, ,

Riset Ratih W (Dosen SV UNDIP) Kaji tentang Pengaruh Sistem Penghijauan Vertikal terhadap Performa Termal dan Efisiensi Energi pada Bangunan

Ratih Widiastuti, S.T., M.T., Ph.D., adalah seorang dosen di Departemen Teknik Sipil dan Arsitektur, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro. Ia telah melakukan riset mengenai  “Numerical and Experimental Analysis of the Thermal and Building Energy Performance for Vertical Greenery Systems”.

Menurut Ratih, studi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari vertikal greenery sistem atau sistem penghijauan pada bangunan. “Adapun beberapa tujuan khusus yang diidentifikasikan untuk mendukung tujuan umum ini terkait dengan Leaf Area Index (LAI), perhitungan transfer panas pada selubung dan indoor bangunan, serta mengidentifikasi aspek keberlanjutan (sustainability) dari sistem penghijauan vertikal melalui perhitungan potensi penghematan biaya operasional dan energi pada bangunan,” jelasnya.

Ia membagi dua kegiatan utama yang dilakukan untuk mengevaluasi manfaat dari sistem penghijauan vertikal, yaitu simulasi numeric dan eksperimen. “Silmulasi CFD (Computitational Fluid Dynamic) dengan menggunakan software ANSYS dilakukan untuk mensimulasikan pengaruh thermal dari sistem penghijauan vertikal didesain dan diaplikasikan pada dinding bangunan sebagai validasi dari metode simulasi,” papar Ratih.

Dari hasil penelitian, Ratih membuktikan bahwa Leaf Area Index (LAI) adalah parameter utama untuk mengidentifikasikan kerapatan daun pada sistem penghijauan vertikal dan memberikan efek terhadap penurunan suhu. Sedangkan performa thermal dan sistem penghijauan vertikal dipengaruhi oleh radiasi matahari dan kelembaban udara dari lingkungan sekitarnya.

“Keberadaan sistem penghijauan vertikal ini akan menurunkan suhu sehingga mengurangi efek transfer panas pada bangunan. Sebagai hasilnya, ruangan dengan sistem penghijauan vertikal akan menggunakan lebih sedikit energi untuk pendinginan udara,” ucap Ratih. (Zaki; DHW – Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News