, ,

Mahasiswa KKN UNDIP di Sragen Kembangkan Seruni Boost Untuk Imunitas

Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun 2023/2024 di desa Ngrombo, kecamatan Plupuh, kabupaten Sragen memberikan sosialisasi sekaligus demonstrasi pembuatan wedang seruni (Seruni Boost). Seruni Boost adalah minuman herbal kaya rempah yang bermanfaat sebagai imunobooster (membantu meningkatkan daya tahan tubuh).

Minuman ini merupakan perpaduan rempah jahe, sere, jeruk nipis dan gula. Kandungan yang paling penting dari jahe adalah zingiberol yang berfungsi sebagai anti radang dan mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, jahe juga memiliki sifat sebagai antimikroba dan anti inflamasi yang dapat mengatasi flu (pilek, batuk) serta gangguan kesehatan ringan lainnya seperti nyeri dan sakit kepala.

Kegiatan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan wedang seruni diikuti sebanyak 70 orang yang dilaksanakan ketika acara perkumpulan PKK RT 14 desa Ngrombo tepatnya di rumah warga bernama Suroyo (Minggu, 28/7). Sosialisasi dimulai dengan penyampaian materi tentang wedang seruni dan manfaatnya, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian alat, bahan dan langkah pembuatan wedang seruni sekaligus didemonstrasikan.

Ibu – ibu PKK RT 14 desa Ngrombo tampak antusias memperhatikan dengan seksama sesi demonstrasi kegiatan dari mahasiswa KKN UNDIP. Acara berlangsung secara interaktif saat sesi tanya jawab berhadiah dalam penyebutan rempah – rempah yang sering digunakan untuk obat herbal dan ulasan mengenai produk wedang seruni yang telah dibagikan. “Wedang seruni rasanya segar, pedasnya jahe terasa, aroma sere harum dan sedikit asam karena pakai jeruk nipis,” ucap Jum, salah satu warga RT 14.

Berselang 2 minggu setelah pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan demontrasi, mahasiswa KKN UNDIP melakukan evaluasi kepada perwakilan warga RT 14. Sebagian warga RT 14 sudah mencoba mempraktikkan dan mereka menyampaikan bahwa wedang seruni lebih nikmat dibuat menggunakan gula batu.

Melalui kegiatan ini, diharapkan ibu – ibu sebagai pionir keluarga dapat membuat wedang seruni secara mandiri untuk membantu mempertahankan kesehatan anggota keluarganya. Wedang seruni, dengan kandungan rempah-rempah alami seperti jahe, sereh, dan jeruk nipis, memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi gejala flu, dan meredakan nyeri.

Dengan pengetahuan yang diperoleh dari sosialisasi ini, ibu-ibu dapat lebih percaya diri dalam meracik minuman herbal yang tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan. Selain itu, praktik membuat wedang seruni di rumah juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan edukatif bagi seluruh anggota keluarga. Sehingga kesehatan keluarga dapat lebih terjaga dengan cara yang alami dan tradisional. Rempah Berkumpul, Kesehatan Terjaga!. (Titah Angesti – FKM; DHW –  Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News