Universitas Diponegoro

UNDIP Kenalkan Pengelolaan dan Analisis Data untuk Peneliti

Selasa, 24 Oktober 2023. Perpustakaan dan Undip Press mengadakan Webinar #11 dengan tema “Introduction to Data Management and Analysis for General Researchers.” Webinar ini diselenggarakan untuk membentuk pemahaman bersama civitas akademika mengenai bagaimana teknik pengolahan dan analisis data untuk kepentingan penulisan penelitian ilmiah. Total peserta yang mengikuti webinar ini kurang lebih 500 peserta.

Acara ini menghadirkan Dr. Dasapta Erwin Irawan, S.T., M.T. sebagai narasumber yang membahas berbagai aspek dalam teknik pengelolaan dan analisis data dalam penelitian ilmiah. Beliau merupakan Dosen Geologi Terapan – Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung yang telah memiliki berbagai pengalaman melakukan review pada jurnal dan penulisan ilmiah.

“Lebih dari 70% peneliti telah mencoba dan akhirnya gagal untuk memproduksi penelitian yang dilakukan oleh peneliti lain, dan setengahnya gagal untuk memproduksi kembali penelitiannya sendiri,” ucap Dr. Erwin.

Dr. Erwin memiliki keprihatinan terhadap penulisan ilmiah karena banyaknya peneliti yang tidak mampu mereproduksi penelitian lain dan penelitian mereka sendiri karena  metodologi penelitiannya tidak memiliki kekhasan metode sendiri atau catatan metode hilang atau bahkan metode penelitian mereka tidak dicatat.

Webinar ini berjalan kondusif dan sangat interaktif, melihat peserta yang sangat antusias dalam berdiskusi dengan pemateri pada sesi tanya jawab. Pada akhir acara webinar, Dr. Erwin memiliki harapan civitas akademika di Indonesia dapat menjadikan riset menjadi playground sehingga melakukan penelitian menjadi lebih menyenangkan. Dosen juga dapat menjadi partner yang baik dalam membantu mahasiswanya melakukan riset. Dalam proses pembentukan cara pandang ini, diperlukan habbit atau kebiasaan dalam memandang bahwa apa yang telah dipelajari dapat memberikan manfaat kepada orang lain suatu saat nanti.

“Pengetahuan menjadi semakin “nempel” dan bermanfaat bila dibagikan ke orang lain dan tidak disimpan sendiri, melalui tulisan atau karya tulis,” pungkas Erwin. (Sudanta, As-Humas)

Share this :
Exit mobile version