Faculty of Law
1. Akreditasi
a). Nasional
Peringkat : Unggul
SK Akreditasi BAN PT No. 10450/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/M/XII/2022
b). Internasional
FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) Germany, 26 November 2021 – 25 November 2026
2. Gelar Lulusan
Magister Hukum (M.H.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti Depdikbud No.155/DIKTI/KEP/1993
4. Materi Yang Dipelajari
Pembaharuan Hukum Pidana, Hukum Ekonomi dan Bisnis, Hukum Internasional, Hukum Kenegaraan.
5. Profil Lulusan
Law Policy Maker, Legal Problem Solver, Communicator, Researcher
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCL) secara daring/ luring (online/offline), Assesmen melalui UTS, UAS, Portofolio dsb.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah sks = 40, IPK minimal 3,00
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT, Library, Media, e-learning, pelatihan bahasa asing di Pusat bahasa Universitas, pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dsb, termasuk bagi disabilitas.
9. Email : magisterhukum_undip@yahoo.com
mih.undip@gmail.com
10. Kontak : (024) 8313493
Ida : 082138276928
Andi : 081392378591
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : Nomor : 4746/SK/BAN-PT/Ak.KP/M/XI/2023
2. Gelar Lulusan
Magister Kenotariatan (M.Kn.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No.81/Dikti/Kep/2000 tanggal 7 April 2000 tentang Perubahan Status Program Pendidikan Spesialis Notariat menjadi Program Magister Kenotariatan pada Program Studi Magister Kenotariatan UNDIP.
4. Materi Yang Dipelajari
Kurikulum Pendidikan Magister Kenotariatan dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan standar sebagai seorang ahli di bidang Kenotariatan, namun tidak semata-mata menjadi Notaris, sehingga lulusan pendidikan kenotariatan dapat menjadi Pejabat Pembuat Akta Tanah, Juru Lelang, konsultan hukum atau menjadi in house lawyer pada perusahaan-perusahaan swasta.
5. Profil Lulusan
Notaris professional yang memiliki kualifikasi dan daya saing serta berwawasan global pada tingkat nasional; Notaris professional yang mengembangkan dan menerapkan hard skill dan soft skill serta IPTEK bidang kenotariatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Notaris professional yang mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta menjunjung tinggi moral dan berperilaku etis.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Daring (berbagai Plaform online) dan Luring
Asesmen menggunakan Single Sign On ( SSO) UNDIP
7. Struktur dan Persyaratan Program
Lulusan : Sarjana Hukum (S.H) Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta yang terakreditasi minimal peringkat B, tidak bisa dari gelar Sarjana Hukum Islam (S.Hi) atau Sarjana Agama (S.Ag).
IPK minimal 3.0.
Sertifikat TOEFL min. 450.
Menyerahkan fotocopy sertifikat akreditasi yang dilegalisir.
Alumni Program Spesialis Notariat dengan gelar Sp.N IPK minimal 2,50 dapat mendaftar ke Magister Kenotariatan.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah yang ber AC, perkulihan di kelas menggunakan proyektor, jaringan internet menggunakan WIFI, perpustakaan, rumah jurnal yang terakreditasi, laboratorium simulasi notaris, ruang diskusi mahasiswa, ruang dosen, masjid, toilet, halaman parkir.
9. Email : kenotariatan.undip@gmail.com
10. Kontak : (024) 8415998
Faculty of Economics and Business (FEB)
1. Akreditasi
a). Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : No. 011/DE/A.5/AR.12/IX/2023
b). Internasional
Akreditasi International dari ABEST 21 sejak tahun 2015
FIBAA (Foundation for International Business Administration) – Germany
26 November 2021 – 25 November 2026
2. Gelar Lulusan
Magister Akuntansi (M.Ak.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 135/DIKTI/Kep/1999
4. Materi Yang Dipelajari
Akuntansi Korporat, Akuntansi Forensik, Akuntansi Pemerintah
5. Profil Lulusan
Akademisi Akuntansi, Peneliti Akuntansi, Profesional Akuntansi
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Pembelajaran diberikan dalam bentuk ceramah, case study, dan pembelajaran mandiri. Materi perkuliahan meliputi berbagai sebagai khasanah IPTEKS yang akan dibangun prodi ataupun dapat juga dipilih berdasarkan analisis kebutuhan dunia kerja/ profesi yang akan diterjuni lulusan di masa datang. Evaluasi pembelajaran mengacu pada capaian pembelajaran. Capaian Pembelajaran Lulusan merupakan kemampuan yang harus dimiliki sesuai dengan profil lulusan. Capaian Pembelajaran harus merujuk pada KKNI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).
7. Struktur dan Persyaratan Program
Lembaga pendidikan tinggi ilmu akuntansi strata dua yang memiliki tiga bidang konsentrasi, yaitu akuntansi korporat, akuntansi pemerintahan dan akuntansi forensik. Untuk bisa dinyatakan lulus mahasiswa harus menempuh total 45 sks termasuk tesis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Perpustakaan, laboratorium, ruang kelas, parkir, musholla, kamar mandi, kelas wifi, taman baca.
9. Email : Magister_AkuntansiFEB@live.undip.ac.id / maksi.febundip@gmail.com
10. Kontak : (024) 8452274 / 085725282289 / 089630839449 / 089514513754
1. Akreditasi
a). Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : No. 010/DE/A.5/AR.12/IX/2023.
b). Internasional
FIBAA (Foundation for International Business Administration) – Germany
26 November 2021 – 25 November 2026
2. Gelar Lulusan
Magister Ekonomi (M.E.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan No. 63/DIKTI/Kep/2000 tanggal 15 Maret 2000.
4. Materi Yang Dipelajari
Ilmu ekonomi (ekonomi sebagai sains) dan ekonomi terapan. Teori dan konsep ilmu ekonomi sebagai fondasi kebijakan dan program pembangunan. Mata kuliah inti keilmuan adalah Mikroekonomi, Makroekonomi dan Ekonomi Pembangunan. Dilengkapi dengan Ekonomi Kelembagaan, Metodologi Penelitian, Publikasi Ilmiah dan mata kuliah keahlian.
5. Profil Lulusan
Ahli (Master), menguasai teori ekonomi dan aplikasi empiris di bidang ekonomi tertentu dan mengembangkan ipteks melalui riset inter/ multi-disiplin, untuk dapat menjadi professional di bidang Pendidikan, penelitian, birokrasi dan kewirausahaan.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Perpaduan antara tatap muka, diskusi, collaborative work, dan skill building activities. Mahasiswa ditargetkan sebagai pusat pembelajaran (SCL).
7. Struktur dan Persyaratan Program
Terdiri dari 2 program : program dengan kuliah (by course) dan program dengan riset (by research), masing-masing 38 sks dan 41 sks. Ditempuh dalam waktu 4 Semester. Mahasiswa harus full time harus full time.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Sistem informasi akademik berbasis web melalui Single Sign On (SSO), Laboratorium Data Ekonomi dari Bloomberg, Laboratorium Komputer, Software, akses jurnal internasional online, co-working space, dan forum-forum akademik/ ilmiah.
9. Email : magisterekonomi@live.undip.ac.id
10. Kontak : Program Pascasarjana FEB Undip
Jl. Hayam Wuruk No. 5, Pleburan, Semarang 50241
Telp : 08442273, (024) 8417006
Fax : (024) 8442273
1. Akreditasi
a). Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : No 012/DE/A.5/AR.12/IX/2023
b). Internasional
ABEST21
FIBAA (Foundation for International Business Administration) – Germany
26 November 2021 – 25 November 2026
2. Gelar Lulusan
Magister Manajemen (M.M.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 166/DIKTI/Kep/1994
4. Materi Yang Dipelajari
Manajemen
5. Profil Lulusan
Profesional Manajer, Peneliti, Konsultan Manajemen, Pendidik.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tatap muka dengan asesmen akhir pembuatan tesis magister.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Diselesaikan dalam 4 semester. Mahasiswa wajib mengikuti persyaratan yang ditentukan Prodi untuk kelulusan, diantaranya magang, penulisan studi kasus dan kewajiban publikasi sebelum diperkenankan mendaftar ujian tesis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Laboratorium, Galeri Investasi BEI, BI Corner, Fasilitas Bloomberg, Perpustakaan, Single Sign On (SSO), Unit Pengembangan Komputer, Hotspot WIFI, Co-Working Space, Poliklinik Mahasiswa UNDIP di RSND, Ruang Kelas.
