, ,

Rektor UNDIP: Program KKN Merupakan Sarana Mengamalkan Ilmu

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. memberangkatkan sebanyak 2.658 mahasiswa pada acara Upacara Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim 1 Tahun Akademik 2023/2024, Kamis (4/1) di Lapangan Widya Puraya, Kampus Undip Tembalang.

“Alhamdulillah, bersyukur menjadi mahasiswa karena mendapatkan kesempatan untuk mengamalkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah untuk memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata Prof Yos.

Lebih lanjut Prof Yos berpesan kepada mahasiswa KKN yang tersebar di 33 kecamatan pada 8 kabupaten provinsi di Jawa Tengah yang berlokasi di Pemalang, Pekalongan, Temanggung, Magelang, Boyolali, Klaten, Sukoharjo dan Sragen untuk membawa nama besar Undip sekaligus menjaganya.

“Berbanggalah menjadi bagian dari Universitas kelas dunia. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa kalian orang-orang terpilih dan berkualitas. Tunjukkan karya-karya berbasis kemampuan keilmuan serta menjaga integritas,” tegasnya.

“Jaga kesehatan dan hindari politik praktis mengingat tahun ini adalah tahun politik. Semoga Tuhan YME melindungi, menyayangi, memberikan keselamatan dan mensukseskan tugas-tugas kalian,” ucap Prof Yos.

Sementara dalam laporannya, Kepala Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Kurniawan Teguh Martono, S.T., M.T. menyebutkan “Pelaksanaan KKN Tim I Undip Tahun Akademik 2023/ 2024 mulai dari tanggal 4 Januari sampai dengan 9 Februari 2024 dengan mengusung tema “Literasi Pemilu Sehat dan Pemberdayaan Masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata”. Mahasiswa akan melaksanakan kegiatan yang terdiri dari program multidisiplin, keilmuan dan program sosial kemasyarakatan dengan didampingi 110 dosen pendamping KKN,” jelasnya.

Data total mahasiswa keseluruhan yang turut pemberangkatan KKN Tim I pada tanggal 4-5 Januari 2024 sebanyak 2.658 dari berbagai disiplin ilmu (12 Fakultas). Dengan sebaran wilayah yakni di Kabupaten Pemalang terdapat 6 Kecamatan (Watukumpul, Warungpring, Belik, Moga dan Pulosari, Randudongkal); Kabupaten Pekalongan 3 Kecamatan (Kajen, Karanganyar, Doro); Kabupaten Temanggung 3 Kecamatan (Selopampang, Bulu, Tlogomulyo); Kabupaten Magelang 3 Kecamatan (Ngablak, Pakis, Grabag); Kabupaten Boyolali 3 Kecamatan (Wonosamodro, Wonosegoro, Klego); sedangkan Kabupaten Klaten 6 Kecamatan (Pedan, Trucuk, Ceper, Cawas, Bayat, Wedi); Kabupaten Sukoharjo 6 Kecamatan (Bendosari, Nguter, Sukoharjo, Bulu, Tawangsari, Weru); dan Kabupaten Sragen ada 3 Kecamatan (Tanon, Plupuh dan Sukodono). (Diah, ed.Ut-Humas)

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. saat menyematkan topi KKN kepada salah satu Koordinator Kecamatan lokasi KKN pada Kamis (4/1) di Lapangan Widya Puraya, Tembalang.
Share this :

Category

Arsip

Related News