Fakultas Teknik adalah fakultas terbesar di Universitas Diponegoro. Terdapat fasilitas laboraturium jurusan / program studi, gedung pertemuan, gedung perkuliahan serta perpustakaan.
Sejarah
Seperti sudah menjadi keharusan berputarnya jarum sejarah, berdirinya perguruan tinggi selalu melalui dinamika dan perjuangan yang berat, tak bedanya dengan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Bermula dari kristalisasi ide yang menjadi sebuah gagasan besar dari beberapa insinyur seperti Ir. Jacob Rais (Kepala Kantor Pendaftaran Tanah Semarang), dan Ir. Gunawan, Prof. Ir Soemarman (alm), Ir. Subarkah, Ir. R. Oei Djwee Hwie, Ir. R. Soenardi (alm), Ir. Lie Kok Gwan, Ir. Moeljadi, dan Ir. Tjoa Tjeng Kie, untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan tinggi teknik di kota Semarang.
- Jurusan Teknik Sipil
Jurusan Sipil merupakan jurusan yang pertama di Fakultas Teknik yang berdiri bersamaan dengan berdirinya Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, dengan Ketua Jurusan merangkap Dekan Fakultas Teknik pertama Prof. Ir. Soemarman. Jurusan Teknik Sipil terakreditasi A melalui SK BAN Perguruan Tinggi No. 021/BAN-PT/Ak-VII/S1/VI/2004. Pada tahun 1997 Jurusan Teknik Sipil melahirkan Program Magister Teknik Sipil (S2, dan pada bulan Juni 2004 ikut membidani dibukanya Program Doktor Teknik Sipil (S3).
- Jurusan Arsitektur
Pada tahun 1962 dibuka Jurusan Teknik Arsitektur dengan Ketua Jurusan pertama dijabat oleh Ir. Sidharta (Prof. Ir. Sidharta (alm), yang telah pensiun). Jurusan Arsitektur terakreditasi A melalui SK BAN-PT No. 028/BAN-PT/Ak-X/S1/XI/2007 pada tanggal 26-Nopember-2007. Jurusan Arsitektur juga menginisiasi dibukanya Program Magister Teknik Arsitektur (S2) pada tahun 1998, dan bersama-sama Jurusan Pengembangan Wilayah dan Kota pada tahun 2004 juga mendirikan Program Doktor Teknik Arsitektur dan Perkotaan (PDTAP).
- Jurusan Teknik Kimia
Pada tahun 1965 dibuka Jurusan Teknik Kimia dengan Ketua Jurusan pertama dijabat oleh Ir. Nisyamhuri (sudah pensiun). Pada tanggal 12 September 2003 Jurusan Teknik Kimia telah terakreditasi A melalui SK BAN-PT No. 029/BAN-PT/Ak-XI/S1/XI/2008. Pada tahun 2005 juga membuka Program Magister Teknik Kimia (S2).
- Jurusan Matematika
Pada tahun 1969 Fakultas Teknik membuka Jurusan Matematika. Setelah mapan dan menghasilkan banyak lulusan sarjana, maka mulai tahun 1988 Jurusan Matematika tidak lagi bernaung dibawah Fakultas Teknik, dan memisahkan diri menjadi satu Jurusan di Badan Pengelola MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) yang sekarang menjadi Fakultas MIPA.
- Jurusan Teknik Mesin
Program studi Teknik Mesin dibuka pada tahun 1983 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Undip, kemudian disusul dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No 43/DIKTI/KEP/1984 tanggal 21 Agustus 1984, dengan Ketua Program Studi pertama adalah Ir. Slamet Waluyo (almarhum). Program Studi Teknik Mesin menjadi Jurusan Teknik Mesin dengan SK Dirjen DIKTI. No.78/DIKTI/Kep/1998. Jurusan Teknik Mesin pada tanggal 23 Mei 2009 telah mendapatkan akreditasi A melalui SK BAN-PT No. 010/BAN-PT/Ak-VII/S1/XI/2009. Pada tahun 2007 ini Jurusan Teknik Mesin telah membuka Program Magister Teknik Mesin (S2).
- Jurusan Teknik Elektro
Berdasarkan keputusan Rektor pada tahun 1983 dibuka Program Studi Teknik Elektro dan ditetapkan melalui keputusan Dirjen Dikti No.47/DIKTI/Kep/1986 tanggal 26 September 1986, dengan Ketua Program Studi pertama adalah Ir. Adi Wardoyo (PLN-Jawa Tengah). Program Studi Teknik Elektro menjadi Jurusan Teknik Elektro, dengan SK Dirjen DIKTI No.82/DIKTI/KEP/1999. Jurusan Teknik Elektro terakreditasi A melalui SK BAN-PT No. 029/BAN-PT/Ak-XI/S1/XI/2008 pada tanggal 13 November 2008.
- Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota
Program Studi Teknik Perencanaan Wiliyah dan Kota dibuka pada tahun 1992 dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No.43/DIKTI/Kep/1992 tanggal 18 Maret 1992. Ketua Program Studi pertama adalah Dr.Ir.Soegiono Soetomo, DEA (sekarang Prof. Dr.Ir. Soegiono Soetomo, DEA). Program studi ini berganti menjadi Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, dengan SK Dirjen DIKTI N. 79/DIKTI/Kep/1999. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota terakreditasi A melalui SK BAN-PT No. 033/BAN-PT/Ak-X/S1/I/2008 pada tanggal 18 Januari 2008. Jurusan ini mengembangkan program Magister Teknik Pembangunan Kota (MTPK) pada tahun 1999. Pada tahun 2006 dikembangkan lagi program S2 Sistem Modular Magister Perencanaan Wilayah dan Kota bekerjasama dengan Departemen Pekerjaan Umum.
- Program Studi Teknik Industri
Mulai tahun 1998 dibuka Program Studi Teknik Industri yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No.51/DIKTI/KEP/1998 TANGAL 23 Pebruari 1998. Ketua Program Studi Teknik Industri pertama adalah Ir. R.M. Haryo Santoso, MM. Jurusan Teknik Industri terakreditasi B melalui SK BAN-PT No. 011/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2007 pada tanggal 26 Mei 2007.