9. Email : mm@live.undip.ac.id
10. Kontak : (024) 8441636 / 8449010
Faculty of Cultural Sciences (FIB)
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : B
SK Akreditasi : BAN-PT No. 3936/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2020
2. Gelar Lulusan
Magister Susastra (M.S.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK DIKTI No. 3207/D/T/2002.
4. Materi Yang Dipelajari
Magister Ilmu Susastra memiliki tiga konsentrasi, yakni sastra Inggris, Sastra Indonesia, dan Sastra Nusantara. Konsentrasi Sastra Inggris lebih menekankan pada kajian mutakhir yang terkait dengan feminis dan kritikus pokok-tokoh sastra Inggris. Kosentrasi Sastra Indonesia lebih menekankan pada kajian sosiologi dan multikulturalisme sastra. Konsentrasi Sastra Nusantra lebih menekankan pada sastra dan budaya pesisiran dengan pengembangan local colour.
5. Profil Lulusan
Peneliti Sastra yang handal
Kritikus Sastra yang profisional
Akademisi sastra (dosen, konsultan, dan guru) yang professional, kreatif dan inovatif
Kreator Sastra dan Budaya yang professional
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran : Ceramah, Studi Kasus/case study, Diskusi, Presentasi, dan soft skill.
Asesmen : Tugas studi kasus (makalah), Presentasi, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, artikel.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Lulusan Sarjana Strata 1
IPK Minimal 3
Ijazah dan transkrip nilai
Rekomendasi Akademik dari 2 orang (dosen pembimbing S1/ atasan langsung dg kualifikasi min. S2)
Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi
Proyeksi/ Gambaran umum tentang penelitian Tesis yang akan diambil
Sertifikat TOEFL min. 425
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, ruang konsultasi, perpustakaan, ruang kegiatan mahasiswa, ruang publik (gedung olah raga, ruang seni, mushola, tempat parkir, taman).
9. Email : s2susastra@gmail.com
10. Kontak : Kantor : (024)74680619
Admin : 082137016245
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : Unggul
SK Akreditasi : BAN-PT No. 9906/SK/BAN-PT/Ak/M/XI/2022
2. Gelar Lulusan
Magister Humaniora (M. Hum.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Dirjen Dikti Depdiknas Nomor 4923/D/T/2006
4. Materi Yang Dipelajari
Mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan serta tesis dengan mengikuti sistem kredit semester (sks). Kurikulum ini diorganisasikan ke dalam rangkaian proses pembelajaran selama empat semester dengan beban studi 40 sks. Ada beberapa mata kuliah yang menjadi unggulan, di antaranya Sejarah Maritim; Nasionalisme dan Karakter Bangsa; Teori Integrasi; Antropologi Maritim. Dengan kurikulum itu, lulusan Magister Ilmu Sejarah diharapkan dapat menguasai kemampuan teoretis dan praktis secara baik, sehingga mereka mampu menjadi sejarawan yang mumpuni di bidangnya.
5. Profil Lulusan
Dosen, guru, peneliti, wartawan, serta staf ahli lembaga negara.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Research-based teaching (pembelajaran yang berbasis penelitian).
Asesmen terutama didasarkan atas karya artikel dan penelitian mahasiswa.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Strukstur program : teoritik (semester pertama), penelitian & penulisan publikasi, penelitian dan penulisan tesis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah memadai
Program online lecture dengan MS Teams yang sudah tersistem secara integrative
Grup diskusi untuk mengatasi berbagai persoalan studi
9. Email : misej@live.undip.ac.id
10. Kontak : (024) 76480619
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : BAN-PT No. 1778/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2019
2. Gelar Lulusan
Magister Linguistik (M.Li.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 1340/D/T/2005
4. Materi Yang Dipelajari
Program Studi S2 Linguistik menawarkan 2 (dua) konsentrasi, yaitu: Linguistik Umum dan Linguistik Terapan. Konsentrasi Linguistik Umum mengkhususkan pada kajian teoretis ilmu bahasa dengan pendekatan generatif, yang merupakan salah salah satu pendekatan mutakhir dalam kajian linguistik deskriptif. Adapun linguistik terapan mengkhususkan pada kajian praktis atau penerapan ilmu bahasa dalam pengajaran bahasa Inggris, ESP (English for specific Purposes), dan kajian penerjemahan melalui penelitian.
5. Profil Lulusan
Konsultan KebahasaanPraktisi Ilmu Kebahasaan
Manajer Institusi Pendidikan Bahasa Inggris
Peneliti Bahasa dan Budaya, di bidang Linguistik Umum atau linguistik Terapan
Akademisi Bahasa dan Budaya (Dosen, Guru, Tutor)
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran : Ceramah (research based teaching), Studi Kasus (case study), Diskusi, Presentasi
Asesmen : Tugas studi kasus, Ujian Tengah Semester/ Presentasi, Ujian Akhir Semester/ paper.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur Kurikulum Prodi S2 Linguistik meliputi : Mata Kuliah Tatap Muka (24 sks), Publikasi Ilmiah (3 sks), dan Penelitian dan Penulisan Tesis (10 sks).
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah yang sangat memadai, Program kuliah online dengan MS Teams yang sudah tersistem secara integratif, Ruang konsultasi, Perpustakaan dan Jurnal-jurnal online yang terintegrasi dengan SSO (Single Sign On), Ruang bersama (Gedung Olah Raga, Ruang Seni, Mushola).
9. Email : mli@live.undip.ac.id
10. Kontak : Paramita Sufiantini, SKM (+6282136958015)
Faculty of Social and Political Sciences (FISIP)
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : B
SK Akreditasi : BAN-PT No. 5818/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/IX/2020
2. Gelar Lulusan
Magister Administrasi Publik (M.A.P.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Ijin Dirjen Pendidikan Tinggi no 111/DIKTI/Kep/2007
4. Materi Yang Dipelajari
Teori Organisasi, Teori Administrasi Publik, Administrasi Pembangunan, Manajemen SDM Sektor Publik, Sistem Administrasi NKRI (SANKRI), Kebijakan Publik, Manajemen Publik, Metode Penelitian, Perilaku dan Pengembangan Organisasi Publik Perencanaan Pembangunan dsb.
5. Profil Lulusan
Manajer Publik, Manajemen Pelayanan Publik dan sektor-sektor birokrasi pemerintahan, yaitu sebagai Birokrat ; Staf Ahli Legislatif, dan sejenisnya.
Analis Kebijakan.
Peneliti.
Pendidik.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCI).
Asesmen melalui UTS, UAS, portofolio,pembimbingan dan pengajuan tesis, penulisan jurnal Internasional dsb.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah sks = 39, maksimal 8 semester, full time student.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
ILS (Information and Learning Service) : IT, library, media, e-learning, pelatihan bahasa asing di Pusat Bahasa Universitas, Pelatihan IT, bimbingan dan konselling, E-Library, Pelatihan penulisan artikel dan submit Jurnal Internasional, beasiswa, program Sandwich, Joint Research dsb.
9. Email : map.fisip@undip.ac.id
10. Kontak : 081393716747
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : BAIK SEKALI
SK Akreditasi No. 5774/SK/BAN-PT/Ak/M/VIII/2022
2. Gelar Lulusan
Magister Administrasi Bisnis (M.A.B.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Rektor Universitas Diponegoro
Nomor: 222/UN7.P/HK/2020
4. Materi Yang Dipelajari
Magister Administrasi Bisnis dirancang untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang bisnis serta mampu mengambil keputusan strategis mengenai berbagai fungsi dalam organisasi bisnis, serta menghasilkan produk inovatif. Beberapa domain ketrampilan yang dipelajari adalah domain Ketatapamongan/ Governance; Domain Inisiasi Bisnis Baru/ Start Up Business; dan Domain Pengelola Organisasi/ Manajer.
