, ,

Rektor UNDIP: Bekerja Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa

Momentum peringatan Hari Kemerdekaan ke – 79 Negara Kesatuan Republik Indonesia, Universitas Diponegoro turut menyelenggarakan upacara pengibaran bendera di lapangan Widya Puraya, Kampus UNDIP Tembalang. Upacara untuk memperingati hari proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun ini bertajuk “Nusantara Baru Indonesia Maju” pada Sabtu (17/8). Kemeriahan HUT RI makin semarak dengan kehadiran segenap civitas academica dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Diponegoro yang memakai berbagai atribut bernuansa Merah Putih atau unsur kedaerahan hingga ornamen khas lomba.

Rektor UNDIP Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. selaku pembina upacara membacakan kutipan pidato dari Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim B.A., M.B.A., yang menyebutkan Kemerdekaan Indonesia adalah buah dari gerakan menuju satu cita-cita bersama untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan yang harus diperjuangkan bersama-sama dengan semangat gotong royong hingga pada lima tahun terakhir ini semua telah berjuang dalam gerakan Merdeka Belajar yang masih jauh dari  sempurna dan tentunya masih banyak tantangan kedepannya. Layaknya pesan Bung Karno agar kita terus mengisi Kemerdekaan Indonesia dengan terus melanjutkan perjuangan untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan Indonesia serta terus menguatkan tekad dan langkah perjuangan untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.

Lebih lanjut Prof Suharnomo menambahkan sambutannya dengan menyampaikan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi UNDIP untuk mengucapkan rasa terima kasih tak terhingga kepada para pegawai yang bekerja baik secara terbuka maupun dalam diam untuk mencerdaskan anak bangsa di banyak tempat yang tidak mungkin disebutkan satu persatu.

“Ucapan terima kasih kepada bapak dan ibu yang bekerja di laboratorium, tenaga keamanan, tenaga kebersihan hingga pada bidang pendidikan yakni dosen dan lainnya yang sangat luar biasa bekerja tanpa pamrih untuk anak bangsa serta berkontribusi dalam mengantarkan mereka menjadi mandiri. Ini adalah kerja yang sangat luar biasa dan tugas mulia yang membutuhkan effort, komitmen, baik secara terbuka maupun dalam diam. Kami sangat mengapresiasi itu,” ucap Rektor UNDIP.

“Kita harus terus pertahankan karena UNDIP adalah terminal akhir sebelum anak – anak muda yang ada di UNDIP ini running their own business atau menjadi qualified jobseeker,” imbuhnya.

“Selain itu, kami sangat bersyukur yang terdalam bahwa pagi ini UNDIP telah berbuat sesuatu setidaknya memulai hal yang baik yakni UNDIP telah menggratiskan mahasiswa yang berkuliah di Prodi Teknologi Bisnis Perikanan dan Kelautan Kampus Jepara. Kami rasa ini adalah kerja keras yang sangat luar biasa oleh FPIK dalam mencari mitra untuk benar – benar mengoptimalkan kampus Jepara dengan memanfaatkan 53 hektar menjadi pusat keunggulan. Semoga cita -cita menjadikan PSDKU UNDIP di Jepara sebagai pusat keunggulan di Asia dapat terlaksana dan minggu ini sudah tereksekusi. Begitu pula dengan FPP melakukan hal yang sama dengan menggratiskan sebagian besar mahasiswa pada prodi Agribisnis di PSDKU Batang,” kata Prof Suharnomo.

Ditengah pelaksanaan prosesi upacara terdapat pemberian tanda kehormatan dan piagam penghargaan satyalancana karya satya kepada 301 orang Dosen dan Tenaga Kependidikan. Penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa UNDIP berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Pada akhir upacara Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dr. Warsito Kawedar, S.E., M.Si., Akt. membacakan pemenang untuk Unit/ Lembaga/ Fakultas dengan kategori peserta upacara terbaik berdasarkan indikator kehadiran, kerapian dan kekhidmatan selama mengikuti upacara diantaranya juara pertama dengan score 890 dimenangkan oleh Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP). Untuk juara kedua dengan nilai 845 diberikan pada Fakultas Teknik (FT).

Selanjutnya kategori kedua dengan peserta upacara terheboh berdasarkan indikator kehebohan, kekompakan dan antusiasme dalam menyemarakkan upacara yaitu pemenang dengan nilai 900 diberikan kepada Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Juara kedua dengan score yang sama yaitu Sekolah Vokasi (SV). Kategori ketiga dengan peserta upacara terkreatif dengan score 760 dimenangkan oleh Fakultas Kedokteran dan RSND. Apresiasi pemberian hadiah langsung dari Rektor UNDIP kepada pemenang diwakilkan oleh Dekan Fakultas masing – masing yang berhak memperoleh hadiah 1 (satu) unit sepeda motor VIAR New Karya. (DHW – Humas)

 

Share this :

Category

Arsip

Related News