- Program Studi Teknik Lingkungan
Mulai tahun ajaran 1999/2000 Program Studi Teknik Lingkungan menerima mahasiswa baru. Program Studi Teknik Lingkungan secara resmi dibuka tahun 1999 dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No.377/DIKTI/KEP/1998 tanggal 21 Oktober 1998, dengan Ketua Program Studi pertama adalah: Ir. H. Nasrullah, MS. Jurusan Teknik Lingkungan baru saja terakreditasi B melalui SK BAN-PT No. 018/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2007 tanggal 18 Agustus 2007.
- Program Studi Teknik Perkapalan
Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 3206/D/T/2002 tanggal 28 Oktober 2002, pada tahun akademik 2003/2004 dibuka Program Studi Stata-1 Teknik Perkapalan dengan Ketua Program Studi Pertama : Ir. H. Sukanto Jatmiko.
- Program Studi Teknik Geologi
Berdasarkan surat ijin Dirjen Dikti No. 3024/D/T 2004 tanggal 4 Agustus 2004, pada tahun akademi 2004/2005 dibuka program studi S1 Teknik Geologi dengan Ketua Program Studi Pertama : Ir. Dwiyanto J.S.MS
- Program Studi Teknik Geodesi
Berdasarkan surat ijin Dirjen Dikti No. 3774/D/T/2004 tanggal 15 September 2004 pada tahun akademi 2005/2006 dibuka Program Studi S1 Geodesi dengan Ketua Program Studi Pertama : Ir. Bambang Sudarsono, MS.
- Program Studi Teknik Sistem Komputer
Berdasarkan surat ijin Dirjen Dikti No. 2782/D/T/2008 tanggal 20 Agustus 2008, pada tahun akademik 2008/2009 dibuka Program Studi S1 Sistem Komputer dengan Ketua Program Studi pertama adalah Dr. Ir. Hermawan, DEA.
- Program Diploma III
Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0312/0/1991 tanggal 6 Juni 1991 tentang Penutupan dan Pengintegrasian Fakultas Non Gelar dalam lingkungan Universitas dan Institut, maka pada tahun akademik 1992/1993 dilaksanakan pengintegrasian Program Diploma III Teknik dengan Fakultas Teknik. Disamping program diploma tersebut sejak tahun 1976 juga dikembangkan Program Diploma-III dan Diploma-IV bekerjasama dengan Departemen Pekerjaan Umum, dan Program Lintas Jalur dimulai tahun 1981, serta Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota reguler, dan Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota Sistem Modular pada tahun 2006.
Visi
Menjadi Fakultas yang Unggul di Tingkat Internasional Berbasis Riset pada Tahun 2024
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam bidang kerekayasaan dan teknologi
- Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan publikasi, hak kekayaan intelentual, buku, kebijakan, kerekayasaan dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dapat menghasilkan publikasi, hak kekayaan intelektual, buku, kebijakan, kerekayasaan dan teknologi yang berhasil guna dan berdaya guna dengan mengedepankna budaya dan sumber daya lokal
- Menyelenggarakan tata kelola pendidikan tinggi yang effisen, akuntabel, transparan, partisipatif dan berkeadilan
Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Fakultas Teknik UNDIP mewajibkan dosen melakukan penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian dengan melibatkan mahasiswa, baik program S1, S2 maupun S3 untuk meningkatankan kualitas dan kuantitas publikasi baik tingkat internasional maupun nasional. Fakultas Teknik Undip melalui koordinasi Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) juga meluncurkan program hibah penelitian yang didanai oleh Fakultas. Ada tiga kategori penelitian yang diadakan yaitu penelitian strategis, penelitian unggulan dan penelitian inovatif selain hibah-hibah penelitian yang bisa didapatkan dari lembagalembaga lain seperti DP2M Ditjen Dikti, Menristek, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, dan institusi lainnya. Luaran dari kegiatan tersebut telah mendongkrak Fakultas Teknik sebagai penyumbang terbesar luaran riset UNDIP, baik publikasi internasional dan nasional bereputasi, prototipe, buku, maupun alat, model/desain yang siap diterapkan di industri/masyarakat. Jumlah dana penelitian tiap tahun meningkat dan hasil dari penelitian terus dikembangkan untuk diambil manfaatnya secara luas. Pimpinan melalui UPPM Fakultas Teknik meluncurkan program pengabdian kepada masyarakat untuk dilaksanakan pada setiap departemen dengan berbasis riset. Artinya bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan baik pada industri, usaha mikro dan kecil menengah (UMKM), institusi, maupun kelompok masyarakat, merupakan bentuk hilirisasi hasil riset yang sudah teruji/ proven. Disamping itu, semua bentuk kegiatan pengabdian melibatkan komponen civitas akademika terutama dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, baik secara mono atau multi disiplin.
Teknik Sipil
Program Studi S1 Teknik Sipil Universitas Diponegoro memiliki peringkat akreditasi UNGGUL. S1 Teknik Sipil juga terakreditasi IABEE .
Profil Profesional Mandiri / Profil Lulusan PSTS Tahun 2023
Profil yang digunakan oleh PSSTS telah direvisi dan saat ini mengikuti profil yang ditetapkan oleh Undip, yaitu COMPLETE (Communicator, Professional, Leader, Entepreneur, Thinker, Educatior).
Dalam rapat yang diadakan pada bulan September 2023, Badan Penasehat Pendidikan Teknik Sipil (BPP-TS) FT Undip (Advisory Board) menyarankan untuk menambahkan core value berintegritas dan terpercaya, serta sesuai dengan core value BUMN (AKHLAK) dan core value ASN (BerAKHLAK).
Berdasarkan profil Undip dan masukan dari Advisory Board, maka profil lulusan PSSTS adalah sebagai berikut.
Profil 1: Lulusan yang mampu bekerja secara profesional, menjunjung tinggi etika dan berintegritas.
