Universitas Diponegoro

“Pelatihan Penulisan Buku Non Fiksi Mendukung Publikasi Ilmiah” Bersama Prof.Dr.Ir. Munasik, M.SC, Dosen FPIK UNDIP

Kamis, 19 Oktober 2023. Dalam rangka mengembangkan kompetensi penulisan buku, khususnya dalam penulisan buku pendidikan, UPT Perpus dan Undip Press mengadakan webinar kesepuluh dengan mengusung tema “Pelatihan Penulisan Buku Non Fiksi untuk Mendukung Publikasi Ilmiah”. Webinar ini menghadirkan narasumber yang sudah terakreditasi dalam dunia penulisan buku, yakni Prof. Dr. Ir. Munasik, M.Sc. Beliau merupakan Salah satu guru besar yang mengajar di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang fokus pada Ilmu Ekologi dan Konservasi Terumbu Karang. Webinar ini dibuka untuk umum, sehingga ilmu yang dibagikan tidak hanya mengembangkan kompetensi di kalangan civitas Undip saja, namun juga bermanfaat bagi masyarakat umum. Peserta yang menghadiri webinar berasal dari berbagai universitas dan instansi, seperti UGM, UI, UNPAD, Kemenkumham, BPSIP Jateng dan lainnya. Total peserta yang mengikuti Webinar ini kurang lebih 290 peserta.

Acara dibuka dengan sambutan kepala UPT Perus dan Undip Press, Suwondo, S.Hum., M.Kom. yang menyampaikan, “Universitas Diponegoro melalui UPT Perpus dan Undip Press berusaha ikut serta mengembangkan dunia penulisan buku melalui acara pelatihan penulisan dan Undip press sekarang memfasilitasi para penulis dengan menyediakan jasa penerbitan buku”. Informasi terkait penerbitan buku dapat diakses melalui laman Penerbit.undip.ac.id. Berikutnya webinar dilanjutkan dengan  pemaparan dari Prof. Dr. Ir. Munasik, M.Sc.  yang menjelaskan materi seputar mengenal buku non-fiksi, meninjau buku pendidikan, bahan penulisan pendidikan, cara menulis buku pendidikan, dan bagaimana prosedur penerbitan buku. “Untuk Bapak Ibu peserta pelatihan penulisan buku ini, yang terpenting berkaryalah sebanyak-banyaknya. Persiapkan bahan penulisan buku yang berkualitas dari hasil riset, mensitasi dengan judul-judul baru. Jangan takut takut menulis, tuangkan saja ide bapak ibu dalam sebuah kertas atau halaman word”.

Webinar berjalan lancar dan interaktif. Peserta terlihat antusias mengikuti webinar ini, dan mengajukan beberapa pertanyaan menarik seputar materi. Terjadi pula diskusi Interaktif antara Prof. Dr. Ir. Munasik, M.Sc. dengan Catur Puji Astuti dari STMIK yang membahas materi tentang penulisan monograph.

Share this :
Exit mobile version