5. Profil Lulusan
Pemimpin Bisnis, Entrepreneur dan Intrapreneur, Konsultan Analisa Bisnis, Peneliti dan Pengajar.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Menggunakan metode hybrid, yaitu Lecturer Centered Learning dan Student Centered Learning (Class Simulation, Project Based Learning, Class Discussion, Innovation Creation, Discovery Based Learning, Self-study, Group Work, Experiental Learning, Problem Based Learning, Kuliah Tamu, dll) dengan skema pendidikan: by course, by research dan by project.
7. Struktur dan Persyaratan Program
STRUKTUR MATA KULIAH :
Program By Course :
Beban sks per semester
Semester 1: 15 sks, Semester 2: 15 sks (termasuk peminatan 1 dan peminatan 2),
Semester 3: 3 sks, Semester 4: 6 sks
Program By Research :
Beban sks per semester
Semester 1: 12 sks, Semester 2: 3 sks, Semester 3: 8 sks, Semester 4: 13 sks.
PERSYARATAN:
Lulusan Sarjana Strata 1, IPK min 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi, Ijazah dan transkrip, Rekomendasi Akademik dari 2 orang (boleh pembimbing S1, D4/ atasan langsung dg kualifikasi min. S2) (format sdh disediakan), Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi (format sdh disediakan), Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (bermaterai 6000) (format sdh disediakan), Surat ijin dari instansi kerja (bagi yang sudah bekerja) (format sdh disediakan), Proyeksi/ Gambaran umum tentang penelitian Tesis yang akan diambil.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Kuliah, Perpustakaan, Ruang Negosiasi, Ruang Teater, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bisnis dan Kewirausahaan, Laboratorium Video Audio, Laboratorium Riset Marketing, Musholla, Fasilitas Olah Raga.
9. Email : mabis@live.undip.ac.id
10. Kontak : Telp./Fax (024) 7465407
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : 4910/SK/BAN-PT/Ak.KP/M/XI/2023
2. Gelar Lulusan
Magister Ilmu Politik (M.Sos.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Ijin Dirjen Pendidikan Tinggi No. 4217/D/T/2004
4. Materi Yang Dipelajari
Ilmu Politik, yang terbagi kedalam 3 konsentrasi :
1). Politik Kebijakan Publik
2). Politik Digital
3). Tata Kelola Pemilu
5. Profil Lulusan
Politisi, Birokrat, Kepala Daerah, Peneliti, Aktivis NGO
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Case Study
Problem Based Learning
Project Based Learning
7. Struktur dan Persyaratan Program
Terakreditasi A
Memiliki Jurnal Terakreditasi Sinta 2
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Perpustakaan, Laboratorium Politik, dan Kelas Hybrid.
9. Email : mip@live.undip.ac.id
10. Kontak : +62 857 4094 7494
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : 2496/SK/BAN-PT/Ak.KP/M/VI/2023
2. Gelar Lulusan
Magister Ilmu Komunikasi (M.I.Kom.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 4685/D/T/2008 Tanggal 31 Desember 20084685/D/T/2008.
4. Materi Yang Dipelajari
Media, Budaya dan Masyarakat
Komunikasi Strategis.
5. Profil Lulusan
Akademisi/ Dosen, Peneliti Media, Peneliti Komunikasi Strategis, Profesional Komunikasi .
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran tatap muka dengan model asesment tertulis dan lisan.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur dengan kuliah (by course) : 12 sks, Mata Kuliah teori dan 15 Mata Kuliah riset.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, ruang diskusi, perpustakaan.
9. Email : magisterilmukomunikasi@live.undip.ac.id
10. Kontak :
Faculty of Medicine
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi Nomor : 0165/LAM-PTKes/Akr/Mag/IV/ 2019
2. Gelar Lulusan
Magister Ilmu Biomedis (M.Biomed.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 469/DIKTI/Kep/1996.
4. Materi Yang Dipelajari
Biologi Sel dan Biologi Molekuler, Genetika Medik, Patobiologi Umum, Imunologi Dasar, Agent Penyebab Infeksi, Dasar-dasar Herbal Medik, Filsafat Ilmu dan Etika Riset Biomedik, Metodologi Penelitian dan Evidence Based Medicine (EBM), Biostatistik, Teknik Penulisan Tesis dan Publikasi Ilmiah, Mata Kuliah Konsentrasi Patobiologi, Mata Kuliah Konsentrasi Imunologi dan Penyakit Tropis, Mata Kuliah Konsentrasi Konseling Genetika, Mata Kuliah Konsentrasi Klinik Bedah (Khusus untuk PPDS Ilmu Bedah FK UNDIP.
5. Profil Lulusan :
Communicator, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By Course dan By Research.
7. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah, ruang baca, e-library, laboratorium, internet, sarana ibadah dan olahraga.
9. Website : http://mbiomedik.fk.undip.ac.id/
10. Email : pasca.biomedik@gmail.com
11. Kontak : Telp/Faks. (024) 8318350
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
0909/LAM-PTKES/Akr/Mag/XII/2023
2. Gelar Lulusan
Magister Gizi (M.Gz.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Nomor SK Pendirian Program Studi : 85/dikti/Kep/2001
Tanggal SK Pendirian Program Studi : 03 April 2001
SK Ijin Operasional : DIRJEN DIKTI no. 3747/D/T/K-N/2010
Tanggal SK Ijin Operasional : 06 September 2010
4. Materi Yang Dipelajari
Mata Kuliah Wajib Program Studi (Filsafat Ilmu dan Bio Etika, Metodologi Penelitian, Pengembangan Proposal, Ilmu Gizi Lanjut, Metabolisme Zat Gizi Makro dan Mikro, Penilaian Status Gizi (P), Epidemiologi Gizi, Gizi Molekuler, Promosi Gizi); Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Gizi Masyarakat (Masalah Gizi Masyarakat, Ekonomi dan kebijakan pangan, Perencanaan Program Gizi Lanjut (P)); Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Gizi Klinik (Patogenesis Penyakit Gizi, Asuhan Gizi pada Pasien Dewasa dan Geriatri, Asuhan Gizi pada Pasien Anak); Tugas Akhir dan Publikasi (Seminar Proposal thesis, Penulisan tesis, Seminar hasil Penelitian, Publikasi); Mata Kuliah Pilihan (Mikrobiota Saluran Cerna, Gizi pada pasien berkebutuhan khusus, Gizi Tumbuh Kembang, Pengembangan produk pangan intervensi gizi, Gizi Bencana, Gizi Olah Raga, Analisis dan Aplikasi Molekuler (P), Gizi Aging, Pangan Fungsional dan Nutrasetikal (P), Keamanan Pangan, Eco-marine Nutrition, International Research Course.
5. Profil Lulusan
Educator, Manager, Reseacher.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Ceramah, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Collaborative learning, Small group discussion, Cooperative learning.
7. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Kelas, Laboratorium Kimia, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Kuliner, Laboratorium PSG, Laboratorium Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Lab Hewan Coba.
