, ,

Dukung Kualitas Penelitian dan Publikasi Ilmiah, UPT Perpustakaan dan UNDIP Press Adakan Pelatihan Publishing Talks By Springer Nature

UNDIP, (07/10) – Berbagai upaya dilakukan oleh Universitas Diponegoro dalam meningkatkan penelitian dan publikasi ilmiah bagi civitas academica di lingkungan UNDIP. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan dan UNDIP Press dengan mengadakan pelatihan “Publishing Talk by Springer Nature” turut menghadirkan narasumber yakni Mabel Tang (Director, Customer Engagement Springer Nature). Kegiatan pelatihan yang diikuti sebanyak 62 peserta dari berbagai program studi bertempat di ruang pertemuan lantai 4 gedung UPT Perpustakaan dan UNDIP Press, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang.

Pelatihan Publishing Talks sebagai agenda kunjungan Springer Nature di Indonesia. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat dalam konteks akademik dan profesional, tidak hanya untuk meningkatkan pemahaman tentang proses publikasi tetapi juga meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi serta menginspirasi sekaligus memotivasi dosen dan mahasiswa UNDIP.

Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis UNDIP, Prof. Dr. Adian Fatchur Rochim, S.T., M.T. mewakili Rektor Universitas Diponegoro berkesempatan memberikan sambutan menyatakan InsyaaAllaah tahun ini UNDIP akan membuat/ menampilkan semacam showcase tentang hasil – hasil penelitian khususnya dari civitas academica UNDIP.

“Selama ini kita melihat hasil – hasil riset UNDIP diantaranya di scopus, google scholar dan sebagainya yang tercampur dengan hasil – hasil penelitian dari luar UNDIP. Dengan demikian harapannya untuk rencana aplikasi ini dapat mengumpulkan hasil – hasil riset dari civitas academica UNDIP sendiri yang terkoneksi dengan masing – masing program studi” ucap Prof Adian.

Acara pelatihan yang dimoderatori oleh Handoko Bagaskara selaku Licensing Manager at Springer Nature Indonesia memberikan sekilas gambaran pengenalan platform jurnal Springer Nature.

Selanjutnya saat sesi penyampaian materi dari Mabel Tang yang memaparkan tentang bagaimana menulis artikel dengan baik, penerbitan jurnal, dan penerbitan buku. Mabel Tang juga mengupas tuntas mulai dari bagaimana menulis judul artikel yang bisa menarik pembaca, menulis abstrak yang lengkap dan tepat, serta bagaimana menulis kesimpulan. (DHW – Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News