,

Diskusi Scientometrics untuk Pencarian Topik Riset bagi Peneliti dalam Webinar Perpustakaan UNDIP

UPT Perpus dan Undip Press mengadakan webinar dengan tema “Scientometrics untuk Pencarian Topik Riset bagi Peneliti, Dosen dan Mahasiswa” dengan pembicara Prof. Dr. Adian Fatchur Rochim, S.T., M.T.,  salah satu Dosen Fakultas Teknik pada Selasa, 17 Oktober 2023, melalui zoom meeting. Webinar ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk mengembangkan dan memfasilitasi akademisi dalam melakukan  peneliti akademis di Indonesia. Webinar ini tidak hanya dihadiri oleh civitas Universitas Diponegoro saja, namun juga diikuti oleh beberapa Universitas lain di Indonesia, diantaranya UIN Mataram, Poltekkes Padang, UNS, UMS, UTY, Unsrat, Unisbank, UIN WS, Polinela, Untar, UMK, Unisnu, ITB, UGM, UIN Ar-Rany, Aceh, dan Unidar Ambon.

Webinar dibuka dengan sambutan dari Kepala UPT Perpus dan Undip Press, Suwondo, S.Hum., M.Kom. dalam sambutanya beliau menyampaikan, “Perpustakaan Universitas Diponegoro berusaha untuk mengembangkan fasilitas baik fisik maupun non-fisik. Tahun 2022 Perpus Undip menambah koleksi buku, merenovasi ruangan, membuat infrastruktur digital dan forum-forum diskusi seperti Webinar ini untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas akademisi Universitas Diponegoro,” ucapnya kepada 400 peserta Webinar.

Prof. Dr. Adian Fatchur Rochim, S.T., M.T., sebagai narasumber dalam Webinar#9 Scientometrics untuk Pencarian Topik Riset bagi Peneliti, Dosen dan Mahasiswa memaparkan lima materi diantaranya, produktivitas artikel Indonesia dan Asia Tenggara, white hat and black hat, timeline perjalanan riset doktoral, kebutuhan pencarian topik riset, dan karakteristik topik riset yang menjanjikan. Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Adian Fatchur Rochim, S.T., M.T., menekankan, “Dalam melakukan penelitian yang terpenting adalah membaca banyak referensi, melakukan tabulasi, dan perhatikan ilham dari Tuhan YME berupa ide yang muncul setelah membaca lalu catat”.

Webinar berjalan dengan baik, terlihat dari antusiasme peserta yang banyak mengajukan pertanyaan seputar tema yang dibahas. Webinar selanjutnya dilaksanakan pada Kamis, 19 Oktober 2023 dan Selasa, 24 Oktober 2023 melalui kanal Zoom meeting. (Boby, Wigas, As-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News