, ,

Tim K3 UNDIP Rutin Lakukan Patroli Keselamatan

Pegawai Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) Universitas Diponegoro (UNDIP) tingkat fakultas/sekolah dan kantor pusat, Jumat pagi (12 Juli 2023) melakukan kegiatan patroli keselamatan (safety patrol) di lingkungan Universitas Diponegoro, didampingi pegawai K3 UPT K3L UNDIP.

Kegiatan patroli keselamatan ini merupakan tindak lanjut setelah seluruh pegawai K3L yang telah bersertifikat mengikuti refreshment training tentang pengelolaan K3 di lingkungan UNDIP pada 25 Juni 2024 lalu.

Tujuan dilakukannya safety patrol ini agar segera diketahui bila terdapat kondisi-kondisi dengan potensi resiko tinggi yang membahayakan warga atau lingkungan, segera dapat diatasi. Kegiatan patroli keselamatan ini diterapkan secara indoor (dalam ruangan) maupun outdoor (luar ruangan).

“Saat ini kami pendampingan dulu, melatih petugas K3 praktek inspeksi, selanjutnya mereka harus mampu melakukan patroli di wilayahnya masing-masing. Jadi setelah pendampingan, mereka melakukan kegiatan patroli secara mandiri. Membuat jadwal patroli sendiri, mengisi formulir yang telah disediakan dan melaporkan hasil inspeksi pada UPT K3L,” terang Kepala UPT K3L UNDIP, Bina Kurniawan.

“Formulir laporan itu kemudian dikirim ke kami untuk kami analisis. Bila nampak ada resiko tinggi, segera kita tindak lanjuti, termasuk melakukan investigasi kejadian kecelakaan yang sudah terjadi, agar tidak terjadi kejadian serupa,” lanjut Bina.

Patroli keselamatan luar ruang dengan cara mengidentifikasi atau memantau titik-titik mana saja yang punya potensi membahayakan, seperti sampah berserakan, selokan tersumbat, rambu yang tidak sesuai, hingga kondisi jalan yang membahayakan.

Dengan mengetahui kondisi nyata di lapangan, maka dapat ditindak lanjuti dengan tepat dan segera agar mencapai UNDIP Zero Accident, artinya tidak ada kecelakan. Serta untuk mencapai UNDIP Zero Waste, artinya tidak ada sampah berserakan dan sampah dikelola dengan baik.

Share this :

Category

Arsip

Related News