Universitas Diponegoro

Dukung Bakat Seni Mahasiswa, FIB UNDIP Resmikan Gedung Art Center

Gedung Art Center Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro (FIB UNDIP) telah diresmikan pada Kamis, 12 September 2024 oleh Rektor UNDIP, Prof. Suharnomo, S.E., M.Si. bersama Dekan FIB UNDIP Prof. Dr. Alamsyah, S.S., M.Hum. dan Ketua IKA FIB UNDIP Agustina Wilujeng Pramestuti, S.S., M.M. Berdiri megah di sebelah barat Gedung Widya Puraya UNDIP, gedung Art Center ini nantinya akan menjadi pusat kegiatan kebudayaan oleh seluruh civitas academica UNDIP.

Acara peresmian dilaksanakan di ruang teater Gedung Art Center UNDIP. Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Wakil Rektor Bidang Inovasi, Riset, dan Kerja Sama, Dekan Fakultas/Sekolah, Kepala Biro dan jajarannya menghadiri acara ini. Disambut dengan penampilan grup Gambang Semarang FIB UNDIP yang dilatih oleh Prof Dr. Dewi Yuliati, M.A. dan Prof. Dr. Drs. Dhanang Respati Puguh, M.Hum., suasana ramah khas Semarangan meramaikan acara pagi ini.

Rektor UNDIP, Prof. Suharnomo, S.E., M.Si. menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras atas pembangunan gedung Art Center UNDIP. Prof. Suharnomo juga memberikan apresiasi kepada FIB UNDIP, “Saya apresiasi FIB improve sekali, juga dengan kolaborasi bersama IKA FIB yang sangat aktif. Semoga gedung ini bermanfaat bagi semua.”

Prof. Dr. Alamsyah, S.S., M.Hum. selaku Dekan FIB UNDIP menjelaskan bahwa gedung Art Center UNDIP menjadi embrio dokumentasi dan kajian tentang Pangeran Diponegoro. Gedung ini dibangun dengan tujuan mendukung UNDIP menjadi universitas yang makin bereputasi, makin unggul dan makin berbudaya.

“Ada banyak buku tentang Pangeran Diponegoro dan maket perang Diponegoro. Terima kasih atas hibah Bapak Supriyo dari Departemen Sejarah. Kami dari FIB UNDIP siap menjadikan gedung Art Center sebagai pusat kesenian dan aktivitas kebudayaan dari seluruh fakultas,” ucapnya.

Ketua IKA FIB UNDIP Agustina Wilujeng Pramestuti, S.S., M.M. dalam sambutannya mengungkapkan impiannya memajukan FIB UNDIP bersama ikatan alumni, melalui acara kebudayaan yang dihadirkan di gedung Art Center. “Selama tiga tahun kita berproses mendampingi pembangunan gedung Art Center, semoga kita dapat menyelenggarakan acara pentas seni di sini. Gedung Art Center UNDIP sebagai pusat pertumbuhan budaya yang ada di Indonesia dengan insiasi oleh mahasiswa UNDIP,” tuturnya.

Untuk memeriahkan acara peresmian gedung Art Center, tim FIB UNDIP bekerja sama dengan 25 UMKM batik bersama Paguyuban Biyung Pranodo dari Kabupaten Jepara dengan booth membatik, persembahan tari gambyong dan penampilan tari saman oleh mahasiswa FIB UNDIP, serta acara fashion show musikalisasi batik. (Titis-Public Relations)

Share this :
Exit mobile version