, ,

Dua Program Studi di FT UNDIP Berhasil Mendapatkan Akreditasi Unggul dari LAM Teknik

Fakultas Teknik Undip kali ini mendapatkan kabar gembira. Dua Program Studinya kini sudah mendapatkan predikat Unggul dari LAM Teknik. Dua Prodi tersebut adalah Prodi Doktoral Teknik Mesin dan Prodi Magister Teknik Sipil. Kedua Prodi tersebut mendapatkan predikat Unggul setelah di periode sebelumnya hanya mendapatkan predikat B. Capaian akreditasi ini merupakan prestasi yang cukup membanggakan bagi Fakultas Teknik, mengingat misi Fakultas Teknik untuk menjadi kampus riset unggulan di Indonesia hanya bisa dicapai dengan memberikan kualitas pendidikan yang berstandar unggul.

Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (LAM Teknik) sendiri merupakan lembaga akreditasi independen yang dijalankan oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan bertugas untuk melaksanakan proses akreditasi bagi program studi keteknikan di seluruh Indonesia. Dalam akreditasi kali ini, Prodi Doktoral Teknik Mesin berhasil mendapatkan skor 371, sedangkan Prodi Magister Teknik Sipil berhasil mendapatkan skor 375. Dengan capaian skor tersebut, kedua prodi berhak mendapatkan predikat Unggul yang berlaku hingga 20 April 2028.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, mengaku bangga dengan capaian akreditasi ini. Bagi beliau, keberhasilan Fakultas Teknik dalam menjaga tatakelola yang baik dan pengelolaan SDM yang kuat dan handal menjadi kunci utama bagi keberhasilan dua Prodi tersebut dalam meraih predikat Unggul. “Bagi kami, tatakelola menjadi backbone bagi penjaminan mutu kami. Good governance menjadi intinya, dan di belakangnya ada SDM yang kuat dan dapat diandalkan,” ucap beliau terkait keberhasilan ini.

Beliau berharap, capaian ini dapat meningkatkan penerapan tri dharma di Fakultas Teknik sehingga bisa lebih baik lagi. Selain itu, peningkatan tatakelola yang ditunjukkan dari dicapainya berbaga sertifikasi berstandar nasional maupun internasional seperti akreditasi nasional dan internasional serta sertifikasi ISO bisa menjadi pelecut bagi tiap departemen dan unit yang bekerja di bawah Fakultas Teknik untuk bisa terus meningkatkan dan mempertahankan kualitas unggul ini.

Sertifikat akreditasi dari dua prodi di atas dapat diunduh di https://tpm.ft.undip.ac.id/akreditasi/

Share this :

Category

Arsip

Related News