Universitas Diponegoro

UNDIP Resmikan Fasilitas Baru Laboratorium Rintisan RSGM Fakultas Kedokteran

Sebagai bentuk komitmen Universitas Diponegoro (Undip) untuk memberikan pelayanan terbaik dalam proses pendidikan dengan harapan besar dapat melahirkan dokter-dokter gigi yang kompeten, maka inisiasi RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) dimulai dengan pendirian Laboratorium Rintisan RSGM Fakultas Kedokteran. Laboratorium yang berlokasi di Jl. Prof. Moeljono S. Trastotenojo ini diresmikan secara langsung pada Jumat (5/01) oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. dan dihadiri oleh Pimpinan Universitas.

Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) merupakan unsur penting dalam rangkaian pendidikan profesi Dokter Gigi. Lebih dari itu RSGM merupakan salah satu syarat yang ditetapkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia dalam pendirian program studi Kedokteran Gigi dan profesi Dokter Gigi, berawal dari hal tersebut, pendirian RSGM mulai dirintis.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes.,Sp.S(K) dalam laporannya menyampaikan bahwa kehadiran Laboratorium Rintisan RSGM FK ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar dalam keadaan sesungguhnya di rumah sakit dalam melakukan pelayanan pada pasien. Laboratorium Rintisan ini juga merupakan cikal bakal yang nantinya akan dikembangkan lebih jauh menjadi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Diponegoro.

“Meskipun laboratorium ini masih sebagai rintisan, namun kami sudah mempersiapkan dengan baik kehadirannya sebagai Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Diponegoro,” ucap Prof Dwi Pudjonarko.

Laboratorium rintisan ini memiliki kelebihan diantaranya: memiliki sistem tekanan negatif terlengkap di Semarang sesuai dengan standar nasional; telah menggunakan HEPA Filter dan ada 20 dental unit; memiliki dental unit dengan spesifikasi terbaik saat ini untuk pelaksanaan pendidikan profesi gigi; memiliki radiologi kedokteran gigi yang sangat lengkap; memiliki empat ruang operasi dengan standar nasional untuk pelaksanaan operasi gigi bungsu; dan sudah memenuhi standar laboratorium rintisan gigi dan mulut dengan jumlah total 75 dental unit.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH, M.Hum. berharap laboratorium rintisan ini tidak hanya menjadi laboratorium terbaik dalam tingkat nasional, tetapi dapat menjadi laboratorium terbaik di ASEAN dan selanjutnya dapat terwujud secara nyata menjadi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Diponegoro.

“Prinsipnya, RSGM diupayakan terwujud. Pada 2025 kami titipkan kepada Rektor Terpilih bahwa kita niatkan secara serius membangun RSGM. Disiapkan secara planning secara jelas keseluruhannya. Dalam 5 tahun kedepan RSGM dapat berkembang hingga berkelas ASEAN,” tutup Rektor Undip. (Sudanta-Humas)

Share this :
Exit mobile version