Profil 2: Lulusan yang memiliki kualitas sebagai seorang pemimpin, tanggap terhadap lingkungannya, proaktif, terpercaya, berorientasi melayani dan transparan/akuntable.
Profil 3: Lulusan yang mampu berpikir kritis, sanggup untuk belajar sepanjang hayat dan mampu berperan sebagai agen perubahan.
Profil 4: Lulusan yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara lisan mapun tulisan, memiliki etos kerja yang tinggi, inovatif, mandiri dan adaptif.
Capaian Pembelajaran Lulusan Kurikulum 2020 (Revisi)
- Mampu menguasai konsep teoritis Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan dasar-dasar keteknikan, dan menerapkannya pada bidang ketekniksipilan
- Mampu melakukan perencanaan dan perancangan bangunan Teknik Sipil secara komprehensif dalam batas-batas yang realistis
- Mampu menguasai pengetahuan akan pelaksanaan, manajemen dan evaluasi pekerjaan dalam bidang Teknik Sipil
- Mampu melaksanakan eksperimen di laboratorium dan/atau lapangan, serta melakukan analisis hasil eksperimen
- Mampu memecahkan permasalahan bidang Teknik Sipil yang kompleks dan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data
- Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi tugas sesuai dengan batasan-batasan yang diberikan
- Mampu mengimplementasikan metode, keterampilan, piranti lunak dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Sipil
- Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan secara efektif
- Mampu bekerja dalam kelompok lintas disiplin dan lintas budaya
- Mampu bertanggung jawab, berlaku jujur dan menjunjung etika dalam melaksanakan pekerjaan
- Mampu melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat dengan mengakses isu-isu terkini yang relevan dalam bidang ketekniksipilan
- Mampu menerapkan kaidah-kaidah ketekniksipilan dalam mendukung dan mewujudkan Pengembangan Wilayah Pantai.
Capaian pembelajaran lulusan didistribusikan pada mata kuliah yang tersusun dalam struktur kurikulum, sehingga kelulusan setiap mata kuliah akan mendekatkan mahasiswa mencapai Capaian Pembelajaran Lulusan dan Profil Lulusan yang ditetapkan.
Arsitektur
S1 Arsitektur terakreditasi Unggul. S1 Arsitektur juga terakreditasi ASIIN.
Kompetensi Lulusan
- Menguasai kemampuan untuk menciptakan produk arsitektur sesuai kaidah
keteknisan untuk memperbaiki kualitas hidup dan menjaga kelestarian lingkungan - Memahami hubungan manusia dengan sesama manusia, kearifan lokal, pusaka dunia,
lingkungan (local wisdom, inclusive design, green building and tourism) - Memahami kebutuhan dan perilaku pengguna produk arsitektur
terutama kaum disabilitas, anak dan lansia - Membuat inovasi untuk menjawab kebutuhan dan persyaratan desain arsitektur
Teknik Kimia
S1 Teknik Kimia terakreditasi Unggul. S1 Teknik Kimia juga terakreditasi IABEE.
Capaian Pembelajaran Lulusan
- Mampu menerapkan matematika, sains alam, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah melalui reaksi kimia.
- Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada proses, system pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa
- Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa pada proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah.
- Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada proses, sistem pemrosesanr dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration)
- Mampu merancang proses, sistem pemrosesan, dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan
- Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa di bidang proses, sistem pemrosesan, peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah
- Mampu untuk berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan
- Mampu untuk merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada
- Mampu bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya
- Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Memiliki pemahaman tentang tanggung jawab profesi dan etika
- Memiliki kemampuan untuk belajar sepanjang hayat
Teknik Mesin
Program Studi S1 Teknik Mesin memiliki peringkat akreditasi UNGGUL. S1 Teknik Mesin juga terakreditasi IABEE .
Teknik Elektro
Program Studi S1 Teknik Elektro memiliki peringkat akreditasi UNGGUL. S1 Teknik Elektro juga terakreditasi IABEE .
Capaian Pembelajaran Lulusan
Karakteristik Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) PSSTE Undip adalah system improver, system implementator dan thinker dan diturunkan menjadi CPL PSSTE Undip :
- Memiliki pengetahuan sains dan matematika, komputasi dan komputer untuk menganalisis dan merancang divais atau sistem kompleks serta mampu menerapkannya untuk memecahkan masalah rekayasa dengan prinsip-prinsip keteknikan.
- Memiliki kemampuan melakukan perancangan, penerapan dan verifikasi komponen, proses atau sistem yang sesuai dengan bidang keahlian untuk memenuhi spesifikasi atau kebutuhan yang diinginkan serta mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti: ekonomi, lingkungan, sosial, kesehatan, keselamatan dan keberlanjutan dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan nasional.
- Memiliki keahlian dalam merancang dan eksplorasi percobaan di laboratorium maupun di lapangan serta menganalisis hasilnya guna memperkuat penilaian.
- Memiliki pengetahuan yang memadahi dalam mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis serta menyelesaikan masalah atau memberikan penyelesaian alternatif dalam bidang teknik elektro atau bidang keahliannya.
- Memiliki keterampilan yang baik dalam menggunakan metode maupun sarana dan peralatan modern yang dibutuhkan dalam keteknikan khususnya bidang Teknik elektro.
- Mampu berkomunikasi secara efektif dalam menyampaikan gagasan baik lisan maupun tulisan.
- Memiliki kompetensi dalam perencanaan, penyelesaian dan evaluasi tugas dan pekerjaan secara terukur dan sistematis dengan merujuk batasan-batasan yang ada.
- Mampu berkerja sama dan berkontribusi secara efektif dalam tim multi-disiplin maupun multi-kultural.
- Mempunyai kemampuan bertanggung jawab secara mandiri atas pekerjaannya dan menunjukkan ketaatan terhadap etika profesi dalam setiap permasalahan keteknikan.
