, ,

Deteksi Dini Kanker Payudara Kini dapat Dilayani di RSND dengan Mamografi

Jumat, 23 Agustus 2024, Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) bersama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro secara resmi mengadakan tasyakuran serta peresmian alat dan layanan baru di RSND yaitu Layanan Mammografi. Peresmian mammografi ini secara langsung dilaksanakan oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. didampingi oleh Ketua Panitia Acara Peresmian Mammografi dr. Rr. Lydia Purna Widyastuti Setjadiningrat Kuntjoro, Sp.Rad., Direktur Utama RSND, Dr. dr. Sutopo Patria Jati, M.M., M.Kes., Dekan FK Undip, Dr. dr. Yan Wisnu Prajoko, M.Kes., Sp.B.Subsp.-onk(K), serta Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr. Elhamangto Zuhdan, M. K. M. bertempat di Instalasi Radiologi, Rumah Sakit Nasional Diponegoro.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Acara Peresmian Mammografi dr. Rr. Lydia Purna Widyastuti Setjadiningrat Kuntjoro, Sp.Rad. menyampaikan harapannya agar melalui layanan mammografi di RSND ini, RSND dan rumah sakit lain di sekitar, maupun rumah sakit yang jauh dapat tumbuh bersama dalam melakukan edukasi, deteksi dini, dan pelayanan kanker payudara yang lebih baik, untuk kebaikan pasien.

Sejalan dengan yang disampaikan ketua panitia, Direktur Utama RSND, Dr. dr. Sutopo Patria Jati, M.M., M.Kes. juga berharap dengan hadirnya layanan mamografi ini, RSND dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pasien, utamanya untuk civitas akademika Universitas Diponegoro, dan secara luas untuk masyarakat lainnya, kalau perlu sampai se-Jawa Tengah. Hal ini juga kemudian turut diapresiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang disampaikan dalam sambutan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr. Elhamangto Zuhdan, M. K. M.

Dekan Fakultas Kedokteran Undip, Dr. dr. Yan Wisnu Prajoko, M.Kes., Sp.B.Subsp.-onk(K) dalam sambutannya menyampaikan harapan besarnya agar hadirnya alat dan layanan mammografi ini dapat bermanfaat bagi pengembangan pendidikan dokter dan dokter spesialis di Universitas Diponegoro.

Peresmian alat dan layanan mammografi di RSND secara simbolis dilakukan dengan pemotongan tumpeng serta pemotongan pita oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. dan dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung alat mammografi. Rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan symposium bertajuk Better Understanding Mammography Screening in Developing Countries : “Bridging The Gap of Breast Cancer Awareness for Radiologist and Radiographer” yang dilaksanakan selama 2 hari di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Peresmian, tasyakuran, dan pengenalan alat dan layanan mammografi ini menjadi tonggak penting dalam upaya RSND dan FK Undip dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan kedokteran di Indonesia. Utamanya dalam mendukung salah satu layanan prioritas di Jawa Tengah, yaitu penanganan kanker payudara. Semoga dengan adanya layanan dengan teknologi canggih ini di RSND, masyarakat semakin mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan lebih baik.

Dilansir dari Website Rumah Sakit Nasional Diponegoro

Share this :

Category

Arsip

Related News