Universitas Diponegoro

UNDIP Juara 1 Voice of Youth Challenge Flashcard

Tim AKSA Universitas Diponegoro berhasil meraih juara pada kompetisi Voice of Youth Challenge yang diselenggarakan oleh Danone pada bulan November 2023. Nama tim “AKSA” merupakan sebuah akronim dari ‘Aku dan Sampah’, berhasil lolos pada tahap penyisihan yang diikuti oleh lebih dari 150 kelompok mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dan meraih Juara 1 dalam kategori Manajemen Sampah.

Tim AKSA Universitas Diponegoro ini diprakarsai oleh Ricko Prihantana Putra, Daniella Evita, dan Citra Hadi Saputri dari Teknik Geodesi; Angel Gabriella Josephine dari Psikologi; dan Amaranggana Hang Arna dari Akuntansi. AKSA memiliki tujuan mengenalkan metode baru untuk anak-anak sehingga dapat memahami pemilahan sampah. Dalam aktivitas yang berlangsung selama kurang lebh satu bulan di bulan November, Tim AKSA mengajarkan pemilahan sampah kepada para siswa di Mardasah Ibtidaiyah Mangunharjo Tembalang, dengan pendekatan berbasis flash card yang memberikan pengertian tentang pemilahan sampah dengan memasukkan elemen permainan agar siswa tidak hanya belajar tetapi juga menghadirkan pengalaman menyenangkan mengenai cara pemilahan sampah.

“Kami membuat edu – flash card agar para siswa tidak hanya belajar tetapi juga memiliki pengalaman menyenangkan tentang tata cara pemilahan sampah. Secara singkat, Flash Card AKSA merupakan cara milenial melakukan edukasi pemilahan sampah pada anak-anak,” ujar ketua tim Ricko Pihantana.

Adapun harapan Program AKSA kedepannya adalah konsep permainan dalam pemilahan sampah yang mereka temukan dapat di patenkan oleh Universitas Diponegoro karena merupakan konsep originial yang baru. Kemudian permainan ini dapat dikolaborasikan bersama pemerintah agar diadakan penyediaan permainan AKSA ini untuk sekolah sekolah secara lebih meluas.

“Harapannya anak – anak dapat bermain sambil belajar. Usai bermain mereka memahami maksud pemilahan sampah berdasarkan jenis-jenisnya. Tidak hanya itu, kami sangat ingin menggandeng stakeholder yang lebih luas baik swasta atau NGO dalam mewujudkan visi yang serupa,” pungkas ketua tim AKSA.

Share this :
Exit mobile version