, ,

Wisudawan Hanna Sazidah: Jadilah Generasi Berpendidikan

“Jadilah generasi yang berpendidikan, berani, penuh semangat dan jangan mager,” pesan Hanna Sazidah ketika membagikan momen bahagianya dinyatakan lulus sebagai wisudawan terbaik predikat Cumlaude dengan IPK 3.84 pada prosesi Wisuda periode 175 UNDIP tanggal 29 Juli 2024 di Muladi Dome Gedung Serbaguna (GSG) UNDIP, Kampus Tembalang.

Teringat perjuangannya masuk UNDIP melalui jalur SNMPTN Tahun 2020 pada program studi Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro hingga akhirnya ia dapat menyelesaikan studi 3 tahun 8 bulan 13 hari.

Menurut Hanna sebagai generasi berpendidikan maka tidak ada batasan untuk belajar, dan tidak ada batasan dalam mengembangkan diri. “Jangan takut untuk mengambil tantangan, dan jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru. Walaupun banyak kekurangan, it’s okay karena setiap langkah kecil akan memberikan pengetahuan dan pengalaman serta menuntun kita menuju jalan kesuksesan yang lebih besar,” ujarnya.

Hanna merasa sangat berkesan selama berkuliah di UNDIP. Baginya UNDIP merupakan kampus negeri yang “centric dan bersahabat”. UNDIP sangat mempersiapkan karier masa depan dengan peluang networking dan bimbingan karier.

“Selama masa studi di Universitas Diponegoro, saya mengalami transformasi pribadi yang signifikan, termasuk pengembangan kemandirian, keterampilan interpersonal, dan kepercayaan diri. Saya mendapatkan wawasan berharga dari para dosen dan belajar beragam perspektif atau sudut pandang teman-teman dalam pembelajaran maupun melihat isu – isu dan masalah di lingkungan sekitar,” ungkap Hanna.

Terbukti dari keaktifan Hanna dalam kegiatan bidang riset dan perlombaan akademik dengan keikutsertaannya mengikuti kompetisi dan riset nasional. Kompetisi yang pernah dimenangkan salah satunya Top 5 Case Study Competition GEOSCOPE UGM 2021 dan Pendanaan PKM-KC 2021. Untuk kompetesi non akademik, dirinya pernah menjadi Peserta Terbaik LKMMPD Kelautan UNDIP 2020 dan Peserta Terbaik pada program MSIB di Orbit Kampus Artificial Intelegence 4 Jobs tahun 2023.

“Pada tahun 2024 ini, Alhamdulillah saya dan teman-teman berhasil mempublikasikan proceeding internasional pada Springer Proceedings in Physics Volume 305 dengan judul “Investigating the Fujiwhara Effect on Seroja TC and Odette TC on Upwelling Patterns Using EMT and EPV Spatial Analyis” dan IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (EES) yang berjudul ”Instrumentation for Monitoring and Early Warning of Tidal Flood Using ESP3252 Microcontroller and A01NYUB Ultrasonic Sensor in Tambakrejo, Semarang”. Dari kegiatan-kegiatan tersebut, saya juga pernah diundang untuk menjadi pembicara pada kegiatan mahasiswa di LKMMPD Pertanian 2023 dan TLD FPIK 2023,” imbuhnya.

Kegiatan kemahasiswaan yang ada di UNDIP memberikan kesempatan untuk mahasiswa mengasah keterampilan, kepemimpinan, dan membangun relasi yang bermanfaat. “Pendidikan dan berorganisasi sebagai peluang investasi untuk masa depan. Dengan pendidikan yang kuat dan keterlibatan dalam organisasi, dapat membangun masa depan yang lebih baik untuk diri sendiri dan dunia di sekitar,” kata Hanna.

Selain itu, fasilitas yang tersedia di UNDIP membantu mahasiswa dalam menunjang kebutuhan dan kemampuan mahasiswa. “Saya melihat UNDIP sebagai kampus yang sangat royal terhadap mahasiswanya, diketahui hanya UNDIP satu-satunya kampus negeri yang menyediakan makanan gratis, bus kampus gratis, dan peminjaman sepeda gratis serta cepat dalam menanggapi keluh kesah mahasiswanya terkait sarana prasarana dan kurikulum pembelajaran,” pungkasnya. (DHW-Humas)

 

Share this :

Category

Arsip

Related News