,

Aldo, Delegasi UNDIP pada International Youth Exchange Conference ( IYEC) #5

Aldo Setiawan Wibowo, berhasil lolos fully funded delegate pada prgoram International Youth Exchange and Conference (IYEC) Chapter #5 yang diselenggarakan oleh Indonesian Youth Action dengan mengusung tema “Unlock Your Limit”.  IYEC Chapter #5 ini merupakan program pertukaran untuk berkontribusi dan mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). Acara ini berlangsung selama 6 hari pada 28 November – 3 Desember 2023.

Untuk menjadi delegasi Fully Funded (Beasiswa penuh), Aldo harus mengikuti rangkaian seleksi berupa seleksi dokumen, wawancara, dan focus group discussion. Acara IYEC #5 ini terdiri dari pemaparan gagasan SDGs, campus tour, kunjungan ke KBRI, city tour, dan joint session seputar studi di luar negeri.  Ketika mengunjungi Singapura, tim delegasi diperlihatkan infrastruktur-infrastruktur yang maju dan beragam yang ada di sana. Selain itu, Aldo dan tim delegasi lainnya mengunjungi salah satu sekolah Indonesia bernama Sekolah Indonesia Singapura (SIS). Saat berada di Sekolah Indonesia Singapura (SIS), ia bertemu dengan para guru, staff, dan murid dan memperoleh pengetahuan mengenai kurikulum dan kegiatan yang ada di sana.

Setelah itu, Aldo dan tim mengunjungi Malaysia di mana Ia mengikuti konferensi projek SDGs di APPGM-SDG dan melakukan kunjungan diplomasi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia. Terakhir, Aldo mengunjungi Thailand dan mengunjungi Sangkhom Islam Wittaya School untuk pertukaran budaya. Di akhir kegiatan, Aldo menerima nominasi sebagai delegasi Global Awareness. Nominasi ini diberikan oleh panitia kepada delegasi yang memiliki pengetahuan yang luas mengenai permasalahan dunia dan SDGs.

“Harapan saya setelah mengikuti kegiatan ini adalah dapat men-courage para mahasiswa untuk aktif di kegiatan dalam kampus dan luar kampus. Ada banyak sekali peluang yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa terutama dengan kemajuan teknologi. Saya juga berharap bahwa dengan prestasi ini, saya dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan terus berjuang untuk memperoleh prestasi lainnya,” ucap Aldo.

Untuk mengenal lebih dekat, Aldo Setiawan Wibowo merupakan mahasiswa tahun pertama Teknik Sipil Fakultas Teknik yang saat ini menjalani semester kedua di Universitas Diponegoro. Selama berkuliah, ia aktif dalam menjalani perkuliahan dengan mengerjakan berbagai tugas seperti laporan praktikum dan tugas besar. Tidak hanya aktif dalam perkuliahan, ia juga berpartisipasi pada organisasi seperti AISEC Future Leaders. Sebagai mahasiswa Undip, ia merasa antusias dan terkesan dengan pengalaman pembelajaran sejauh ini.

“Meskipun baru satu semester, saya merasa bahwa Undip memberikan pondasi yang kokoh untuk pengembangan pribadi dan akademis saya. Saya optimis bahwa selama masa perkuliahan ini, saya dapat terus belajar dan tumbuh sebagai individu yang siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” pungkas mahasiswa Teknil Sipil itu. (Sudhanta/Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News