, ,

UNDIP Siapkan 90 Tim PKM Menuju PIMNAS Ke-36

Dalam rangka mempersiapkan unggah Laporan Kemajuan dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2), Universitas Diponegoro (Undip) melalui Biro Akademik dan Kemahasiswaan menggelar kegiatan Coaching Clinic Bagi 90 Tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) 8 Bidang yang Lolos Pendanaan Kemendikbudristek tahun 2023 pada Selasa, 03 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB bertempat di Grand Rama Shinta Hotel Patra Semarang.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Direktur Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Ketua Bidang Penelitian LPPM Undip, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Dosen Pembina dan Dosen Pendamping, serta 374 mahasiswa yang tergabung ke dalam 90 Tim PKM Undip.

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. secara resmi membuka acara. Dalam sambutannya, Prof Faisal memberikan apresiasi kepada mahasiswa karena sudah berkomitmen untuk turut aktif pada kegiatan PKM. “Saya sangat mengapresiasi seluruh pihak yang sudah berjuang keras sehingga bisa meloloskan 90 tim PKM Undip tahun 2023,” ucap Prof Faisal.

Prof Faisal menyebutkan bahwa kegiatan coaching clinic ini merupakan salah satu proses untuk menyambut Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36. “Proses yang sudah kita lalui menunjukkan bahwa ini sudah berjalan dengan luar biasa. Butuh effort yang luar biasa dari semua pihak, seperti bagaimana mengembangkan keilmuannya, keahliannya, koordinasinya, dan kolaborasinya untuk menghadapi PIMNAS ke-36. Saya terharu dan bangga, ini merupakan salah satu momen yang paling indah selama saya menjabat sebagai Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan,” ungkapnya.

Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. saat menyampaikan sambutan pada Coaching Clinic bagi 90 Tim PKM Undip, Selasa (03/10).

Dengan kegiatan coaching clinic ini diharapkan kepercayaan diri mahasiswa meningkat sehingga saat menyampaikan ide dan gagasan dapat dilakukan secara optimal. “Sebaik apapun kita memiliki ide tanpa kita mampu menyampaikannya secara percaya diri maka hasilnya akan kurang maksimal. Kemudian bila ada kekurangan pada masing-masing tim, dapat segera diperbaiki,” imbuh Prof Faisal.

Sementara Wakil Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nuswantoro Dwiwarno, S.H., M.H. dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan coaching clinic ini merupakan suatu rangkaian persiapan dari kegiatan PKM dimana tanggal 7-13 Oktober merupakan waktu untuk mengunggah Laporan Kemajuan dan tanggal 16-28 Oktober mendatang waktu untuk Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2). “Penilaian kemajuan PKM yang akan dilakukan secara eksternal oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa),” kata Nuswantoro.

“Kita kumpulkan dan kita satukan langkah, baik dari dosen pembimbing dan dosen pembina serta mahasiswa untuk menyiapkan dokumen beserta kelengkapan administrasi lainnya untuk persiapan kita maju pada ajang PIMNAS ke-36 di Bandung,” tambahnya.

Pada tahap ini Undip berhasil meloloskan 90 Tim PKM, yang terdiri dari 374 mahasiswa dan didampingi oleh 58 dosen pembimbing dan 19 dosen pembina. Adapun 90 Tim PKM Undip yang lolos Pendanaan Kemendikbudristek, terdiri atas PKM Kewirausahaan (PKM-K) 9 tim; PKM Karsa Cipta (PKM-KC) 11 tim; PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM) 10 tim; PKM Riset Eksakta (PKM-RE) 47 tim; PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) 9 tim; dan PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK) 4 tim.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama mengenai Peningkatan Kualitas Metode Ilmiah dalam Program Kreativitas Mahasiswa dan materi kedua mengenai State of The Art dalam Program Kreativitas Mahasiswa.

PIMNAS merupakan kegiatan resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Pada PIMNAS ke-36 ini akan diselenggarakan di Universitas Padjadjaran, Bandung. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

 

Share this :

Category

Arsip

Related News