, ,

Penerapan Ilmu dan Nilai Pancasila pada Program KKN Mahasiswa UNDIP

Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. bersama dengan jajaran dan tim dari LPPM (Lembaga dan Pengabdian kepada Masyarakat) melakukan kunjungan ke kabupaten Klaten dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II UNDIP pada Minggu (11/8) bertempat di pendopo kabupaten Klaten.

Kegiatan monitoring dan evaluasi rutin dilaksanakan untuk melihat secara langsung program kerja yang sudah dilaksanakan mahasiswa KKN dalam wujud Gelar Karya KKN. Pada kesempatan ini acara Gelar Karya KKN bersamaan dengan acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia dengan Universitas Dipnegoro tentang Pembinaan Ideologi Pancasila dalam Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Diponegoro. Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan PKS antara BPIP RI dengan pemerintah daerah kabupaten Klaten.

Dalam sambutannya, Rektor UNDIP menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Klaten yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Jajang Prihono yang menjabat Sekretaris Daerah kabupaten Klaten atas diterimanya mahasiswa UNDIP untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Selanjutnya Prof Suharnomo mendukung kegiatan BPIP RI yang menggandeng mahasiswa untuk melestarikan Pancasila. Terlebih pada masa sekarang ini, era globalisasi menuntut peran aktif pemuda dalam hal ini mahasiswa sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan untuk menjaga Pancasila, keutuhan NKRI dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk itu mahasiswa wajib mengembangkan diri dengan meningkatkan literasi digital dan literasi teknologi mengingat akses komunikasi dan informasi yang cepat dan meluas. Dengan dibarengi bijak bermedia dan menyaring informasi yang tepat dai sumber yang kredibel.

Sementara Sekda Jajang Prihono mewakili Bupati Klaten mengucapkan terima kasih kepada Universitas Diponegoro atas kontribusi mahasiswa UNDIP yang turut menggerakkan dan memberdayakan warga dan potensi daerah melaui program KKN (Kuliah Kerja Nyata) selama kurang lebih 45 (empat puluh lima) hari sejak diberangkatkan dan dilepas oleh Rektor pada 9 Juli 2024. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila sangat penting ditanamkan terutama bagi pemuda. Dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila diharapkan tumbuh sikap saling menghormati, menjaga martabat dan berlaku adil. Dengan terbangunnya sikap tersebut akan terwujud hubungan sosial yang harmonis dan keadilan sosial bagi semua.

Hal tersebut relevan dengan perwujudan program KKN mahasiswa UNDIP untuk menerapkan kehidupan bersosial dengan masyarakat dan mengaplikasikan ilmu terutama untuk turut berkontribusi memutus rantai kemiskinan dan mendukung ketahanan pangan dengan mengenali dan mengolah potensi alam dengan mengikutsertakan partisipasi warga.

Dalam gelar karya KKN yang digelar di pelataran pendopo kabupaten Klaten menampilkan hasil karya dari 7 kecamatan yang terdiri dari kecamatan Cawas, kecamatan Bayat, kecamatan Wedi, kecamatan Karanganom, kecamatan Jatinom, kecamatan Polanharjo, kecamatan Tulung seperti lilin aroma terapi dari minyak jelantah, pupuk organik cair dari urin kelinci, spray anti nyamuk dari tanaman serai, amoniasi jerami padi untuk pakan ternak dan beberapa produk unggulan lainnya. (Ut-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News