- Memiliki pemahaman yang mendalam mengenai pentingnya pembelajaran seumur hidup melalui berbagai cara, termasuk mengikuti perkembangan pengetahuan terbaru dan terkini.
Profil Profesional Mandiri
Profil Profesional Mandiri (PPM) Program Studi Sarjana Teknik Elektro Undip sebagai berikut:
- Mampu menganalisis dan memecahkan berbagai masalah dalam bidang teknik elektro dengan prinsip kerekayasaan.
- Taat terhadap kode etik profesi dan berperilaku yang akuntabel secara profesional.
- Memiliki karakter pembelajar seumur hidup melalui berbagai cara termasuk pendidikan pascasarjana, penelitian, pelatihan profesional, pelatihan di tempat kerja, dan pengembangan karir.
- Mampu berkontribusi secara efektif dalam tim dan memiliki jiwa kepemimpinan dalam karir professional.
Perencanaan Wilayah dan Kota
Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota telah terakreditasi Unggul.
Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota memiliki Kelas Reguler dan Kelas IUP (International Under Graduate Programme).
Profil Lulusan
- Perencana, yang mampu menyusun dokumen rencana wilayah dan kota sesuai dengan proses, prosedur dan pendekatan yang dipilih
- Perumus kebijakan, yang mampu merumuskan alternatif usulan kebijakan sebagai tindak lanjut dari perencanaan;
- Penyusun program implementasi, yang mampu menerjemahkan kebijakan ke dalam program pembangunan dan rencana tindak;
- Penilai pelaksanaan program, yang mampu menilai pelaksanaan program sesuai dengan prinsip sosial, ekonomi, lingkungan, dan kelembagaan;
- Penilai rencana, kebijakan dan program, yang mampu melakukan evaluasi ex-post dan ex-ante terhadap rencana, kebijakan dan program pembangunan.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Pengetahuan dan Kompetensi Dasar
1. Mampu memahami secara utuh mengenai prinsip-prinsip perencanaan wilayah dan kota;
Kompetensi Ketrampilah dan Kecerdasan
2. Mampu memahami dan menguasai secara utuh proses perencanaann dan perancangan;
3. Mampu memahami dan menguasai teori substansi perencanaan dan perancangan;
Kompetensi Ketrampilan Manajerial dan Praktek
4. Mampu menggunakan dan melakukan manajemen data, menerapkan metode dan melakukan analisis dalam perencanaan dan perancangan;
5. Mampu memformulasikan rencana dan rancangan dalam kerja kelompok;
6. Mampu memilih pendekatan yang tepat dalam konteks kedinamisan perencanaan wilayah dan kota;
Kompetensi Sikap
7. Mampu menerapkan norma dan nilai dalam implementasi perencanaan wilayah dan kota.
Teknik Industri
Program Studi S1 Teknik Industri terakreditasi Unggul.
Profil Lulusan Program Studi
Profil Lulusan Program Studi S1 Teknik Industri tidak mengalami perubahan secara signifikan sejak ditetapkan pada tahun 2014. Masukan terakhir pada tahun 2022 menunjukkan profil lulusan Program Studi S1 Teknik Industri masih relevan dengan perkembangan zaman.
Profil Lulusan Program Studi S1 Teknik Industri Universitas Diponegoro adalah sebagai berikut:
- System Improver: Sarjana Teknik Industri yang mampu, di dalam suatu tim baik menjadi anggota maupun pemimpin pada manajemen tingkat awal, secara efektif menggunakan metode dalam disiplin teknik industri untuk melakukan perancangan dan perbaikan proses dan sistem pada organisasi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas keluaran organisasi tersebut
- System Implementor: Sarjana Teknik Industri yang mampu, di dalam suatu tim baik menjadi anggota maupun pemimpin pada manajemen tingkat awal, secara terampil melakukan pemasangan (installation) proses dan sistem yang dirancang dan diperbaiki pada organisasi
- Thinker: Sarjana Teknik Industri yang mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan diri secara terus-menerus
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi S1 Teknik Industri Universitas Diponegoro adalah sebagai berikut:
- Capaian A (CPL A): Mampu menyelesaikan masalah rekayasa kompleks di bidang teknik industri dengan menerapkan prinsip rekayasa, matematika dan sains
- Capaian B (CPL B): Mampu menerapkan model, kerangka kerja, metode dan perangkat rekayasa serta teknologi terkini yang diperlukan dalam tugas di bidang teknik industri
- Capaian C (CPL C): Mampu merancang sistem terintegrasi dengan memenuhi standar yang berlaku, mempertimbangkan beragam kepentingan stakeholders dan memperhatikan berbagai kendala dan potensi sumber daya yang ada dalam perspektif global
- Capaian D (CPL D): Mampu mengembangkan dan menjalankan rancangan percobaan beserta analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk mendukung penyelesaian masalah di bidang teknik industri
- Capaian E (CPL E): Mampu melakukan komunikasi baik secara tertulis maupun lisan yang efektif
- Capaian F (CPL F): Mampu bekerja dalam kelompok secara efektif, inklusif, kolaboratif untuk merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas keteknikindustrian dalam pembatas tertentu
- Capaian G (CPL G): Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etikal keprofesian ketika menyelesaikan masalah di bidang teknik industri
- Capaian H (CPL H): Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup
Teknik Lingkungan
Program Studi S1 Teknik Lingkungan terakreditasi A.
