, ,

DWP Undip Gelar Acara Peringatan Hari Kartini ke-58 Dan Halal Bi Halal 1444 H

Dharma Wanita Persatuan Universitas Diponegoro (DWP Undip) menyelenggarakan acara peringatan Hari Kartini dan Halal bi Halal di Aula Prof. Darmanto Jatman, S.U., Fakultas Psikologi Undip pada Rabu, 3 Mei 2023 pukul 08:30 WIB. Bertemakan “Refleksi Diri Menjadi Wanita Tangguh dan Berprestasi”, acara ini merupakan momentum bagi para anggota DWP Undip untuk menguatkan semangat perjuangan R.A. Kartini sekaligus forum Halal bi Halal pasca hari raya Idul Fitri 1444 H. Dipimpin oleh Ketua DWP Undip Ibu Asih Budiastuti, S.H., C.N., acara ini dihadiri oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., Dekan Fakultas Psikologi Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D, para ketua DWP Fakultas, anggota DWP Undip serta tamu undangan. Acara dimulai dengan lantunan kalam ilahi dan tilawah, yang dilanjutkan dengan persembahan beberapa lagu oleh Ibu-Ibu Ketua DWP unit pelaksana dan Tim Paduan Suara Permata Swara.

Dr. Novi Qonitatin, S.Psi., MA. selaku ketua panitia menyampaikan bahwa acara ini merupakan rangkaian kegiatan aksi peduli “Ramadhan Ceria dan Bahagia” DWP Undip yang telah dilaksanakan mulai dari tanggal 9 April 2023, dan ditutup dengan acara Halal bi Halal yang merupakan kegiatan penutup dari rangkaian acara.

Ibu Anita Dwi Cahyo Utomo dalam sambutan mewakili Ketua DWP Undip mengucapkan terima kasih atas partisipasi ibu-ibu Dharma Wanita Undip serta semua pihak yang terlibat sehingga acara DWP Undip dapat berjalan dengan lancar. “Semoga semangat Kartini tidak lekang oleh waktu, di sini kita memperingati Hari Kartini sekaligus satu rangkaian dengan Halal bi Halal,” tutur Ibu Anita.

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. selaku Penasehat DWP Undip menyampaikan bahwa para wanita berperan dan merupakan bagian penting bagi kinerja dan kesejahteraan Undip. Ibu adalah sumber kebaikan yang menjaga marwah keluarga. “Setelah merefleksikan ternyata Undip itu mau dibawa ke mana, mau jadi apa itu tergantung para ibu dan istri pegawai yang ada di Undip. Selain itu, terwujudnya ranking Universitas juga berkat sholawat dan doa ibu-ibu sekalian,” ungkap Prof. Yos.

Acara dilanjutkan dengan talk show bersama Ketua DWP Undip Ibu Asih Budiastuti, S.H., C.N.  dengan mengundang pembicara Ibu Hasbiyah Nasir. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta shalawat, Ibu Hasbiyah Nasir menjelaskan beberapa hal dalam kehidupan yang penting diingat sebagai wanita. Dirinya menyebutkan bahwa dalam mencapai kesuksesan selain dibutuhkan usaha juga diperlukan kekuatan doa. Kita tidak boleh menyepelekan kekuatan doa karena dengan doa semua bisa terwujud dengan kuasa Allah SWT. “Jika mempunyai keinginan mintalah pada Allah SWT jangan minta pada perantara lain. Ucapkan doa tidak hanya dalam bahasa Arab karena sesungguhnya Allah tau apa yang kita inginkan dan Allah senang jika kita berdoa dan meminta kepada-Nya”, pesannya.

Ibu Hasbiyah Nasir menuturkan ada empat hal yang perlu kita ingat sebagai wanita dalam kehidupan untuk menjadi wanita yang tangguh dan berprestasi. Yang pertama adalah niat yang baik dan bersih sesuai dengan hadits innamal a’malu binniyat  yang artinya “sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung pada niatnya”. Yang kedua yaitu doa,  betapa dahsyatnya kekuatan doa karena sesungguhnya Allah Maha membolak balikkan hati manusia. Selanjutnya qanaah, yang artinya sifat menerima apa yang telah diberikan Allah kepada kita. Yang terakhir adalah syukur, karena rasa syukur dan mampu merasa cukup dan bahagia atas apa yang telah diberikan Allah kepada kita merupakan salah satu bentuk rezeki.

“Dalam berdoa pun ada etikanya, waktu berdoa yang paling maqbul adalah di sepertiga malam. Semoga usaha dan doa kita dikabulkan oleh Allah SWT pada waktu yang tepat,” pungkas Ibu Hasbiyah Nasir.

Sesi diskusi dan tanya jawab bersama ibu-ibu DWP Undip kepada narasumber juga berlangsung secara meriah dan komunikatif. Acara ditutup dengan pemberian door prize serta Halal bi Halal DWP Undip beserta seluruh tamu undangan. (Titis/Ulfa – Public Relations)

Share this :

Category

Arsip

Related News