, ,

Prof Sudharto, Pakar Lingkungan UNDIP Menjadi Panelis Debat Keempat Pilpres 2024

Mantan Rektor Universitas Diponegoro periode 2010-2014 yang juga Guru Besar Manajemen Lingkungan Hidup, Prof. Sudharto Prawata Hadi, MES, Ph.D. terpilih menjadi salah satu dari 11 panelis Debat Keempat Pemilihan Presiden 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini merupakan kali yang ketiga Prof Sudharto terpilih sebagai panelis Debat Capres/Cawapres.

Pada Pilpres 2019, Prof Sudharto juga terpilih sebagai panelis Debat Capres/Cawapres dengan tema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup dan infrastruktur. Sedangkan pada Pilpres 2014 Prof Sudharto terpilih sebagai moderator diantara panelis debat dengan tema yang hampir sama. Forum debat tahun 2024 ini digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, pada Minggu (21/01).

Adapun debat keempat Pilpres 2024 ini menghadirkan ketiga calon wakil presiden (cawapres) untuk beradu gagasan mengenai tema besar yaitu pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi,  pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. Tema yang diusung pada debat ini sesuai dengan kepakaran dari Prof Sudharto yaitu Manajemen Lingkungan.

Sub tema yang menjadi tugas Prof Sudharto yaitu pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup. Pertanyaan yang disusun Prof Sudharto yang menjadi pembahasan debat meliputi pembangunan rendah karbon, pajak karbon dan implementasi proyek strategis nasional yang berimplikasi pada lingkungan dan sosial. Pembangunan rendah karbon diperlukan untuk mewujudkan net zero emission (emisi nol bersih) tahun 2060 melalui pemanfaatan sumber daya alam secara efisien dan inklusif. Namun praktek pembangunan selama ini masih berorientasi pada ekonomi ekstraktif.

Mengenal lebih dekat, Prof Sudharto adalah Mantan Rektor Universitas Diponegoro periode 2010-2014. Merupakan Guru Besar bidang Manajemen Lingkungan Universitas Diponegoro. Belum lama ini beliau juga menjadi salah satu dari 18 tokoh yang menerima tanda kehormatan berupa Bintang Jasa Pertama oleh Presiden Joko Widodo.

Bintang Jasa merupakan penghargaan yang diberikan oleh negara kepada para tokoh yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi masyarakat dan negara dalam berbagai bidang, pendidikan, ilmu pengetahuan, seni, olahraga, dan lainnya. Penganugerahan yang diterima Prof. Sudharto Prawoto Hadi, MES, Ph.D. merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras dan dedikasinya dalam memajukan masyarakat dan bangsa.

Prof Sudharto sendiri mengawali pendidikan tingginya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di Faculty of Environmental, York University, Kanada pada tahun 1989 dan berhasil menyandang gelar Master’s in Environmental (MES). Tidak hanya sampai disitu, ia pun melanjutkan studinya dengan mengambil program Doktoral di School of Community and Regional Planning, University of British Columbia (UBC), Kanada, hingga mendapatkan gelar Doctor of Philosophy atau Ph.D.

Saat ini, Prof Sudharto merupakan Guru Besar di Bidang Manajemen Lingkungan di Departemen Administrasi Bisnis, FISIP serta program studi Ilmu Lingkungan Undip, dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan PROPER Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan). (Sudhanta, ed.Astri & Ut Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News