Universitas Diponegoro

Rektor, MWA, dan SA UNDIP lakukan Audiensi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Sydney dan Inisiasi Kerjasama Diaspora di Sydney

Universitas Diponegoro melakukan terobosan dengan melakukan Audiensi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk New South Wales, Queensland, Dan South Australia Berkedudukan Di Sydney pada tanggal 27 September 2023.

Delegasi Undip dipimpin langsung oleh Rektor (Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum.), Ketua Majelis Wali Amanat (Prof. Mohamad Nasir, Ph.D.) serta Ketua Senat Akademik (Prof. Edy Rianto, Ph.D.) bertemu langsung dengan Vedi Kurnia Buana selaku Konsul Jenderal serta Prof. Nizam, Ph.D. (plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek). Hadir mendampingi Prof. Dr. Mukhamad Najib, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Australia serta beberapa staf ahli dari KJRI di Sydney.

Prof. Nizam menyampaikan beberapa program MBKM yang sudah berjalan saat ini serta program beasiswa LPDP yang sudah banyak dimanfaatkan oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia untuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

Rektor, Ketua MWA, Ketua SA, menyampaikan beberapa hal meliputi kebijakan Undip yang saat ini menjadi universitas berkelas dunia, termasuk dalam peningkatan jumlah doktor di Undip yang dapat menempuh studi lanjut di universitas besar di Australia terutama yang termasuk 100 top QS WUR. Selain itu peningkatan kerjasama riset dan publikasi serta peningkatan sitasi bagi dosen-dosen Undip dengan mitra universitas di Australia. Undip juga menawarkan kepada para dosen asing di perguruan tinggi di Australia dapat menjadi visiting lecturer maupun visiting professor di Undip, serta kerjasama double degree dengan perguruan mitra di Australia.

Pembahasan juga menyinggung terkait kebutuhan tenaga guru khusus nya guru Bahasa Indonesia serta kebutuhan perawat di Australia. Diharapkan Undip dapat menjadi bagian untuk pemenuhan kebutuhan yang tinggi tersebut, sebagaimana yang disampaikan oleh Vedi Kurnia Buana selaku Konsul Jenderal di Sydney.

Pada kesempatan yang sama hadir pula para Diaspora Australia, khusus nya yang tinggal di Sydney dan sekitarnya. Diskusi juga dilakukan bersama rombongan delegasi Undip lainnya yaitu Prof. Ambariyanto, Ph.D. (Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kerja Sama), Prof. Dr. Yusriyadi (Wakil Ketua MWA), Dr. Agus Indarjo (Sekretaris MWA), Prof. Dr. Purwanto (Kepala Badan Perencaan dan Pengembangan), Prof. Dr. Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis),  Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto (Kepala Kantor Pemeringkatan), Dessy Ariyanti, Ph.D. (Wakil Kepala Kantor Pemeringkatan), Ahmad Ni’matullah Al-Baarri, Ph.D. (Tim Task Force WCU), dan Anggi Andyaningsih, S.Hum (Sekretaris Rektor).

Rektor dan Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kerja Sama menyampaikan bahwa sejak tahun 2020-2021 Undip menyelenggarakan kegiatan World Class University (WCU) seperti Forum Diaspora melalui Webinar/Seminar Internasional dan inisiasi kerjasama, termasuk dari Universitas Cluster Australia. Selanjutnya disampaikan, bahwa pada tahun 2022-2023 para diaspora diundang oleh Undip untuk mengikuti kegiatan visiting lecturer dan visiting professor di Undip salah satu output nya adalah Joint Research, Joint Publication, dan kerjasama antar Universitas asal Diaspora.

Dalam kesempatan tersebut Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama menyampaikan beberapa peluang kerjasama dengan beberapa kampus alumni diaspora serta kerjasama publikasi dengan diaspora untuk pengembangan kualitas pendidikan penelitian dan pengabdian di Undip. Para Diaspora juga diharapkan dapat untuk terus terkait peningkatan kerjasama dan program kegiatan World Class University Undip yang saat ini dan ke depan terus berjalan.

Vedi Kurnia Buana selaku Konsul Jenderal serta Prof. Dr. Mukhamad Najib, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Australia serta beberapa staf ahli dari KJRI di Sydney menerima Rombongan Delegasi dari Undip, Sydney 27 September 2023.
Diskusi bersama Para Diaspora bersama Delegasi Undip yang dipimpin oleh Rektor (Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum.), Ketua Majelis Wali Amanat (Prof. Mohamad Nasir, Ph.D.) serta Ketua Senat Akademik (Prof. Edy Rianto, Ph.D.), Sydney 27 September 2023.
Share this :
Exit mobile version