8. Website : >http://s2gizi.fk.undip.ac.id/
9. Email : s2giziundip@gmail.com/
10. Kontak : TELP.(024) 76402881, FAX (024) 76402881
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : 0525/LAM-PTKes/Akr/Mag/XII/2020
2. Gelar Lulusan
Magister Keperawatan (M.Kep.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Mendikbud No.103/E/O/2013 Tanggal 12 April 2013
4. Materi Yang Dipelajari
Filsafat dan Teori Keperawatan; Etik dan Hukum Kesehatan; Riset Keperawatan : Kepemimpinan dan Manajemen dalam Pelayanan Kesehatan; Evidence Based Practice; Keperawatan Holistik; Konsep lanjut Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan/ Konsep lanjutan Keperawatan Medikal Bedah/ Konsep Lanjut Keperawatan Kritis/ Konsep Lanjut Keperawatan Maternitas/ Konsep Lanjut Keperawatan Jiwa/ Konsep Lanjut Keperawatan Komunitas; Pengembangan Proposal; Publikasi Ilmiah; Seminar Hasil; Tesis
5. Profil Lulusan
Communicator, Manager, Professional, Leader, Enterpreuner, Thinker, Educator.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran : kuliah, study kasus, seminar, praktikum, study lapangan, analisa jurnal, diskusi kelompok, project, dan penyusunan rancangan penelitian. Asesmen : Case study, Ujian Tulis, Presentasi, ujian lisan, project.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur Program : Lama studi 4 sks dengan beban sks keseluruhan 41 sks, studi dapat diselesaikan dalam 3 semester. Sebaran MK pada semester 1, MK dasar magister keperawatan 14 sks; Semester 2, MK konsentrasi 12 sks; semester 3, studi lapangan dan proposal tesis 7 sks; semester 4, Tesis dan publikasi ilmiah 8 sks.
Persyaratan : TOEFL 500; publikasi artikel pada jurnal nasional minimal SINTA 4.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Laboratorium keperawatan sesuai konsentrasi, Wahana pendidikan baik RS maupun komunitas, Perpustakaan, E journal, ruang kerja mahasiswa.
9. Persyaratan Pendidikan Sebelumnya
Lulus Ners dengan Pendidikan sebelumnya Sarjana Keperawatan (tidak termasuk D4 Keperawatan).
10. Website : http://mkep.fk.undip.ac.id/
11. Email : mkep@fk.undip.ac.id
12. Kontak : Telp :024 76480919,
Endang Minarti: 081390949276
Faculty of Public Health (FKM)
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : Unggul
Akreditasi LAM-PTKes No. 0829/Lam-PTKes/Akr/Mag/XI/2023
2. Gelar Lulusan
Master Kesehatan Masyarakat (M.K.M.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. No. 84/DIKTI/Kep/2001
4. Materi Yang Dipelajari
Merencanakan dan menyusun alternative penyelesaian masalah kesehatan secara komprehensif melalui pendekatan One Health.
5. Profil Lulusan
Ahli Epidemiologi, Konsultan Epidemiologi, Peneliti Epidemiologi, Peneliti Epidemiologi, Pengajar (dosen dan instruktur) Epidemiologi, Manager Epidemiologi.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Menjadi Program Studi S-2 yang UNGGUL dalam bidang Epidemiologi Managerial yang mampu berperan aktif dalam mengatasi permasalahan kesehatan melalui pendekatan One Health.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Mampu memahami, mendiskusikan dan mengaplikasikan konsep dan softskill One Health dalam kegiatan epidemiologi.
Mampu memahami dan mendiskusikan dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan kegiatan epidemiologi.
Mampu menganalisis data epidemiologi menggunakan metode diagnostic dan aplikasi pengolahan data yang tepat.
Mampu mengatur sumber daya manusia dan lainnya dalam proyek lapangan.
Mampu mengembangkan dan melakukan komunikasi dan advokasi dalam kegiatan lapangan.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Mengembangkan dan melaksanakan program pendidikan yang menghasilkan lulusan di bidang Epidemiologi dengan keunggulan Managerial melalui pendekatan One Health.
Mendukung mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan penelitian, publikasi dan karya intelektual serta pengabdian kepada masyarakat di bidang Epidemiologi.
9. Persyaratan Pendidikan Sebelumnya
S1 dan D4 Berbagai Jurusan
10. Website : http://mep.pasca.undip.ac.id/en/home
11. Email : epidemiologiundip@yahoo.com
magisterepidundip@gmail.com
12. Kontak : (024) 8417008
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
LAM.PT-KES : No. 0171/LAM-PTKes/Akr/Mag/IV/2020
2. Gelar Lulusan
Magister Kesehatan Masyarakat (M.K.M.)
3. Konsentrasi (Academic Field)
Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 182/DIKTI/Kep/1999, tanggal 26 April 1999
4. Materi Yang Dipelajari
Konsentrasi (minat) :
Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK)
Administrasi Rumah Sakit (ARS)
Sistem Informasi Manajemen Kesehatan (SIMKES)
Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
Gizi Kesehatan Masyarakat (GKM)
5. Profil Lulusan
Manager, Leader, Educator, Researcher dan Consultant.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran : tatap muka, penelitian lapangan dan presentasi, studi kasus, critical review jurnal, praktikum, kuliah pakar, kuliah alumni praktisi kesehatan / RS, kunjungan lapangan.
Metode penilaian mata kuliah : Penugasan-penugasan, Ujian tengah semester, Ujian akhir semester.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Kurikulum Prodi S2 Kesehatan Masyarakat FKM UNDIP disesuaikan dengan standar kompetensi Level 8 KKNI (Kerangka Kompetensi Nasional indonesia) dan perumusan kompetensi pendidikan S2 Magister Kesehatan Masyarakat dari AIPTKMI (Asosiasi Institusi Pendidikan Kesehatan Masyarakat Indonesia). Jumlah beban SKS : 40 sks .
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Semua mata kuliah diampu oleh dosen dengan pendidikan S3 (doktor) dan atau Profesor. Perkuliahan didukung dengan berbagai fasilitas ruang perkuliahan yang nyaman, internet, laboratorium komputer, perpustakaan FKM, satu ruang smart class dan Aula dr. Budioro Brotosaputro MPH di Gedung D lantai 1 kapasitas 300 orang. Fasilitas laboratorium lapangan : dinas kesehatan, puskesmas, rumah sakit (pemerintah dan swasta) yang bekerjasama dengan FKM UNDIP. Dalam kondisi tertentu perkuliahan dapat dimungkinkan secara gabungan (blended) offline (di kelas) dan online.
9. Website : http://mkm.fkm.undip.ac.id/
10. Email : S2mikmundip@gmail.com dan masterph@undip.ac.id
11. Kontak : 085740250025 (Slamet Riyadi, S.Hum)
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : UNGGUL
SK LAM-PTKes No.0193/LAM-PTKes/Akr/Mag/III/2023
2. Gelar Lulusan
Magister Kesehatan (M.Kes.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 81/DIKTI/Kep/2001 tanggal 3 April 2001.
4. Materi Yang Dipelajari
Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian, Kesehatan Lingkungan Global, Epidemiologi Lingkungan, Kebijakan Lingkungan Dan Kesehatan, Statistika Inferensial, Manajemen Kesehatan Lingkungan Dalam Bencana, Revolusi Industri Dan Geographical Information System (GIS). Teknologi Kesehatan Lingkungan, Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL), Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah, Keslingk Industri, Toksikologi Lingkungan Residensi, Teknik Entomologi, Bio Ekologi, Biomolekuler Penyakit Tropik, Proposal Penelitian, Penelitian Dan Seminar Hasil, Publikasi Penelitian, TESIS.
Pilihan :
Pengembangan Masyarakat, Kajian Kelayakan Lingkungan, Manajemen Strategis Kl, Pengendalian Vektor, Keamanan Pangan, Pengendalian Faktor Fisik Di Industri, Analisis Risiko Lingkungan Kerja, Current Issue Kl, Pengembangan Media Komunikasi Kl, Manajemen Limbah B3, Advokasi Kl, Audit Lingkungan, Pengembangan Instrumen Manajemen Data, Structural Equation Modeling (SEM), Pengendalian Hama Dan Serangga Teknik Sampling Vektor Dan Reservoar, Arbovirologi, Mikrobiologi Lingkungan.
5. Profil Lulusan
Sebagai Manajer, Konsultan, Reseacher, Advocator, Educator pada Bidang Kesehatan Lingkungan.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCL), Studi Kasus. Assesment melalui UTS, UAS, Penugasan, Presentasi Kasus.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah sks= 40 sks, mahasiswa harus fulltime, acuan standard isi Perak Pascasarjana Universitas Diponegoro No 5 Tahun 2020 dan Revisi Perak No 29 Tahun 2020.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Free Wifi, Library, Media, Laboratorium, Bimbingan Konseling, Fasilitas Olahraga, Fasilitas Ibadah, Waduk Pendidikan, Akses Jurnal, Ruang Laktasi dan Kesehatan, Taman Diskusi Terbuka, Gazebo.
