, ,

Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Strategi Manajemen dan Google Workspace

Pengkol, Jawa Tengah – Desa Pengkol, yang dikenal dengan berbagai potensi lokal dan kekayaan budaya, kini semakin maju dalam pengelolaan pemerintahan desa. Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas perangkat desa, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024, yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu, mengadakan pelatihan mengenal strategi manajemen organisasi dan penggunaan Google Workspace. Kegiatan yang dipandu oleh Maya Simorangkir, mahasiswi program studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam mengelola administrasi dan komunikasi secara lebih efektif di era digital.

“Selama ini, kami mengandalkan metode manual dalam pengelolaan administrasi dan komunikasi antar perangkat desa,” ungkap Pak Sugiyo,selaku Kepala Desa Pengkol. “Dengan adanya pelatihan ini, kami mulai memahami bagaimana teknologi dapat membantu kami bekerja lebih efisien dan mengurangi kesalahan dalam pencatatan dan komunikasi.” ucapnya.

Kegiatan dimulai dengan survei awal untuk memahami tantangan yang dihadapi perangkat desa dalam pengelolaan administrasi. Hasil survei menunjukkan bahwa banyak perangkat desa masih menggunakan metode tradisional dalam penyimpanan data dan korespondensi, yang seringkali memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan. Dengan pelatihan yang dilaksanakan pada Jumat (26/07), Maya memperkenalkan konsep dasar manajemen organisasi, diikuti dengan pelatihan penggunaan Google Workspace, termasuk Gmail, Google Drive, Google Docs, dan Google Calendar. Penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat membantu perangkat desa dalam mengelola surat-menyurat, menyimpan dokumen penting secara terstruktur, serta memudahkan kolaborasi dan penjadwalan rapat.

“Harapan kami, setelah pelatihan ini, perangkat desa bisa lebih terbuka terhadap penggunaan teknologi dalam kegiatan sehari-hari, sehingga pengelolaan desa bisa lebih modern dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tambah Maya.

Untuk mendukung implementasi pasca-pelatihan, tim KKN juga membantu membentuk kelompok kerja internal desa dan grup komunikasi melalui Google Chat, guna memantau dan mendukung penerapan Google Workspace dalam aktivitas perangkat desa. Pelatihan ini mendapat respon positif dari seluruh perangkat desa, dan diharapkan bisa menjadi langkah awal dalam transformasi digital Desa Pengkol, membawa kemajuan yang signifikan dalam tata kelola pemerintahan desa. (Maya/ Yoyok)

Share this :

Category

Arsip

Related News