Universitas Diponegoro

Mahasiswa Psikologi UNDIP Kembangkan Potensi Wirausaha Sejak Dini Melalui Magenta Market Day 2023

Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) kembali menyelenggarakan acara tahunan Magenta Market Day 2023, Expo Kewirausahaan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Undip yang pada tahun ini bertemakan “Home of Brilliant: Thriving Society in Uncertainty“. Magenta Market Day 2023 diselenggarakan pada Kamis, 26 Oktober 2023 pukul 09:00-16:00 WIB di Fakultas Psikologi Undip. Acara ini dimeriahkan dengan bazar, donor darah, dan pertunjukan seni. Narasumber ahli di bidang kewirausahaan yang diundang dalam acara ini yaitu Arnaz Agung Adrarasmara, S.E., M.M. Ketua KADIN Kota Semarang; Gabriella Gati Wardani, S.Pd. Komite Tetap Pengembangan UMKM KADIN Kota Semarang; dan Vinsensia Bertha Vania, S.Psi. alumni Fakultas Psikologi Undip angkatan tahun 2018 yang merupakan wirausahawan kuliner.

Tahun ini, acara Magenta Market Day tergabung dengan Trisula Talent Competition (Tritacom), di mana para mahasiswa mampu menunjukkan bakat di bidang seni dan mengembangkan bakat dalam mengorganisir sebuah acara dengan menjadi panitia, MC, dan sebagainya. Pada pameran bazar, mahasiswa Psikologi Undip yang sedang mengikuti mata kuliah Psikologi Kewirausahaan dibagi menjadi kelompok-kelompok yang selanjutnya membuat inovasi produk sebagai output dari mata kuliah tersebut. Acara ini diharapkan menjadi wadah untuk belajar tentang kewirausahaan dan UMKM secara langsung dari narasumber yang merupakan praktisi kewirausahaan.

Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D secara simbolis membuka acara dengan pemotongan pita. Beliau mengaku bangga akan kreativitas mahasiswa Psikologi Undip yang antusias menciptakan inovasi produk berbasis psikologi. “Di bidang UMKM, dengan mengundang narasumber yang berwirausaha, kami berharap bisa menjadikan role model wirausahawan bagi mahasiswa baik dari alumni Fakultas Psikologi sendiri dan KADIN Kota Semarang,” kata Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D. dalam wawancaranya bersama tim Humas Undip.

Adapun kriteria penilaian inovasi produk yang dihasilkan oleh mahasiswa mata kuliah Psikologi Kewirausahaan adalah kreativitas, kebaruan, serta fungsi dari produk yang dihasilkan. Produk yang berfungsi secara efisien, harga murah, dan strategi pemasaran adalah tantangan yang dihadapi oleh para mahasiswa dalam merintis sebuah usaha.

Untuk kelompok dengan kategori produk terbaik akan diberikan dana pembinaan dari fakultas. “Harapannya, mereka bisa mengikuti perlombaan di level nasional sebagai misalnya PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan) dan sebagainya. Untuk tahun 2024, kami berharap dapat mengundang adik-adik yang sudah pernah menang perlombaan di bidang kewirausahaan di tingkat Nasional agar bercerita dan menginspirasi teman-temannya mengikuti perlombaan kewirausahaan. Kemudian untuk alumni, kami akan perbanyak untuk narasumber dari alumni. Kami juga berharap dapat mengadakan workshop bersama  KADIN di tahun 2024 untuk membahas diversifikasi dan spesifikasi produk; workshop tentang packaging; pemasaran; menemukan inovasi; dan networking. Kedepan harapannya bisa lebih dalam lagi di tahun 2024,” ucap Dekan Fakultas Psikologi Undip. (Titis – Public Relations)

Share this :
Exit mobile version