9. Website : http://mkl.fkm.undip.ac.id/
10. Email : mastereh@undip.ac.id
s2keslingfkmundip@gmail.com
11. Kontak : (024) 7460044
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : 0148/LAMPTKes/Akr/Mag/III/2019
2. Gelar Lulusan
Magister Kesehatan (M.Kes.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 83/DIKTI/Kep/2001.
4. Materi Yang Dipelajari
Filsafat dan Etika Ilmu Kesehatan, Ilmu Promosi Kesehatan, Ilmu Perilaku Kesehatan, Sosio Antropologi Kesehatan, Biostatistik dan Demografi, Metodologi Penelitian Kesehatan, Epidemiologi, Pemberdayaan Masyarakat dalam Kesehatan, Kesehatan Kerja, Higiene Industri, Laboratorium K3, Pendidikan Kesehatan Masyarakat Institusi, Advokasi, Komunikasi dan Mobilisasi Sosial, Desain Media, Pemasaran Program Kesehatan,Current Issue, Studi Kualitatif, Organisasi Pembelajaran, Proposal Tesis, Kesehatan Reproduksi, HIV dan AIDS, Gender dan Seksualitas, Kepemimpinan dalam Bidang Kesehatan, Pengelolaan SDM Kesehatan, Pengembangan dan Pengelolaan Diklat, Pengembangan Kemitraan dan Networking, Keselamatan Kerja, Ergonomi, Psikologi Kerja, Penyakit Akibat Kerja, Manajemen Risiko dan Manajemen Mutu, Toksikologi Industri, Aplikasi K3 Sektor Formal dan Informal, Residensi,Tesis.
5. Profil Lulusan
Manajer Bidang Promosi Kesehatan, Educator/Dosen, Konsultan Promosi Kesehatan, Peneliti Bidang Promosi Kesehatan.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Center Learning (SCL), Pemberdayaan Masyarakat melalui Residensi, Asesmen melalui UTS, UAS, dsb.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Jumlah sks = 40, Mahasiswa harus full-time, acuan standar isi BNSP tahun 2010.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Free Wifi, Library, Media, E-Learning, Laboratorium Lengkap, Pusat Pelatihan Bahasa Asing, Pelatihan IT, Bimbingan dan Konseling, Fasilitas Olahraga, Fasilias Ibadah, Waduk Pendidikan, dsb.
9. Website : http://mhp.fkm.undip.ac.id
10. Email : mhp@undip.ac.id
11. Kontak : (024) 7460044
Faculty of Fisheries and Marine Sciences (FPIK)
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : 1789/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2019
2. Gelar Lulusan
Magister Sains (M.Si.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK No. 4500/UN7.P/DT/2011
4. Materi Yang Dipelajari
Metodologi Ilmiah dan Statistika Terapan, Konservasi Lingkungan Laut, Bioteknologi Laut, Ekologi Fungsi Ekosistem, Dinamika Oseanografi, Interakasi atmosfer-laut.
5. Profil Lulusan
Program Studi Master yang mampu menghasilkan lulusan unggul di bidang ilmu kelautan, berdedikasi seperti Manager di bidang pengelolaan sumber daya perairan, Peneliti, Pendidik Enterpreneur, Community Leader, Penerap dan Pengembangan Ilmu Kelautan dan Oseanografi.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Daring dan Luring.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Berada di bawah Departemen Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruangan Perpustakaan Ilmu Kelautan, Laboratorium, Ruang kuliah dan seminar.
9. Website : https://fpik.undip.ac.id
10. Email : magisterkelautan02@gmail.com
11. Kontak :
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : 257/SK/BAN-PT/Akred/M/III/2019
2. Gelar Lulusan
Magister Perikanan (M.Pi.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK No. 3570/D/T/K-N/2010
4. Materi Yang Dipelajari
5 Mata Kuliah Wajib :
Analisis Kuantitatif, Ekosistem dan Sumberdaya Alam Pesisir dan Laut, Perencanaan Tata Ruang Pesisir dan Laut, Metodologi Penelitian, Lembagaan dan Kebijakan Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut.
26 Mata Kuliah Pilihan :
(Mahasiswa dapat memilih 5 MK) Eksploitasi sumberdaya Pesisir dan Laut, Konservasi dan rehabilitasi Wilayah Pesisir dan Laut, Dinamika Sedimen Pesisir dan Estuari, Hidrodinamika Ekosistem Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Aplikasi SIG dan Pemetaan Sumberdaya Pesisir dan Laut, Perencanaan dan Evaluasi Tata Ruang Pesisir dan Laut, Ekotorism Bahari, Amdal dan Analisis Resiko Lingkungan Wilayah Pesisi rdan Laut, Pengendalian Pencemaran Pesisir dan Laut, Pengelolaan Pembangunan Wilayah Pesisir & Pulau2 Kecil, Bioteknologi Sumberdaya Pesisir dan laut, Geodinamika Pesisir dan Laut, Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan, Teknologi Pengolahan Lanjut, Inovasi dan Teknologi, Pengembangan Produk Perikanan, Pengembangan Akuakultur Payau, Pengembangan Nutrisi Pakan Ikan, Parasit dan Penyakit Ikan, Manajemen Budidaya Pesisir, Perencanaan Industri Agribisnis Pesisir dan Laut, Sistem Sosbud dan Antropologi Masyarakat Pesisir, Ekonomi Sumberdaya Wilayah Pesisir & Laut, Manajemen Pemasaran Hasil Sumberdaya Pesisir dan Laut, Manajemen Bisnis Perikanan, Pelabuhan Perikanan, Rancang Bangun Alat Tangkap dan Kapal Perikanan.
5. Profil Lulusan
Program Studi Magister Sumberdaya Perairan menghasilkan lulusan unggul di bidang ilmu Manajemen Sumberdaya Perairan, dengan lulusan yang diperuntukkan menjadi Manajer di bidang pengelolaan sumber daya perairan, Peneliti, Pendidik, Enterpreneur, Tokoh Masyarakat, Perencana/ Pengemban Ilmu dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perikanan.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Daring dan Luring.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Berada di bawah Departemen Sumber Daya Akuatik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah dan seminar, Ruang Perpustakaan MSDP, Student Corner, Laboratorium, Akses Internet/ WiFi gratis, Akses Jurnal Berlanggan gratis, dan Akses lift untuk penyandang disabilitas.
9. Website : https://mmsdp.fpik.undip.ac.id
10. Email : pascamsdp@gmail.com
11. Kontak :
Faculty of Animal Husbandry and Agriculture (FPP)
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditas : 1943/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/III/2020
2. Gelar Lulusan
Magister Peternakan (M.Pt.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 179/DIKTI/Kep/1999 tertanggal 26 April 1999
4. Materi Yang Dipelajari
Produksi Ternak, Ilmu Nutrisi dan Pakan, Teknologi Hasil Ternak dan Perencanaan Pembangunan Peternakan.
5. Profil Lulusan
Pendidik (pengajar profesional dan ilmuwan), Peneliti (pengkaji permasalahan peternakan), Birokrat (pengambil keputusan dan penentu kebijakan di bidang peternakan), Entrepreneur (pelaku usaha peternakan).
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran : Student Centered Learning (SCL) dan Problem Based Learning (PBL)
Asesmen : Tes tulis terstruktur dan tugas terstruktur.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Magister by Course 1 (calon mahasiswa umum), Program Magister by Course 2 (mahasiswa lulusan Prodi S1 Peternakan Undip dalam 3 tahun terakhir yang mendaftar pada Prodi Magister llmu Ternak FPP Undip), Program Fast track (mahasiswa menyelesaikan studi S1 dan S2 sekaligus dalam waktu 5 tahun), Program Magister by research (mahasiswa hanya melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah selama studi).