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Sarjana
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) adalah kompetensi Lulusan Program Sarjana Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro tepat pada saat mahasiswa lulus. Capaian Pembelajaran Lulusan Program sarjana Teknik Lingkungan terdiri dari Sembilan CPL, sebagaimana berikut:
No | Kode | Capaian Pembelajaran Lulusan |
1 | CPL A | Memiliki karakter yang baik dalam kehidupan beragama dan berkebangsaan serta memiliki sikap yang beretika, bermoral, bersosial dan berintegritas. |
2 | CPL B | Menguasai kemampuan dasar matematik, sains, teknologi informasi yang diterapkan dalam bidang keteknikan. |
3 | CPL C | Mampu merancang riset skala laboratorium maupun lapangan yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa pengelolaan lingkungan. |
4 | CPL D | Mampu merancang komponen, proses dan sistem di bidang teknik lingkungan yang mempertimbangkan aspek hukum, ekonomi, sosial, politik, etika, kesehatan dan keselamatan, serta keberlanjutan dalam tataran lokal dan global. |
5 | CPL E | Mampu merencanakan, mengkoordinasi dan mengevaluasi detail pekerjaan secara individu maupun dalam kerja tim. |
6 | CPL F | Mampu berkomunikasi secara efektif dalam sikap dan tulisan. |
7 | CPL G | Mampu menerapakan ilmu pengetahuan di masyarakat dengan penuh tanggung jawab dan beretika secara profesional. |
8 | CPL H | Memiliki pemahaman akan pembelajaran berkelanjutan, jiwa kewirausahaan serta wawasan kontemporer. |
9 | CPL I | Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menerapkan metode, skill, dan ilmu yang mutakhir dalam bidang kerja teknik lingkungan. |
Profil Profesional Mandiri Program Sarjana
Profil Profesional Mandiri (PPM) Program Sarjana Teknik Lingkungan merupakan pernyataan yang menggambarkan apa yang diharapkan akan dicapai oleh lulusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro setidaknya setelah limat tahun mahasiswa lulus.
Profil Profesional Mandiri Program Sarjana Teknik Lingkungan dinyatakan sebagai berikut.
- Menjadi individu yang bermoral, beretika, memiliki karakter kepemimpinan serta mampu berkomunikasi dengan baik
- Menjadi individu professional yang dapat mempraktekkan prinsip-prinsip dan pendekatan Teknik Lingkungan di bidang kerjanya
- Menjadi individu yang memiliki motivasi untuk berkembang dan selalu mengembangkan kemampuan diri sesuai profesinya sepanjang hayat.
Teknik Perkapalan
Program Studi S1 Teknik Perkapalan terakreditasi A.
Program Studi S1 Teknik Perkapalan juga sudah terakreditasi IABEE.
Capaian Pembelajaran Lulusan
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar matematika, dan ilmu pengetahuan alam (MIPA)
- Mampu mengaplikaslkan teknologl dasar keteknikan.
- Mampu menerapkan pengetahuan konsep perancangan arsitektur bangunan kapal sebagai struktur apung dan dinamis.
- Mampu menerapkan pengetahuan konsep sistem dan permesinan kapal yang mendukung operasional kapal.
- Mampu menerapkan pengetahuan hidrodinamika meliputi fluida statis dan dinamis, mulai dari dasar hingga tingkat lanjut, yang berkaitan dengan bangunan apung (kapal)
- Mampu menerapkan pengetahuan tentang struktur kapal yang melibatkan aspek material, pembebanan statis dan dinamis, serta kekuatan, mulai dari dasar hingga tingkat lanjut
- Mampu menerapkan pengetahuan teknologi produksi, perawatan, dan perbaikan kapal dengan memperhatikan aspek rekayasa manufaktur, sifat material, sumberdaya, dan keekonomian
- Mampu menerapkan pengetahuan konsep pengembangan wilayah pesisir dan industri kapal perikanan yang berkelanjutan.
- Memiliki etika profesional yang peduli, bertanggung jawab, dan patuh terhadap regulasi, baik dalam lingkup pekerjaan individu maupun dalam kerja tim
- Memiliki personal branding yang kompetitif, kreatif, komunikatif, memiliki keterampilan manajerial, mampu meyakinkan orang, dan memiliki wawasan kewirausahaan.
- Memiliki kemampuan intelektual yang unggul, termasuk kemampuan investigasi, berpikir kritis, dan kemampuan untuk mengabstraksi suatu persoalan.
- Mempunyai tingkat adaptasi tinggi, didukung kemauan belajar sepanjang hayat, rasa ingin tahu, dan kemampuan literasi informasi yang baik.
- Terampil dalam literasi digital, mampu mengoperasikan perangkat lunak dan keras modern, dan mengaplikasikannya dalam penyelesaian berbagai permasalahan umum, rekayasa dan bidang perkapalan.
- Mampu menyelesaikan permasalahan kompleks yang merepresentasikan kondisi nyata dengan memperhatikan unsur-unsur seperti tujuan, limitasi, dan multidisiplin, baik dalam bentuk tugas maupun penelitian.
Teknik Geologi
Program Studi S1 Teknik Geologi terakreditasi UNGGUL.
Program Studi S1 Teknik Geologi juga terakreditasi IABEE .
