Universitas Diponegoro

FPP UNDIP Kaji tentang Reproductive Biotechnologies For Livestock And Wildlife Species

Dalam rangka menghadapi berbagai kendala gangguan reproduksi pada satwa di Indonesia, Fakultas Ilmu Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (FPP Undip) mengadakan kuliah umum dengan tema “Bioteknologi Reproduksi untuk Spesies Ternak dan Satwa Liar” pada Selasa, 24 Oktober 2023, melalui Zoom Meeting. Kuliah Umum ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bioteknologi reproduksi dan penerapannya pada ternak dan hewan liar agar terjadi peningkatan mutu genetik dan meningkatkan populasi satwa. Kuliah umum ini menghadirkan narasumber berkompeten dalam bidang ini yakni Prof. Rangsun Parnpai, Ph.D. Ia merupakan dosen dari salah satu Universitas di Thailand, Suranaree University of Technology (SUT) yang studinya fokus pada biotechnology dan animal reproduction. Kuliah umum ini diikuti setidaknya 180-an peserta melalui zoom dan youtube.

Kuliah Umum ini dibuka dengan Opening Speech dari Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian, Prof. Dr. Ir. Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetiyono, M.S., M.Agr., IPU.. Dalam sambutanya, Prof. Bambang menyampaikan banyak terimakasih kepada Prof. Rangsun Parnpai, Ph.D., karena sudah berkenan untuk berbagi ilmu dan pengalamanya dalam dunia Reproductive Biotechnology. Prof Bambang menambahkan, “I hope That this event can open up opportunities for collaboration betwen Diponegoro University and Suranaraa University in Biotechnology Studies”.

Kuliah umum kali ini dipimpin oleh Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D., IPM., sebagai moderator. Narasumber memaparkan materi tentang Reproductive Biotechnologies in mamalian Species, dengan sub pembahasan Freezing embryos, Multi Ovulation And Embryo Transfer, In Vitro Fertillization, Sexing Sperm, dan Cloning by Using Somatic Cells. Pembahasan dimulai dengan membahas sejarah, implementasi ilmu, dan manfaat dari setiap sub materi. Dalam Kuliah Umum ini, Narasumber fokus pada pengembangan reproduksi  satwa ternak, bagaimana melakukan persilangan genetik dan rekayasa reproduksi ternak dalam hal ini mamalia, agar mendapatkan kualitas ternak yang lebih baik.

Kuliah umum ini disambut dengan antusias oleh peserta, ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang muncul seputar materi diakhir acara. Muncul 10 Pertanyaan dalam chat room dan 6 peserta bertanya secara langsung kepada narasumber. Kuliah Umum ditutup dengan ucapan terimakasih dari Prof. Rangsun Parnpai, Ph.D., dan Ia berharap dapat betemu kembali di acara lain serta mempersilahkan peserta untuk diskusi dengannya melalui email. If you have any questions, please send questions via email, i will try to answer every question”. (Boby, As-Humas)

Share this :
Exit mobile version