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Kandang (untuk kegiatan penelitian), Closed house research (untuk penelitian ayam broiler modern), Lahan tanaman pakan, Laboratorium, Perpustakaan, Lapangan olahraga (volley, basket, badminton, tenis meja, panjat tebing, futsal), Mushola, Kantin, Ruang kerja dan pertemuan mahasiswa, Wifi, Klinik manuskrip dan coaching penulisan artikel ilmiah.
9. Website : https://mit.fpp.undip.ac.id
10. Email : mit.fp@live.undip.ac.id
11. Kontak : Kaprodi : Sugiharto, S.Pt., M.Sc., Ph.D (081215984225)
Admin : Karyanto (081328196969)
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : BAN-PT No. 1780/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2019
2. Gelar Lulusan
Magister Pertanian (M.P.)
3. Ijin Operasional
Surat Keputusan Dirjen Dikti No.4097/D/T/2006
4. Materi Yang Dipelajari
Manajemen Agribisnis, Ekonomi Sumberdaya Agribisnis, Komunikasi Pembangunan Agribisnis.
5. Profil Lulusan
Manajer Agribisnis, Pengusaha/ entrepreunership Agribisnis, Perencana dan Pengambil Kebijakan agribisnis, Peneliti Agribisnis Pendidik/Akademisi Agribisnis, Inovator / motivator, Pemasar Agribisnis.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran : Student Centered Learning (SCL) dan Problem Based Learning (PBL)
Asesmen : Tes tulis terstruktur dan tugas terstruktur.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Magister by Course 1 (calon mahasiswa umum)
Program Magister by Course 2 (mahasiswa lulusan Prodi S1 Agribsinis Undip yang mendaftar pada Prodi Magister llmu Ternak FPP Undip)
Program Magister by research (mahasiswa melaksanakan penelitian dan publikasi 2 karya ilmiah selama studi).
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Enterpreneurship Teaching Laboratory, Closed house research (untuk penelitian bidang peternakan), Lahan tanaman pakan , Laboratorium, Perpustakaan, Lapangan olahraga (volley, basket, badminton, tenis meja, panjat tebing, futsal), Mushola, Kantin, Ruang kerja dan pertemuan mahasiswa, Wifi , Perpustakaan, Klinik manuskrip dan coaching penulisan artikel ilmiah.
9. Website : https://magri.fpp.undip.ac.id/
https://www.instagram.com/magri_fpp_undip/
https://www.facebook.com/magister.agribisnis
Youtube: Magister Agribisnis Undip
10. Email : agribisnis_undip@yahoo.co.id
11. Kontak : Cornelius Budi Setyawan : 085640222812
Siwi Gayatri : 0852 2584 3307
Faculty of Psychology (FPSI)
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : Akreditasi Baik
SK Akreditasi : 12739/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2021
2. Gelar Lulusan
Magister Psikologi (M.Psi.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK No.699/UN7.P/HK/2018
4. Materi Yang Dipelajari
Magister Psikologi Universitas Diponegoro menyediakan dua konsentrasi keilmuan, yaitu :
Psikologi Keluarga, Kesehatan Mental.
5. Profil Lulusan
Pengembang Program, Pembuat Kebijakan, Fasilitator Pemberdayaan Keluarga, Konselor, Penggerak Masyarakat, Konsultan, Pendidik, Peneliti.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran : Online
Asesmen :
a). Studi kasus.
b). Based project.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur : 4 semester
Persyaratan :
a). Lulusan S1 dari berbagai disiplin ilmu dari PT terakreditasi.
b). IPK minimal 3 dari skala 4.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kuliah dan seminar, Ruang baca, Perpustakaan, AC, LCD, Internet, Wifi, Akses e-book dan akses e-jurnal.
9. Website : http://www.psikologi.undip.ac.id
10. Email : magisterpsikologi@live.undip.ac.id
magisterpsikologi.undip@gmail.com
11. Kontak : (024) 7460051
Faculty of Science and Mathematics (FSM)
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : BAIK SEKALI
SK No. 037/SK/LAMSAMA/Akred/M/V/2023
2. Gelar Lulusan
Magister Matematika (M.Mat.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No 135/KPT/I/2016
4. Materi Yang Dipelajari
Sains Komputasi dan Optimasi, Teori Kontrol dan Pemodelan, Matematika Keuangan, Analisis dan Aljabar.
5. Profil Lulusan
Akademisi, Peneliti, Enterpreuner.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Perkuliahan, Riset, penugasan, Ujian.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Mata Kuliah Jalur Kuliah terdiri dari :
1. Mata Kuliah Wajib Fakultas = 4 sks
2. Mata Kuliah Wajib Program Studi = 30 sks
3. Mata Kuliah Pilihan = 6 sks
Mata Kuliah Jalur Riset terdiri dari :
1. Mata Kuliah Wajib Fakultas = 4 sks
2. Mata Kuliah Wajib Program Studi = 36 sks
3. Persyaratan Program : Menyelesaikan semua mata kuliah dan lulus ujian Tesis
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Sarana ibadah, sarana olah raga, fasilitas disabilitas, wifi, perpustakaan, ruang kuliah.
9. Website : http://mmath.fsm.undip.ac.id/new/
10. Email : S2math@live.undip.ac.id
11. Kontak : + 62 852 26792685 (Dr. R. Heru Tjahjana, S.Si, M.Si)
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK BAN-PT No. 1990/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2019
2. Gelar Lulusan
Magister Sains (M.Si.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Ijin Dirjen Dikti 12661/D/T/K-N/2012
4. Materi Yang Dipelajari
Bidang Biologi.
5. Profil Lulusan
Peneliti di bidang Biologi, Konsultan mengenai dampak pencemaran lingkungan terhadap kehidupan hewan, tumbuhan, mikroba dan manusia, Pengelola SDH berwawasan lingkungan, Pendidik/Dosen Biologi, Pengelola Ekowisata berwawasan lingkungan, Pengelola Industri pemanfaatan SDH di bidang pangan, Pengelola Industri pemanfaatan SDH di bidang Kesehatan, Pengelola Industri pemanfaatan SDH di bidang bioenergi, Pengelola Industri pemanfaatan SDH di bidang lingkungan.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Ceramah, Small Group Discussion, Discovery Learning, PBL.
7. Struktur dan Persyaratan Program
IPK Minimal 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi, Ijazah dan transkrip, Rekomendasi Akademik dari 2 orang (boleh pembimbing S1, D4/ atasan langsung dg kualifikasi min. S2), Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi (format sudah disediakan), Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (bermaterai 10000) (format sdh disediakan), Surat ijin dari instansi kerja (bagi yang sudah bekerja) (format sdh disediakan), Proyeksi/ Gambaran umum tentang penelitian Tesis yang akan diambil/ sinopsi penelitian.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Hibah penelitian, hibah pengabdian masyarakat, lapangan olah raga, tempat ibadah, undip career, perpustakaan dll.
9. Website : http://mbio.fsm.undip.ac.id
10. Email : magisterbiologiundip@gmail.com
11. Kontak : (024) 7474754 / 081327142994
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : B
SK Akreditasi : 783/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2019
2. Gelar Lulusan
Magister Sains (M.Si.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Ijin Dirjen Dikti No. 150 / KPT / I / 2016
4. Materi Yang Dipelajari
Kimia Bioorganik dan Kimia Material Anorganik.
5. Profil Lulusan
Bekerja di industri, akademik (pengajar, peneliti, pelayanan), pemerintahan, wiraswasta/ enterpreuneur .
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
By research dan by course dengan Perkuliahan , penugasan (case study) dan Ujian Tugas Akhir (seminar proposal, pembuatan manuscript utk jurnal, seminar hasil penelitian, ujian tesis).
7. Struktur dan Persyaratan Program
41 sks termasuk riset, minimal studi 1,5 tahun dan maksimum studi 4 tahun. Persyaratan TOEFL 450 dan tidak buta warna.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Peralatan analisis dan karakterisasi di Lab Terpadu UNDIP, internet, e-library.