Profil Lulusan
1. | Sarjana Teknik Geologi yang mampu menunjukkan kemampuannya sebagai seorang pemimpin (leader), yang mampu berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis, dan memahami inovasi dalam bidangnya serta mengetahui isu-isu kontemporer sehingga mempunyai wawasan yang luas. |
2. | Sarjana Teknik Geologi yang mempunyai kemampuan dalam penguasaan ilmu-ilmu dasar teknik geologi, serta mampu mengkomunikasikan hasil analisisnya kepada orang lain (user). |
3. | Sarjana Teknik Geologi yang mampu mengaplikasikan ilmu – ilmu dasar teknik geologi, mampu merumuskan permasalahan teknik geologi, serta mempunyai kemampuan sebagai pendidik profesional, berpandangan luas pada isu-isu bidang |
4. | Sarjana Teknik Geologi yang mampu merumuskan, menganalisis, mengkaji permasalahan dalam riset bidang sains dan teknologi geologi secara professional sehingga dapat memperoleh solusi terkait perbaikan proses dan permasalahan pada bidang geologi. |
5. | Sarjana Teknik Geologi yang mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam bidang teknik geologi dan mampu mengkomunikasikan kemampuan dan menjadi wirausaha yang terkait dengan komoditi ataupun peralatan ekstraksi, mitigasi, dan konservasi sumberdaya geologi. |
6. | Sarjana Teknik Geologi yang mempunyai kemampuan untuk menjadi perencana dan pelaksana di industri bidang eksplorasi-produksi/ekstraksi, dan mitigasi serta konservasi sumberdaya geologi. |
Capaian Pembelajaran Lulusan
CPL1 | Mampu menerapkan prinsip matematika, sains dasar, dan informasi untuk mendapatkan pemahaman mengenai teknik geologi |
CPL2 | Mampu mengidentifikasi, menganalisis, menyelesaikan, dan mengevaluasi berbagai macam permasalahan di bidang teknik geologi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
CPL3 | Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang teknik geologi sesuai dengan pekembangan zaman dan teknologi yang berwawasan global |
CPL4 | Mampu bekerja secara mandiri dan bekerja sama dalam suatu kelompok serta adaptif terhadap kondisi lingkungan |
CPL5 | Mampu menggunakan teknik, keterampilan, dan perangkat keteknikan modern dalam praktek rekayasa di bidang teknik geologi |
CPL6 | Mampu bekerja secara profesional sesuai kompetensinya serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki ke dalam dunia kerja |
CPL7 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan yang dapat dipertanggungjawabkan di bidang teknik geologi |
CPL8 | Mampu mematuhi etika profesi, serta mengutamakan keselamatan, kesehatan, kesejahteraan masyarakat dan lingkungan |
CPL9 | Mampu memiliki keterampilan kepemimpinan, manajemen, bisnis, kebijakan publik, serta berupaya untuk mendapatkan sertifikasi profesional |
CPL10 | Mampu memiliki keterampilan dan jiwa wirausaha serta semangat dalam menjalankan usaha |
Profil Profesional Mandiri
Profil profesional mandiri (PPM) PSTGL Undip merupakan cerminan pencapaian kualitas yang diharapkan dari lulusan setelah berkarir dalam profesinya selama 3 (tiga) – 5 (lima) tahun yaitu :
- Menjadi Insinyur Teknik Geologi yang mampu mempraktekkan prinsip-prinsip dan pendekatan berbasis Teknik Geologi serta menjunjung tinggi keselamatan, kelestarian lingkungan dan etika profesi, (pengetahuan)
- Menjadi individu yang efektif dan tangguh dengan karakter kepemimpinan di dunia kerjanya, (keterampilan)
- Menjadi individu yang mampu berkembang secara mandiri, disiplin, dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di dalam bidang rekayasa, sains, bisnis, maupun bidang-bidang studi yang lainnya, memperoleh sertifikasi atau pelatihan profesi, dan secara aktif terlibat dalam kegiatan pengembangan profesi dalam pekerjaannya. (sikap)
Teknik Geodesi
Program Studi S1 Teknik Geodesi terakreditasi Unggul.
Program Studi S1 Teknik Geodesi juga terakreditasi IABEE.
Capaian Pembelajaran Lulusan
Berikut Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang nantinya dapat membentuk para mahasiswa yang setelah lulus jenjang S1 Program Studi Teknik Geodesi FT UNDIP
- Memiliki karakter dan sikap toleransi keagamaan dan kepercayaan, dan kebangsaan serta memiliki sikap yang beretika, bermoral, bersosial dan berintegritas
- Mampu menguasai kemampuan dasar matematik, sains, teknologi informasi yang diterapkan dalam bidang keteknikan
- Mampu menerapkan metode, keterampilan dan teknologi survei pemetaan tepat guna.
- Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan dan isu-isu kekinian dalam bidang geodesi dan geomatika.
- Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian dan pekerjaan geodesi dan geomatika di laboratorium dan lapangan termasuk proses analisis dan interpretasi data.
- Mampu merancang komponen, proses dan sistem di bidang teknik geodesi dan geomatika yang mempertimbangkan aspek hukum, ekonomi, sosial, politik, etika, kesehatan dan keselamatan, serta keberlanjutan dalam tataran lokal dan global.
- Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
- Mampu merencanakan, mengkoordinasi dan mengevaluasi detail pekerjaan secara individu maupun dalam kerja tim lintas disiplin dan budaya
- Memiliki pemahaman akan pembelajaran berkelanjutan, jiwa kewirausahaan serta wawasan kontemporer
Profil Profesional Mandiri
Profil Profesional Mandiri yang diharapkan ada dalam setiap lulusan Program Studi S1 Teknik Geodesi UNDIP adalah PRECISE. Lulusan PSTG yang P R E C I S E bercirikan sebagai berikut:
- Problem Solver
Mampu mengidentifikasi masalah, menguraikan masalah, dan memecahkan masalah dalam pekerjaan bidang teknik geodesi secara komprehensif
- Responsible
Mampu melaksanakan pekerjaan bidang teknik geodesi sesuai spesifikasi teknis dan kaidah yang berlaku, serta memiliki rasa tanggung jawab secara professional, legal, moral, dan spiritual.
- Entrepreneur
Mampu menciptakan lapangan kerja baru dan mengembangkan karir di bidang teknik geodesi.
- Collaborative
Mampu menjalin kerjasama dengan akademisi dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu dengan berbagai latar belakang sosial, kultural, dan multinasional dalam mengembangkan potensi lokal.
- Innovative
Mampu mengembangkan kinerja peralatan dan sumberdaya manusia bidang teknik geodesi untuk efisiensi waktu dan peningkatan keuntungan.
- Skillful
Mampu mengoperasikan peralatan-peralatan bidang teknik geodesi secara efektif dan efisien untuk menghasilkan produk data dan informasi geospasial yang akurat.
- Educator
Mampu mengembangkan kemampuan akademis dan melakukan transfer ilmu pengetahuan
Teknik Komputer
Program Studi S1 Teknik Komputer terakreditasi Baik Sekali oleh Lam Infokom.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
- Mampu menerapkan pengetahuan matematis, ilmu alam, dan teknologi informasi untuk memperoleh pemahaman komprehensif dalam prinsip rekayasa komputer.
- Mampu melakukan perancangan komponen, sistem dan proses untuk memenuhi kebutuhan dalam batasan ekonomi, lingkungan, sosial, kesehatan, keselamatan dan keberlanjutan serta mampu memanfaatkan potensi sumber daya lokal maupun nasional dalam perspektif global.
