Universitas Diponegoro

Keren! Aziz Hidayat (Mahasiswa SV UNDIP) Pertama Kali Raih Medali Emas di Gelaran PON XXI 2024

Pencapaian mengagumkan Aziz Hidayat Tumakaka salah satu mahasiswa berprestasi dari Program Studi Teknik Infrastruktur Sipil Dan Perancangan Arsitektur, Sekolah Vokasi (SV) Universitas Diponegoro yang sukses meraih medali emas pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumatera Utara 2024.

Kebanggaan tersendiri bagi Aziz dapat bertanding pada PON XXI untuk pertama kalinya tampil mewakili kontingen Taekwondo Jawa Tengah. Aziz berhasil mengukir prestasi menjadi juara dengan perolehan medali emas usai mengalahkan lawannya Riga Zuni Setianggara (Jawa Timur) dalam laga final taekwondo kategori kyorugi di kelas – 54 kilogram di Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Aziz merupakan satu dari 17 (tujuh belas) atlet yang berlaga dalam ajang PON XXI. Dari jumlah tersebut, kontingen taekwondo Jawa Tengah hanya mampu mengumpulkan 12 medali diantaranya 4 (empat) emas, 3 (tiga) perak, dan 5 (lima) perunggu. Untuk perolehan medali emas telah disumbangkan oleh Aziz Hidayat Tumakaka termasuk tiga rekan kontingennya yakni Dinda Putri Lestari kategori kyorugi kelas -73 kilogram, Osanando Naufal Khairudin kategori kyorugi kelas – 80 kilogram; dan Amelia Putri Wibowo di kelas – 73 kilogram kategori kyorugi.

Ia merasa sangat senang dan bersyukur atas torehan prestasinya hingga sejauh ini. “Alhamdulillah pastinya saya sendiri merasa bangga, senang, dan bersyukur bisa memberikan yang terbaik mewakili Jawa Tengah dan mengangkat nama UNDIP dikancah nasional,” ucap Aziz mahasiswa UNDIP angkatan 2022 melalui jalur SBUB.

Aziz menambahkan bahwa dirinya juga sangat bangga sekali ketika bisa mengusung nama UNDIP sekaligus mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah international. Diketahui perolehan prestasi gemilang Aziz di kejuaraan sebelum PON XXI 2024 yakni keberhasilannya meraih medali perunggu pada kejuaraan “2024 Muju Kimunyong Cup International Open Taekwondo Championship” yang diselenggarakan di Muju-Korea Selatan tanggal 17 – 20 Agustus 2024. Dan ia menyumbangkan medali emas pada 21st ASEAN University Games (AUG) 2024 untuk (Kyorugi Putra Under 54kg) yang digelar tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024 di Jawa Timur (Surabaya-Malang).

“Sukses tentu butuh perjuangan. disiplin, mental kuat, dan pantang menyerah adalah salah satu modal saya menghadapi setiap tangga menuju kesuksesan,” ujarnya.

Menurut Aziz seperti ungkapan yang sering terdengar yakni banyak jalan menuju Roma. “Saya menyukai hobi yang telah ditekuni hingga pada akhirnya menghasilkan prestasi, tetapi itu bukanlah jaminan untuk sukses. Bagaimanapun pendidikan tetaplah utama (nomor 1) karena prestasi yang saya punyai (taekwondo) merupakan bagian perjalanan di kehidupan,” sambungnya.

“Pendidikan ataupun ilmu pasti melekat selamanya dalam diri kita. Jadikan prestasi sebagai dorongan untuk menjadi sukses, tentunya dengan pendidikan yang terbaik. Begitupun ketika saya menempuh studi di SV UNDIP yang sesuai dengan minat atas apa yang telah dipelajari menjadikan saya tambah tertarik dan senang belajar di UNDIP karena fasilitas juga lingkungannya yang produktif, bukan hanya dari mahasiswanya saja tetapi juga support kampus UNDIP,” kata Aziz. (DHW – Humas)

Share this :
Exit mobile version