, ,

Keren! Rektor Resmikan 4 Layanan Terbaru UPT Perpustakaan dan UNDIP Press

UNDIP, Semarang – UPT Perpustakaan dan UNDIP Press senantiasa berusaha meningkatkan pelayanan terbaiknya bagi pengunjung dengan memberikan berbagai layanan terbaru yang diresmikan oleh Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. dengan melaunching Jam Layanan Hari Sabtu, Pojok Kartini, Tuesday English Class, dan Layanan Artificial Intelligence (AI) pada hari Rabu (14/8) di Gedung UPT Perpustakaan dan UNDIP Press Lantai 1, Kampus UNDIP Tembalang.

Kegiatan peluncuran 4 (empat) layanan terbaru UPT Perpustakaan dan UNDIP Press turut dihadiri oleh Kepala Divisi Implementasi Kekda Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Ambawani Restu Widi; Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Prof. Dr. Adian Fatchur Rochim, S.T., M.T., serta Kepala Badan Pengelola Usaha Bisnis Komersial dan Analisis Resiko Dr. Andriyani, S.E., M.M.

Perpustakaan selain sebagai tempat untuk belajar mandiri, meneliti, berdiskusi atau sekedar mencari inspirasi bahkan refreshing. Perpustakaan juga harus sebagai ranah terdepan untuk mendukung pemeringkatan Universitas Diponegoro sehingga mampu berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas penelitian di lingkungan Universitas Diponegoro begitu juga jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu.

Dengan adanya penambahan jam layanan diharapkan pengunjung UPT Perpustakaan dan UNDIP Press dapat memanfaatkan fasilitas secara maksimal dan pelayanan prima bagi sivitas akademika UNDIP maupun warga diluar kampus dengan durasi waktu yang lebih lama. Penambahan layanan berkunjung perpustakaan UNDIP khususnya untuk operasional di hari Sabtu yang dimulai dari pukul 08.00 s.d 14.00 WIB. Sebelumnya sejak 1 Mei 2024 telah menambahkan jam kunjungan pada hari Senin sampai Jumat dari jam 07.30 s.d 19.00 WIB. Adapun untuk hari Minggu dan hari besar tidak melayani kunjungan.

Pada kesempatan pemberian sambutan, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si mengapresiasi dan dukungan pada inovasi – inovasi yang dikembangkan oleh UPT Perpustakaan dan UNDIP Press. Beliau berharap, perpustakaan di fakultas – fakultas juga dapat berkontribusi memberikan inovasi atau gebrakan baru pada perpustakaannya masing – masing.

“Betapa ilmu itu sangat berharga dan perpustakaan itu menjadi backbone dari perkembangan ilmu. Sehingga tugas untuk insan – insan pustakawan agar selalu meningkatkan pengetahuan dan mendeliver ilmu pada orang yang berarti kita menjadi bagian dari proses penyebaran ilmu yang bermanfaat ” tutur Rektor UNDIP.

Adapun Ambawani Restu Widi selaku Kepala Divisi Implementasi Kekda Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan bahwa Pojok Kartini merupakan bagian dari kepedulian Bank Indonesia Provinsi Jateng dalam meningkatkan literasi terutama berkaitan dengan sejarah Kartini yang menginspirasi perempuan berdaya di Jawa Tengah. Selain itu juga berupaya untuk mengoptimalkan museum Kartini yang tidak hanya berfungsi sebagai museum tetapi sekaligus sebagai sumber perekonomian baru di Rembang.

Lebih lanjut Kepala UPT Perpustakaan dan UNDIP Press Suwondo, S.Hum., M.Kom., menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah atas kepercayaan untuk Pojok Kartini. Suatu kehormatan bagi UPT Perpustakaan dan UNDIP Press terpilih menjadi salah satu pemenang giveaway Pojok Kartini bersama 20 peserta lainnya oleh Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah yang melalui proses seleksi panjang.

“UPT Perpustakaan dan UNDIP Press memberikan dukungan penuh terhadap pojok kartini sebagai sarana untuk memfasilitasi perempuan khususnya di lingkungan Universitas Diponegoro dalam meningkatkan literasi,” ucap Suwondo.

UPT Perpustakaan dan UNDIP Press juga meluncurkan layanan Tuesday English Class yang memfasilitasi sivitas akademika dalam melatih kemampuan berbahasa inggris serta layanan Artificial Intelligence untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas karya ilmiah yang sedang disusun oleh sivitas akademika UNDIP.

Tuesday English Class hadir setiap hari Selasa. Berkenaan dengan jadwal kegiatannya dapat dilihat melalui media sosial milik UPT Perpustakaan dan UNDIP Press. Sementara untuk layanan Artificial Intelligence di UPT Perpustakaan dan UNDIP Press telah melanggan 5 aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika UNDIP dengan mengunjungi perpustakaan UNDIP sekaligus dapat berdiskusi langsung dengan pustakawan,” tutupnya. (DHW-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News