- Mampu untuk mendesain dan melakukan riset baik di laboratorium maupun di lapangan termasuk menganalisis dan menginterpretasi data untuk memperkuat penilaian dalam proses rekayasa.
- Mampu untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan di bidang teknik komputer.
- Memiliki keterampilan yang baik dalam menerapkan metode dan menggunakan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan rekayasa di bidang teknik komputer.
- Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik sesuai kaidah akademik, serta mengkomunikasikan kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
- Memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan, penyelesaian dan evaluasi tugas dalam suatu pekerjaan dengan memperhatikan batasan-batasan yang ada.
- Mampu bekerjasama secara efektif baik sebagai anggota maupun pemimpin dalam tim kerja lintas disiplin ilmu dan budaya.
- Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat termasuk beradaptasi terhadap perkembangan dan inovasi baru teknologi informasi yang cepat serta mampu menjadi agen perubahan serta memiliki rasa tanggung jawab dan etika profesi yang baik.
- Mampu mengidentifikasi kebutuhan untuk menjadi seorang wirausaha di bidang teknik komputer.
Profil Profesional Mandiri (PPM)
- Lulusan yang mampu menerapkan prinsip kerekayasaan dalam memecahkan masalah di bidang teknik komputer.
- Profesional maupun wirausahawan yang mampu berkomunikasi dan bekerjasama secara efektif, berjiwa kepemimpinan, bertanggung jawab dan memiliki etika profesi yang baik.
- Individu yang memiliki semangat untuk mengembangkan diri dengan pembelajaran sepanjang hayat dan mampu menjadi agen perubahan.
Teknik Sipil
Program Studi Magister Teknik Sipil terakreditasi Unggul.
Arsitektur
Program Studi Magister Arsitektur terakreditasi A.
Program Studi Magister Arsitektur juga terakreditasi ASIIN.
Teknik Kimia
Program Studi Magister Teknik Kimia terakreditasi A.
Teknik Mesin
Program Studi Magister Teknik Mesin terakreditasi A.
Teknik Elektro
Perencanaan Wilayah dan Kota
Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota terakreditasi Unggul.
Program Studi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota juga terakreditasi ASIIN.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
CPL.1 | Berperan dalam penerapan ilmu pengetahuan secara bertanggung-jawab dan profesional. |
CPL.2 | Menguasai prinsip dan teori proses pembangunan wilayah dan kota baik dari perspektif multi maupun interdisipliner. |
CPL.3 | Mampu menerapkan metode dan pendekatan tata wilayah dan kota, dalam aspek keruangan dan ekonomi, lingkungan fisik dan infrastruktur. |
CPL.4 | Mampu merumuskan rencana, program, strategi, kebijakan dan rekomendasi wilayah dan kota dalam menjawab permasalahan wilayah dan kota, dari aspek pemerintahan, keruangan dan ekonomi dan fisik lingkungan dan infrastruktur. |
CPL.5 | Mampu menerapkan prinsip dan teori perencanaan wilayah dan kota dalam kegiatan evaluasi atau penelitian praktis yang menghasilkan temuan berupa pengetahuan teoritis dan praktis berdasarkan metode penelitian tertentu |
Teknik Industri
Program Studi Magister Teknik Industri terakreditasi Unggul.
Profil Lulusan
- Mampu secara efektif menggunakan metode dalam disiplin teknik industri untuk melakukan mengembangkan proses dan sistem pada organisasi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas keluaran organisasi tersebut di dalam suatu tim baik menjadi anggota maupun pemimpin pada manajemen tingkat menengah.
- Mampu secara terampil melakukan pemasangan (installation) proses dan sistem yang dikembangkan dan diperbaiki pada organisasi di dalam suatu tim baik menjadi anggota maupun pemimpin pada manajemen tingkat menengah.
- Mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan diri secara terus-menerus.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
- Mampu menyelesaikan masalah rekayasa kompleks di bidang teknik industri dengan mengkombinasikan prinsip rekayasa, matematika dan sains
- Mampu mengkombinasikan model, kerangka kerja, metode dan perangkat rekayasa serta teknologi terkini yang diperlukan dalam tugas di bidang teknik industri
- Mampu mengembangkan sistem terintegrasi dengan memenuhi standar yang berlaku, mempertimbangkan beragam kepentingan stakeholders dan memperhatikan berbagai kendala dan potensi sumber daya yang ada dalam perspektif global
- Mampu mengembangkan dan menjalankan penelitian dengan pendekatan inter dan multi disiplin serta mendapatkan pengakuan nasional maupun internasional
- Mampu melakukan komunikasi baik secara tertulis maupun lisan yang efektif
- Mampu bekerja secara efektif, inklusif, kolaboratif untuk merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas keteknikindustrian dalam pembatas tertentu
- Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etikal keprofesian ketika menyelesaikan masalah di bidang teknik industri
- Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup
Teknik Lingkungan
Program Studi Magister Teknik Lingkungan Telah Terakreditasi Unggul
Capaian Pembelajaran Lulusan
- Menjadi individu yang religius, bermoral, humanis, nasionalis, beretika, memiliki karakter kepemimpinan serta mampu berkomunikasi dengan baik
- Menjadi individu professional yang dapat mempraktekkan dan berinovasi dalam prinsip-prinsip pendekatan bidang Teknik Lingkungan
- Menjadi individu yang memiliki motivasi untuk berkembang dan selalu mengembangkan kemampuan diri sesuai profesinya sepanjang hayat.
Profil Profesional Mandiri Program Magister
Menjadi individu yang bermoral, beretika, memiliki karakter kepemimpinan serta mampu berkomunikasi secara efektif baik secara tertulis maupun lisan
Menjadi individu yang mampu mendemonstrasikan penguasaan pengetahuan di bidang teknik lingkungan, mengembangkan kemampuan kerja secara profesional yang diperlukan untuk memecahkan masalah terkait lingkungan melalui pendekatan multidisiplin
Menjadi individu yang mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan diri secara terus-menerus sesuai profesinya sepanjang hayat.
