, ,

Dewan Profesor UNDIP Bahas Optimalisasi Obat Herbal

Dewan Profesor Senat Akademik Universitas Diponegoro (UNDIP) menyelenggarakan kegiatan Webinar “UNDIP’s Professor Talk” Curah Pikir Dewan Profesor Senat Akademik Universitas Diponegoro series ke-17 pada Rabu, tanggal 10 Juli 2024 pukul 13.00 WIB secara daring melalui Zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui Official Youtube UndipTV dengan tema “Optimalisasi Penggunaan Obat Herbal Melalui Standarisasi dan Edukasi untuk Kesehatan Masyarakat”.

Mewakili Ketua Dewan Profesor UNDIP, acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dewan Profesor UNDIP Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, S.T., M.Si. Dalam sambutannya, Prof Denny mengatakan bahwa seiring dengan maraknya penggunaan obat herbal memberikan sebuah peluang dan tantangan bagi kita. Selain itu, kebutuhan obat herbal saat ini tidak lepas dari kebutuhan masyarakat untuk hidup sehat.

“Saat ini Dewan Profesor UNDIP, para Profesor, dan juga para narasumber memberikan wawasan dan pengetahuan kepada kita tentang bagaimana pemanfaatan obat herbal ini nantinya sebagai salah satu obat alternatif yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Ada beberapa yang belum terstandarisasi dan ada juga yang sudah terstandarisasi melalui Badan POM,” ucap Prof Denny.

Menurut Prof Denny, topik webinar kali ini selaras dengan salah satu agenda UNDIP, yakni UNDIP Bermartabat dan UNDIP Bermanfaat. “Sesuai arahan pak Rektor, UNDIP saat ini mempunyai salah satu agenda yaitu UNDIP bermartabat dan UNDIP bermanfaat, artinya bermanfaat untuk masyarakat baik dari sisi-sisi pemikiran maupun produk-produk yang nantinya dihasilkan oleh para ilmuwan atau para akademisi yang ada di UNDIP,” jelasnya

Webinar yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir. Delianis Pringgenies, M.Sc. ini mengundang 3 (tiga) narasumber, yaitu Prof. Dr. Apt. Sri Adi Sumiwi dari Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran yang menyampaikan materi mengeni Penggunaan Obat Herbal dalam Bidang Farmasi; Prof. Dr. Bambang Cahyono, M.S. dari Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro yang menjelaskan materi tentang Standarisasi Bahan Obat Herbal: Kunci Menuju Keamanan dan Efikasi; dan Prof. drg. Zahroh Shaluhiyah, MPH., Ph.D. dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro yang menyampaikan materi mengenai Edukasi Obat Herbal bagi Peningkatan Kesehatan Masyarakat.

Dengan hadirnya webinar ini diharapkan menjadi sarana edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan obat herbal yang telah lama digunakan sebagai alternatif pengobatan. Namun penggunaan obat herbal yang tidak terstandar sering kali menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti resiko overdosis, interaksi dengan obat-obat lain, dan bahaya efek samping, oleh karena itu diperlukan standarisasi yang ketat terhadap obat herbal untuk menjamin kualitas dan keamanannya.

Selain itu, edukasi juga merupakan faktor penting dalam optimalisasi penggunaan obat herbal. Dengan pemahaman yang baik tentang penggunaan obat herbal yang benar dan tetap disiplin terhadap standar yang diberikan, masyarakat dapat memperoleh manfaat maksimal dari pengobatan herbal yang lebih aman dan efektif.

Share this :

Category

Arsip

Related News