, , ,

UNDIP Bekerjasama dengan PT Pertamina Retail dalam Pembukaan Kembali SPBU Kampus

Semarang, 3 Oktober 2024 – Universitas Diponegoro (UNDIP) dengan bangga mengumumkan pembukaan kembali Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan kampus Tembalang, hasil kerjasama strategis dengan PT Pertamina Retail melalui skema Technical Assistant Contract (TAC). Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan layanan kampus bagi civitas akademika dan masyarakat sekitar sekaligus sebagai upaya menjaga mutu pelayanan SPBU Undip kepada masyarakat Kota Semarang, khususnya daerah Tembalang dan sekitarnya.

Kerjasama ini direalisasikan melalui peran aktif Badan Pengelola Unit Usaha Bisnis Komersial dan Analisis Risiko (BP-UBIKAR), yang dikepalai oleh Dr. Andriyani, S.E., M.M. BP-UBIKAR adalah badan yang dibentuk dan bertanggung jawab dalam mengelola berbagai unit usaha komersial di lingkungan UNDIP dan berperan penting dalam pengembangan ekonomi kampus.

Kepala BP-UBIKAR, Dr. Andriyani, S.E., M.M. menyampaikan, “Kami sangat antusias dengan keberhasilan kerjasama ini. Pembukaan kembali SPBU di dalam kampus merupakan langkah penting dalam memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat umum, serta mendukung kebutuhan energi kampus secara lebih efisien dan terintegrasi.”

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, S.E.,M.Si, turut menambahkan dalam sambutannya, “Kerjasama dengan PT Pertamina Retail menunjukkan komitmen UNDIP dalam mengembangkan unit usaha yang berkelanjutan. Ini adalah salah satu bentuk nyata kolaborasi antara pendidikan tinggi dan dunia industri, yang dapat membawa manfaat ekonomi dan sosial.” Tema Rebound Movement for Stronger Retail menjadikan gerak cepat untuk menjadikan SPBU UNDIP menjadi SPBU pilihan. Dimana konsumen mau isi BBM? Ya di SPBU UNDIP. Hal itu bisa diwujudkan dengan peningkatan layanan dan pengelolaan yang handal,” ucap Prof Suharnomo.

SPBU ini menyediakan produk unggulan Pertamina, termasuk Pertamax dan Dexlite, serta dilengkapi fasilitas ramah lingkungan sesuai dengan standar Pertamina Retail. Selain itu, SPBU ini juga diharapkan menjadi model bisnis yang mendukung semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Sementara itu, Direktur Komersial & Operasi PT PERTAMINA RETAIL, Fedy Alberto menyatakan, “Kami merasa terhormat dan bangga dapat bermitra dengan Universitas Diponegoro. SPBU ini akan berfungsi tidak hanya sebagai penyedia bahan bakar, tetapi juga sebagai tempat edukasi bagi mahasiswa mengenai praktik bisnis yang berkelanjutan.” Alumni Teknik Kimia UNDIP tersebut mengatakan siap untuk bekerja mengelola SPBU UNDIP, termasuk didalamnya manajemen dan finansial.

Dengan pembukaan kembali SPBU ini, diharapkan akses energi dan layanan publik bagi komunitas kampus dan warga sekitar akan semakin mudah dan efisien, sekaligus mendorong inovasi dalam pengelolaan unit bisnis di perguruan tinggi. (KWU&Ut-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News