9. Website : https://mkim.fsm.undip.ac.id
10. Email : s2kimia@live.undip.ac.id
11. Kontak : Gunawan@live.undip.ac.id
1. Akreditasi
Nasional
Peringkat : A
SK Akreditasi : 4856/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2020
2. Gelar Lulusan
Magister Sains (M.Si.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Ijin Dirjen Dikti No. 284/E/O/2011
4. Materi Yang Dipelajari
Fisika Radiasi, Fisika Medik, Fisika Material, Instrumentasi dan Elektronika, Geofisika.
5. Profil Lulusan
Akademisi, Peneliti, Leader, Fisikawan Medik, Praktisi Fisika Radiasi, Pengembang Elektronika dan Instrumentasi, Praktisi di Industri Pertambangan, Energi dan Migas, Pengembang Material Maju dan Wirausaha.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Perkuliahan by course dilaksanakan dengan Kurikulum Merdeka dengan metode diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis masalah atau gabungan berbagai metoda pembelajaran.
Perkuliahan by Research dilaksanakan melalui penelitian dengan target publikasi di jurnal baik dikerjakan secara teoritik maupun ekperimen di laboratorium.
7. Struktur dan Persyaratan Program
By Course, syarat lulus total 41 sks.
MK Wajib (14 sks), MK Pilihan (12 sks), Proposal, seminar hasil, publikasi, tesis (15 sks)
By Research, syarat lulus 38 sks.
Dilaksanakan dengan Penelitian dan Publikasi (min 1 jurnal internasional bereputasi).
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Lab. Fisika Lanjut, Lab. Terpadu, Lab. Fisika Medik (Training Center), Ruang Kuliah, Ruang Diskusi berWIFI, Kerjasama dengan berbagai Rumah Sakit untuk menunjang riset dan diklat.
9. Website : https://mf.fsm.undip.ac.id
10. Email : magister@fisika.fsm.undip.ac.id
11. Kontak : Telp./Fax. (024)76480822
Faculty of Engineering (FT)
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi : No. 0099/SK/LAM Teknik/AM/IV/2023
2. Gelar Lulusan
Magister Teknik (M.T.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No.III/DIKTI/Kep/2007
4. Materi Yang Dipelajari
Pendidikan di bidang ke-Teknik Sipil-an (Struktur bangunan, material bangunan, sumber daya air, bangunan air, transportasi, manajemen konstruksi, geoteknik dan infrastruktur.
5. Profil Lulusan
Dosen, peneliti, konsultan, kontraktor, manajer, birokrat, dan wirausahawan.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Tutorial, Student Centered Learning (SCL), Asesmen melalui tugas, ujian, presentasi, dan publikasi ilmiah.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Struktur = Beban total 40 sks, yang terdiri dari Mata Kuliah tatap muka 25 sks, Publikasi Ilmiah 3 sks dan Kelompok Tesis 12 sks.
Persyaratan = tidak ada.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kelas yang nyaman, akses internet lancar, fasilitas umum untuk mahasiswa yang memadai.
9. Website : http://mts.undip.ac.id/
10. Email : mts.undip@gmail.com
11. Kontak : (024) 76922650
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : UNGGUL
SK BAN-PT No. 2676/SK/BAN-PT/Akred-ltnl/M/VII/2023
2. Gelar Lulusan
Magister Arsitektur (M.Ars.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 125/Dikti/Kep/1994
4. Materi Yang Dipelajari
Pemahaman dan penghayatan arsitektur dan perancangan kota.
Menggali dan mengembangkan ilmu arsitektur dan perancangan kota yang kontekstual, Universal Design, Green Design era globalisasi.
5. Profil Lulusan
Pengajar, peneliti, profesional arsitek, maupun profesi dari kalangan birokrat yang berwawasan luas, doktor.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Fakultas Teknik→Departemen →Prodi→ (S1, S2, S3).
Persyaratan dan : IPK S1 minimal : 3,00 TOEFL : Score Minimal 450
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Pendidikan dan laboratorium, perpustakaan, ruang kelas, ruang dosen, Mushola.
9. Website : https://mta.ft.undip.ac.id
10. Email : mtaundip94@yahoo.com
11. Kontak : (024) 76922542, 081225832808
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : A
No. 3316/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/VI/2020
2. Gelar Lulusan
Magister Teknik (M.T.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No. 642/D/T/2005
4. Materi Yang Dipelajari
Konversi dan Kebijakan Energi, Pengolahan dan Kebijakan Pangan, Sintesis dan Aplikasi Material Baru, dan Kelestarian Lingkungan.
5. Profil Lulusan
Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Kimia melalui riset.
Mampu memecahkan permasalahan di bidang Teknik Kimia melalui pendekatan interdisipliner.
Mampu memecahkan permasalahan di bidang Teknik Kimia melalui pendekatan multidisipliner.
Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan.
Mampu menghasilkan karya inovatif dan teruji.
Mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional dalam bidang Teknik Kimia
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Kuliah konvensional : Interaksi antara dosen dan mahasiswa di kelas dalam bentuk perkuliahan biasa
Forum diskusi/presentasi tugas atau paper Mahasiswa. Fungsi dosen sebagai moderator dan fasilitator.
Bimbingan individu (kepada mahasiswa) terhadap tugas/ paper yang akan dipresentasikan atau didiskusikan dalam kelas.
Sejak Maret 2020 di masa pendemi Covid-19 metode pembelajaran menggunakan daring MS Teams atau Zoom.
7. Struktur dan Persyaratan Program
Beban kurikulum sebanyak 39 (tiga puluh sembilan) sks. Beban ini dapat ditempuh dalam waktu minimal 2 (dua) semester dan maksimal 8 (delapan) semester termasuk penyusunan tesis.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Perpustakaan Mahasiswa PSMTK UNDIP
Laboratorium Penelitian PSMTK UNDIP
Internet di era globalisasi sekarang ini,
Jurnal ilmiah publikasi ilmiah di DTK UNDIP
Seminar internasional tahunan
9. Website : www.tekim.undip.ac.id
10. Email : tekim.ft.undip@gmail.com
11. Kontak : Telp. Departemen Teknik Kimia Undip : (024) 7460058
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : A
Nomor : 5492/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2020
2. Gelar Lulusan
Magister Teknik (M.T.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK No.12659/D/T/K-N/2012
4. Materi Yang Dipelajari
Spesialisasi :
Teknologi Konversi Energi
Teknologi Material
Teknik Produksi dan Manufaktur
Perancangan Teknik.
5. Profil Lulusan
Pengajar/ Dosen, Peneliti, Perekayasa, Wirausahawan.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode pembelajaran luring dan daring (selama masa pandemi).
7. Struktur dan Persyaratan Program
Program Magister by Course (39 sks)
a). Mata Kuliah Wajib Umum (MWU) 9 sks, yang terdiri dari : Mata Kuliah Analisa Teknik 1 & 2, Mata Kuliah Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian, Mata Kuliah Pemrograman Komputer.
b). Mata Kuliah Wajib Spesialisasi (MWS) 6 sks.
c). Mata Kuliah Pilihan Spesialisasi (MPS) 9 sks.
d). Mata Kuliah terkait Tesis (15 sks), yang terdiri dari : Proyek Khusus, Seminar Tesis, Penelitian Tesis, Penulisan Tesis, Karya Ilmiah dan Ujian Tesis.
Program Magister by Researh (39 sks)
Mata Kuliah terkait Tesis (39 sks), yang terdiri dari : Penulisan Artikel Ilmiah (3 sks), Teknik Presentasi (2 sks), Seminar Proposal (2 sks), Penelitian Riset (14 sks), Karya Ilmiah1 (5 sks), Karya Ilmiah 2 (7 sks), Seminar Hasil (3 sks) dan Ujian Tesis (3 sks).
