, , ,

UNDIP dan Osaka University Agendakan Kerja Sama dan Kolaborasi Riset

Universitas Diponegoro (UNDIP) menerima kunjungan Prof. Keisuke Morishima, Ph.D., dari Osaka University Jepang pada Rabu, 4 September 2024 di Ruang Rektorat Gedung Widya Puraya kampus UNDIP Tembalang.

Dalam pertemuan tersebut ada beberapa hal yang dibahas antara lain penawaran kerja sama dalam bidang pendidikan seperti pertukaran atau kunjungan dosen, mahasiswa maupun staf, program magang, serta kerja sama di bidang riset kolaborasi antara UNDIP dan Osaka University. Osaka University sendiri merupakan salah satu Universitas terkemuka di Jepang dan menempati peringkat ke-86 dunia dalam pemeringkatan QS World University Rangkings.

Rektor UNDIP Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. menerima dan menyambut baik rencana kerja sama tersebut. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan IKU UNDIP. Kerja sama ini diinisiasi oleh seorang dosen dari Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik UNDIP, Mochammad Ariyanto, S.T., M.T., Ph.D yang studi lanjut S3 di Osaka University. Ariyanto memulai studi dengan beasiswa dari UNDIP. Untuk lebih mempererat kerja sama, Ariyanto dikontrak sebagai Assistant Professor sampai dengan Maret 2025.

Prof. Keisuke Morishima juga menawarkan kepada dosen Departemen Teknik Elektro dan Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik UNDIP untuk berkunjung (Visiting Profesor/Scholar) ke Osaka University di bulan November 2024 mendatang.

Sebelumnya, Fakultas Teknik UNDIP telah menggelar kuliah tamu dengan narasumber Prof. Keisuke Morishima pada Selasa, 3 September 2024 bertempat di Theater Room Lantai 4 Gedung Prof. Ir. Eko Budihardjo, M.Sc. Kuliah tamu yang dimoderatori oleh Mochammad Ariyanto, S.T., M.T., Ph.D. ini mengusung tema “Bio-inspired and Bio-hybrid Robotics”.

Share this :

Category

Arsip

Related News