk mampu beradaptasi terhadap semua perubahan, banjirnya informasi yang perlu filterisasi, serta persaingan ketat untuk sukses. Sejalan dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri remaja, mereka juga dihadapkan pada berbagai tantangan yang harus dipenuhi agar mencapai kepuasan, kebahagiaan dan penerimaan dari lingkungan.

Tidak semua remaja dapat memenuhi tugas-tugas tersebut dengan baik. Menurut Hurlock (1973) terdapat dua masalah yang dialami remaja dalam memenuhi tugas-tugas tersebut, yaitu: masalah pribadi dan masalah khas remaja. Berbagai tantangan pada remaja membuat sikap optimisme menjadi aspek penting yang sebaiknya dimiliki remaja. Salah satu strategi untuk meningkatkan optimisme remaja adalah dengan menstimulasi kompetensi diri remaja lewat pelatihan kompetensi diri remaja dalam program pengabdian ini.

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kompetensi diri remaja dalam meningkatkan optimisme pada remaja. Pelatihan kompetensi diri remaja dipilih karena berbagai permasalahan remaja saat ini rentan untuk membentuk kepribadian remaja yang acuh tak acuh terhadap masa depan dan kurang optimis terhadap diri sendiri. Harapannya setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, remaja dapat menentukan cita-cita yang diinginkan dan mampu untuk mengusahakan segala upaya dalam meraihnya. Selain itu, materi wirausaha diberikan dengan tujuan agar menguatkan jiwa berwirausaha sejak dini sehingga nantinya mampu membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 120 menit dengan dua sesi pembekalan materi oleh dosen Psikologi Universitas Diponegoro. Pada sesi pertama Dra. Darosy Endah Hyosyamina, M.Pd memberikan materi terkait dengan problematika remaja dan penanganannya dan sesi kedua Endah Mujiasih, S.Psi., M.Si. menyampaikan materi penguatan kompetensi remaja dengan wirausaha. Kegiatan diakhiri dengan memberikan kuesioner kepada siswa SMA Negeri 4 Semarang.

Kegiatan dilaksanakan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang terdiri dari ketua Tim Dr. Dinie Ratri Desiningrum, S.Psi., M.Si., beserta anggota Dr. Yeniar Indriana, M.S., Psikolog, Dra. Darosy Endah Hyoscyamnia, M.Pd., Endah Mujiasih, S.Psi., M.S., dan Dr. Nailul Fauziah, S.Psi., M.Psi., Psikolog, serta dibantu oleh tim mahasiswa magister yang berkolaborasi dengan mahasiswa S1 dan S2, diantaranya: Bella Ayu Dianti Priastuty, S.Psi., Ghina Syauqila, S.Psi., Nabila Aichi, Yushinta Dewi, dan Farah Aidah Nafilah.

“Pelatihan berlangsung dengan lancar dengan antusiasme dari seluruh partisipan cukup baik. Siswa mendengarkan dengan seksama materi yang diberikan karena terasa relevan dengan keadaan yang sedang dialami saat masa remaja. Remaja dengan serius menjawab pertanyaan yang diajukan selama pelatihan berlangsung dari Tim Pengabdian Masyarakat” ujar Dinie selaku ketua pengabdian. Para siswa semangat dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan merasakan manfaat dari form evaluasi yang telah dibagikan dan diisi oleh siswa.

Tim pengabdian masyarakat Fakultas Psikologi Undip berharap kedepannya dapat dilaksanakan secara rutin pada setiap sekolah sehingga siswa yang merasa tidak mempunyai cita-cita maupun tujuan hidup dapat mendapatkan pencerahan serta optimis terhadap masa depan yang cerah. Lebih lanjut, perkembangan zaman dengan berbagai kemajuan teknologi mempengaruhi secara langsung terhadap permasalahan remaja sehingga diperlukan pelatihan serupa untuk menguatkan potensi yang dimiliki remaja. (Bella Ayu Dianti Priastuty)

Penyampaian materi pertama oleh Dra. Darosy Endah Hyoscyamnia, M.Pd.
Penyampaian materi kedua oleh Endah Mujiasih, S.Psi., M.S.
Antusiasme peserta pelatihan saat pemaparan materi.
Share this :
Exit mobile version