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
7 ruang kuliah, 2 ruang seminar, ruang perpustakaan Departemen Teknik Mesin, 11 ruang laboratorium, ruang ICT, ruang administrasi, ruang himpunan mahasiswa, mushola, gazebo mahasiswa, lap. bola basket, lap. bola volley, lap. parkir, bengkel, gudang dan kantin.
9. Website : https://mesin.ft.undip.ac.id/
10. Email : tinanurmala@staff.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 7460059
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : Unggul
SK LAM Prodi Keteknikan No. 0208/SK/LAM Teknik/AM/XII/2022
2. Gelar Lulusan
Magister Teknik (M.T.)
3. Ijin Penyelenggaraan
Surat Mandat Dirjen Dikti No. 66/E.E2/DT/2014
SK Mendikbud RI No. 70/E/0/2014
4. Materi Yang Dipelajari
Disiplin Ilmu Teknik Elektro dengan peminatan :
Teknik Tenaga Listrik
Teknik Kontrol Instrumentasi dan Elektronika
Teknologi Informasi dan Komputer
Teknik Telekomunikasi
5. Profil Lulusan
Perekayasa, manager, peneliti dan akademisi, assesor, konsultan, pengelola proyek, dan supervisor.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Metode Pembelajaran dengan : Pembelajaran Self Directed Learning; Pembelajaran Problem Based Learning and Discussion; Pembelajaran Modeling dan Simulasi; Pembelajaran Project Based Learning; Pembelajaran Berbasis Riset dan Kerja Laboratorium.
Assesmen pembelajaran dengan : Tugas-tugas berbasis self directed learning; Tugas-tugas dengan Problem Based Learning; Ujian semester dan akhir semester; Penulisan karya ilmiah berupa makalah, tesis; Ujian tesis.
Syarat publikasi untuk kelulusan : publikasi makalah di jurnal nasional terakreditasi peringkat-4 atau makalah dikonferensi internasional terindex (Scopus, IEEE atau WoS).
7. Struktur dan Persyaratan Program
Syarat Umum Pendaftaran Program Jalur Tatap Muka dan Program Jalur Penelitian :
Lulusan Sarjana Strata 1 dan Diploma IV
Ijazah dan transkrip
Rekomendasi Akademik dari 2 orang (pembimbing S1, D4 atau atasan langsung)
Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi
Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi dengan bermaterai Rp 10.000,-
Surat ijin dari instansi kerja bagi yang sudah bekerja
Proyeksi/ Gambaran umum tentang penelitian Tesis yang akan diambil
Mengikuti ujian dan lulus seleksi masuk PMB UNDIP
Syarat Khusus Pendaftaran Program Jalur Penelitian :
Surat Penyataan jaminan dan kesanggupan dari Calon Dosen Pembimbing Internal S2 MTE UNDIP
Proposal penelitian yang telah disetujui oleh Calon Dosen Pembimbing Internal S2 MTE UNDIP
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Gedung kelas, Laboratorium, Mushola, Sarana Olahraga, Perpustakaan.
9. Website : http://magister.elektro.undip.ac.id
10. Email : departemen@elektro.undip.ac.id / mte@elektro.undip.ac.id
11. Kontak : Telepon dan Fax : +62 24 7460057
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : Unggul
Nomor : 1964/SK/BAN-PT/Akred-PMT/M/III/2022
2. Gelar Lulusan
Magister Perencanaan Wilayah dan Kota (M.P.W.K.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Dirjen Dikti No. 129/DIKTI/Kep/2000
4. Materi Yang Dipelajari
Dalam Master by Course, materi pembelajaran terinci dalam Kurikulum MPWK UNDIP yang terdiri dari 3 (tiga) bagian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yaitu mata kuliah inti, mata kuliah peminatan, dan mata kuliah pilihan.
Adapun materi Master By Research, memberikan pengetahuan dan kompetensi kepada mahasiswa terkait Penelitian dan Publikasi. Materi didapatkan diantaranya adalah Penulisan Proposal dan Penulisan Tulisan Ilmiah, Teknik Presentasi, dan Penelitian.
5. Profil Lulusan
Perencana, pengevaluasi kebijakan, akademik, dan peneliti.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Master By Course, mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran secara penuh (full time) dan berada dikampus secara penuh selama jangka waktu pendidikan, dengan berbagai assessment diantaranya Ujian Tesis dan Publikasi Nasional atau Prosiding Konferensi Internasional Terindeks (LoA).
Master by Research, mahasiswa menempuh paling sedikit 4 semester dengan pembelajaran berbasis penelitian, dengan assessment Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi (LoA).
7. Struktur dan Persyaratan Program
Ketua Program Studi dijabat oleh Wido Prananing Tyas, ST, MDP, PhD bertugas memimpin Program Studi dan bertanggung jawab langsung kepada Wakil Dekan bidang akademik.
Sedangkan Sekretaris Program Studi dipegang oleh Rukuh Setiadi, ST, MEM, PhD bertugas membantu Ketua Program Studi dalam urusan akademik.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Prasarana yang tersedia di kampus MPWK UNDIP di Tembalang terdiri dari 2 gedung, yang masing-masing penggunaanya. DPWK akan lebih memberi gambaran tentang DPWK dan fasilitasnya https://bit.ly/MPWKLampiranM.
9. Website : https://mpwk.undip.ac.id
10. Email : mpwk@live.undip.ac.id
11. Kontak : (024) 76486820, 7460054
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : UNGGUL
SK Akreditasi No. 0301/SK/LAM Teknik/AM/VIII/2023
2. Gelar Lulusan
Magister Teknik (M.T.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Ijin Operasional No. 42/UN7.P/HK/2017
4. Materi Yang Dipelajari
Disiplin keilmuan Teknik dan Manajemen Industri yang mencakup lima bidang minat : Sistem Manufaktur dan Rekayasa Kualitas; Manajemen Rantai Pasok dan Logistik; Manajemen Rekayasa; Ergonomic, design, and safety/ Ergonomi Perancangan dan Keselamatan; dan Enterprise system engineering/ Rekayasa Sistem Perusahaan.
5. Profil Lulusan
Profesional, Enterpreneur, Thinker dan System Improver.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Kuliah Offline dan Online, Studi Laboratorium dan Lapangan, Thesis.
7. Struktur dan Persyaratan Program
By Course Masa Study 3 Semester terdiri dari kelas Reguler dan Internasional.
By Research Masa Study 4 Semester.
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang Kelas, Perpustakaan, Ruang Residen, Laboratorium.
9. Website : https://industri.ft.undip.ac.id/en/home-2/
10. Email : industri@ft.undip.ac.id
1. Akreditasi
Nasional :
Peringkat : Baik
SK Akreditasi : No. 11337/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2021
2. Gelar Lulusan
Magister Teknik (M.T.)
3. Ijin Penyelenggaraan
SK Rektor Undip No. 698/UN7.P/HK/2018
4. Materi Yang Dipelajari
Bidang rekayasa pengendalian pencemaran lingkungan dan rekayasa infrastruktur lingkungan seperti air minum, pengolahan air limbah, kualitas udara, remediasi lokasi yang terkontaminasi serta pemulihan sumber daya.
5. Profil Lulusan
Sektor pemerintah, HSE industri, konsultan, organisasi (nasional dan internasional), peneliti.
6. Metode Pembelajaran dan Asesmen
Pertemuan tatap muka, tugas studi kasus, kunjungan lapangan, ujian tengah semester, ujian akhir semester.
7. Struktur dan Persyaratan Program
36 sks, kurikulum by course (publikasi jurnal internasional/publikasi nasional Sinta 4/ prosiding terindeks scopus) dan by research (publikasi internasional bereputasi)..
8. Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa
Ruang kelas konvensional, smartclass, ruang belajar/ diskusi, capstone room, ruang perpustakaan, fasiltas olahraga.
9. Website : https://lingkungan.ft.undip.ac.id/
10. Email : magister.tekniklingkungan@live.undip.ac.id
11. Kontak : Dr. Haryono S Huboyo (081325360436)
Habibi Prakosa, SE (082133068790)