Ilmu Teknik Sipil
Program Studi Doktor Ilmu Teknik Sipil terakreditasi A.
Profil Lulusan (Graduate Profile):
Birokrat, Akademisi, dan Peneliti.
Capaian Pembelajaran Lulusan
- Mampu mengembangkan pengetahuan, dan/atau teknologi baru di dalam bidang teknik sipil atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
- Mampu memecahkan permasalahan sains, dan/atau teknologi dalam bidang teknik sipil melalui pendekatan inter, multi atau transdisipliner.
- Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
- Mampu berkomunikasi secara tertulis, visual, dan lisan/verbal dengan kolega sejawat baik di lingkungan nasional maupun internasional.
Ilmu Arsitektur dan Perkotaan
Teknik Kimia
Program Studi Doktor Teknik Kimia terakreditasi Unggul.
Teknik Mesin
Program Studi Doktor Teknik Mesin terakreditasi Unggul.
Profil Lulusan
Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan | |
1. | Pengajar / Dosen | Menjadi staf pengajar di perguruan tinggi |
2. | Peneliti | Menjadi peneliti khususnya bidang teknik mesin ataupun yang terkait |
3. | Perekayasa | Menjadi perekayasa dan professional di perusahaan yang mempekerjakan para insinyur bidang teknik mesin |
4. | Wirausahawan | Berkarir mandiri sebagai entepreneur di bidang teknik mesin atau yang terkait |
Capaian Pembelajaran Lulusan
Kode | Capaian Pembelajaran Lulusan |
Lulusan Mampu: | |
CPL1 | Menguasai filosofi keilmuan bidang ilmu Teknik Mesin sehingga terampil dalam melakukan pekerjaan analisis/komputasi/simulasi/modeling terhadap permasalahan-permasalahan yang ada, khususnya yang terkait dengan bidang Teknik Mesin |
CPL2 | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
CPL3 | Menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoretis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi; |
CPL4 | Menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat; |
CPL5 | Menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya; |
CPL6 | Memperdalam ilmu pengetahuan dan teknologi terkini di bidang Teknik Mesin melalui riset-riset original yang lebih handal. |
CPL7 | Memberikan solusi terhadap permasalahan aktual di bidang Teknik Mesin dengan menganalisis dan mengimplementasikan hasil-hasil riset yang ada, atau dengan memanfaatkan teori/metode/bahan/peralatan yang tersedia. |
CPL8 | Mengkomunikasikan dan menjelaskan hasil karyanya kepada kolega Teknik Mesin dan masyarakat umum sehingga bermanfaat secara maksimal. |
Pendidikan Profesi Insinyur Profesi terakreditasi B.
Profil Lulusan
- Peneliti/Rekayasawan
- Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan monodisipliner
- Mampu melakukan riset, rekayasa dan mengambil Keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang keahliannya dan sesuai dengan etika keinsinyuran.
- Leader
- Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi secara komprehensif kerjanya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi
- Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang keahliannya dan sesuai dengan etika keinsinyuran.
- Insinyur Profesional
- Mampu menerapkan etika keinsinyuran dalam praktek keinsinyuran dalam bidangnya Mampu menerapkan profesionalisme dalam praktek keinsinyuran dalam bidangnya Mampu menerapkan K3L / Keselamatan, Kesehatan Keamanan Kerja dan Lingkungan dalam praktek keinsinyuran dalam bidangnyadan sesuai dengan etika keinsinyuran.
Capaian Pembelajaran Lulusan
Sikap
- A1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- A2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,
- moral, dan etika
- A3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara,
- dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
- A4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme
- serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- A5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta
- pendapat atau temuan orisinal orang lain
- A6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- A7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- A8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- A9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- A10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
Keterampilan Umum
- PU1. Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya
- PU2. Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
- PU3. Mampu mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya
- PU4. Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat
- PU5. Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja
- PU6. Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi
- PU7. Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya
- PU8. Mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya
- PU9. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya
- PU10. Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya
- PU11. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
- PU12. Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya
- PU13. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya
Keterampilan Khusus
- PK1. Mampu melakukan praktik keinsinyuran secara professional dan beretika. (KK1)
- PK2. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan, dan menyelesaikan permasalahan di bidang keinsinyuran dengan menerapkan IPTEKS. (KK2)
- PK3. Mampu melakukan perancangan, eksperimen, termasuk analisis dan interpretasi data sesuai bidang keinsinyurannya. (KK3)
- PK4. Mampu merancang sistem, komponen, atau proses untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan permasalahan dalam batasan-batasan yang realistis berdasarkan standar-standar yang berlaku. (KK4)
- PK5. Mampu berkontribusi baik promotif maupun preventif dalam menyelesaikan
- permasalahan lingkungan fisik masyarakat. (KK5)
- PK6. Mampu membangun hubungan interpersonal dalam melakukan praktik keinsinyuran.(KK6)
Penguasaan Pengetahuan (P)
- K1. Memiliki pengetahuan terkait teori-teori, konsep-konsep, dan praktik dasar tentang etika dan kode etik profesi insinyur (P1)
- K2. Memiliki pengetahuan terkait aspek keselamatan, kesehatan, keamanan kerja dan
- lingkungan serta pengelolaan lingkungan, termasuk analisis lingkungan, proses,
- prosedur, dan praktik keamanan kerja yang efektif dalam melakukan praktek keinsinyuran dan kehidupan keseharian. (P2)
- K3. Memiliki pengetahuan IPTEKS, dan dasar-dasar komunikasi yang efektif serta mampu memahami pengetahuan dasar untuk pengembangan karakter. (P3)
- K4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berhubungan dengan bidang keinsinyuran. (P4)
- K5. Menguasai konsep umum, prinsip, dan teknik komunikasi untuk menyampaikan hasil kegiatan/pekerjaan dalam bentuk lisan maupun tulisan. (P5)