Universitas Diponegoro

UNDIP Tuan Rumah PEKSIMIDA Desain Media dan Cerpen

UNDIP – (Semarang, 23/7). Seiring pentingnya pengembangan bakat mahasiswa dan upaya peningkatan kualitas serta kemampuan praktis mahasiswa pada bidang seni maka sebagai anggota Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jawa Tengah, Universitas Diponegoro turut berperan serta dalam mengimplementasikan harapan tersebut. UNDIP ditunjuk oleh BPSMI Jawa Tengah menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan kegiatan Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA) Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 23 – 24 Juli 2024 khususnya untuk dua (2) tangkai lomba yakni Desain Media Kampanye Sosial dan Penulisan Cerita Pendek (Cerpen).

Pelaksanaan kegiatan Peksimida dibuka dengan serangkaian ceremony bertempat di Conference Hall Gedung ICT Lantai 5, kampus UNDIP Tembalang. Turut hadir dalam acara tersebut Rektor UNDIP beserta jajaran, Ketua BPSMI yang diwakili oleh Dr. Iswoyo, S.Pt., M.P. selaku Sekretaris BPSMI Jawa Tengah; Ketua Formawa Jawa Tengah, Dr. Kusni Ingsih, M.M; Staff Ahli dan Pengurus BPSMI serta 34 delegasi mahasiswa perwakilan dari berbagai Universitas Negeri dan Swasta beserta pembimbingnya masing – masing.

Sebanyak 34 mahasiswa yang berpartisipasi dalam kompetisi penulisan cerpen dan 27 mahasiswa mengikuti lomba desain media kampanye. Dari hasil seleksi perlombaan nantinya bagi mahasiswa yang terpilih sebagai pemenang akan menjadi delegasi perwakilan Jawa Tengah dan maju hingga ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) 2024 yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rektor UNDIP, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si dalam sambutannya mengatakan kita butuh pemuda yang kreatif untuk bangsa ini, sehingga keahlian mahasiswa yang ikut berkompetisi maupun berkampanye nantinya mampu menghasilkan karya-karya yang bagus dengan konten – konten positif di ruang publik untuk menambah banyak hal positif.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang berpartisipasi pada kedua tangkai perlombaan mampu membuat sejarah setidaknya dengan menghasilkan konten – konten yang sangat bagus maka akan menambah hal positif bagi bangsa ini,” lanjutnya.

“Kita butuh orang – orang muda kreatif yang nantinya menghasilkan konten positif, menjadi juara atau tidak juara tetapi keduanya tetap juara bagi bangsa ini karena telah menebarkan kebaikan dengan hal-hal yang positif dan keren bagi bangsa ini. Sekali lagi selamat berlomba bagi mahasiswa semoga semua juara,” ucap Rektor UNDIP.

Sementara dalam laporannya, Prof. Dr. nat. tech. Siswo Sumardiono, S.T., M.T. selaku Direktur Akademik, Kemahawasiswaan dan Alumni Direktorat UNDIP menyebutkan Peksimida yang diselenggarakan oleh UNDIP merupakan kegiatan perlombaan dua (2) tangkai lomba yakni Desain Media Kampanye Sosial dan Penulisan Cerita Pendek (Cerpen) dari 15 tangkai perlombaan yang dilaksanakan dalam kurun waktu bulan Juni – Juli 2024.

Sehingga harapannya nanti para juara dari 15 tangkai perlombaan akan maju ke ajang Peksiminas 2024 di Universitas Negeri Jakarta yang akan datang. Untuk lomba penulisan cerpen berlokasi di Gedung Kuliah Teknik Komputer Fakultas Teknik UNDIP (Lab. Jaringan & Keamanan Komputer serta Lab. Perangkat Lunak & Perangkat Bergerak) dan lomba Desain Media Kampanye Sosial bertempat di Ruang Sidang LP2MP Gedung ICT Lantai-3 UNDIP.

“Semoga kegiatan Peksimida 2 hari di UNDIP menghasilkan talenta-talenta yang luar biasa dan bisa mewakili Jawa Tengah dalam ajang Peksiminas yang akan diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta,” ungkap Prof Siswo.

Dalam kesempatannya, Iswoyo mewakili Ketua BPSMI mengucapkan terima kasih kepada UNDIP yang telah membantu BPSMI dengan segala konsekuensinya sebagai tuan rumah untuk dua tangkai perlombaan menyongsong Peksiminas tanggal 2 – 7 September di UNJ.

“Harapan kami dari serangkaian Peksimida nanti benar-benar menghasilkan yang terbaik untuk mewakili Jawa Tengah. Semoga di Peksiminas ke XVII nanti mampu mempertahankan Juara Umum di Jakarta seperti saat Peksiminas ke XVI Tahun 2022 Jawa Tengah terpilih sebagai Juara Umum dengan meraih Medali Emas dari kategori Tari Garapan yang dibawakan oleh mahasiswa UNDIP,” ujarnya.

Adapun 15 Tangkai yang diperlombakan pada Peksimida Jateng diantaranya perlombaan Fotografi, Vocal Group, Penulisan Cerpen, Poster, Komik, Melukis, Pop, Tari Garapan, Penulisan lakon, Penulisan Puisi, Seriosa, Dangdut, Keroncong, Monolog dan Baca Puisi.

Kegiatan Peksimida ini bertujuan agar para mahasiswa mampu meningkatkan dan mengembangkan prestasi, kreasi, sekaligus merajut masa depan melalui bakat seni dan turut serta memperkaya budaya bangsa berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan adanya seni diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan kepribadiannya, agar memiliki integritas yang tinggi terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional. (DHW-Humas)

Share this :
Exit mobile version