,

Tim KKN UNDIP Ajak Warga Desa Jagan Menanam Lavender Usir Nyamuk

Desa Jagan, 28 Juli 2024 – Tim II KKN Undip 2024 Desa Jagan sukses melaksanakan program kerja peningkatan pengetahuan mengenai bahaya nyamuk dan cara pencegahannya. Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Jagan dan diikuti oleh perwakilan Kelompok Wanita Tani (KWT) dari seluruh desa pada hari Minggu (28/07/2024).

Tim KKN yang terdiri dari Maria Fransiska Br Simbolon (Manajemen), Syakriza Rifandi Yudhoananto (Hukum), Daniswara Adi Wicaksana (Sastra Inggris), Yudhansa Anandhita R (Keperawatan), Nadyn Amalia Resi (Teknologi Rekayasa Kimia Industri), Alifa Humaira (Agribisnis), Nidaul Husna (Administrasi Publik), Eka Auliya Syifa (Matematika), dan Deanita Silvia Putri (Akuakultur) memberikan pelatihan kepada peserta yang hadir.

Acara berlangsung dengan baik dan lancar, dimulai dengan adanya pembukaan dan pembacaan doa, sambutan dari koordinator desa dan ketua penggerak PKK, kemudian penyampaian materi mengenai bahaya nyamuk serta cara pencegahannya.

Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis tanaman lavender oleh Tim KKN Undip kepada perwakilan KWT, diikuti dengan pembagian tanaman lavender kepada seluruh peserta, dan sesi dokumentasi. Sebanyak 15 tanaman lavender dibagikan kepada peserta, dengan sisa tanaman ditempatkan di Balai Desa Jagan.

Ide pencetusan program kerja ini muncul setelah Tim KKN mengikuti kegiatan Grebeg Jentik yang diselenggarakan oleh PKK Desa Jagan, dimana mereka menemukan banyak rumah warga yang masih terinfeksi jentik nyamuk.

Program ini mendapat pujian positif terutama pada pemberian tanaman lavender. “Tanaman lavender ini efektif dalam menangani masalah nyamuk karena kandungan zat linalool dan lynalyl asetat yang dimilikinya serta aromanya yang tidak disukai oleh nyamuk,” jelas salah satu anggota tim KKN.

Mulyani, salah satu peserta, mengapresiasi program kerja ini. “Program ini bagus dan sangat relevan menangani permasalahan yang sedang kami hadapi, karena banyaknya serangga nyamuk sangat mengganggu dan bahaya untuk kesehatan warga,” ungkapnya. Ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh Ibu Lurah yang mengapresiasi ilmu baru yang diberikan oleh tim KKN.

Secara keseluruhan, para peserta mengapresiasi program kerja ini dan menyatakan rasa syukur atas solusi yang diberikan oleh tim KKN Undip yang dapat membantu mengatasi permasalahan nyamuk di Desa Jagan.

 

Share this :

Category

Arsip

Related News