, ,

Guntur Awaludin (Mahasiswa FT UNDIP) Raih Best Presenter Award Di Ajang 11th IC3INA 2024

UNDIP – Pencapaian membanggakan Guntur Awaludin Saptadi mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) yang menorehkan prestasi gemilang sekaligus mengharumkan nama Universitas Diponegoro di kancah internasional. Ia berhasil meraih penghargaan Best Presenter Award pada ajang 11th International Conference on Computer, Control, Informatics and its Applications (IC3INA) 2024 bertempat di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Samaun Samadikun, BRIN Bandung tepatnya tanggal 9-10 Oktober 2024 lalu.

Kegiatan IC3INA 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini merupakan  kompetisi level internasional, diikuti oleh 176 peserta yang terdiri dari peneliti S1 hingga S3 dari berbagai negara. Kegiatan tersebut bertujuan menggali hubungan antara informatika, predictive analytics, dan komputasi sekaligus bersinergi antara bidang-bidang tersebut sehingga mampu mendorong inovasi di berbagai sektor industri.

Keberhasilan Guntur tidak terlepas dari dukungan penuh, arahan dan bimbingan dari dosennya yakni Enda Wista Sinuraya, S.T., M.T. Kolaborasi erat dengan dosen pembimbing serta dukungan dari rekan-rekan di Teknik Elektro UNDIP juga menjadi faktor penting dalam pencapaiannya.

Untuk menghadapi kompetisi bergengsi ini, Guntur tidak hanya berfokus pada riset, tetapi juga mempersiapkan presentasi dengan sangat matang. Ia berlatih berulang kali, memvalidasi data risetnya, dan memperkuat teknik komunikasi ilmiah agar dapat memberikan presentasi yang lugas dan menarik di hadapan para peneliti internasional.

“Saya mempersiapkan setiap detail dengan cermat, mulai dari konten hingga penyampaian, agar pesan dari penelitian saya bisa tersampaikan secara efektif,” ungkap Guntur.

Dengan penuh percaya diri, akhirnya dia mampu mempresentasikan makalah penelitian yang berjudul “Design of Smart Microgrid as an Integration of Electrical Systems with Android Application”.

Melalui penelitian ini, Guntur mampu menunjukkan solusi inovatif dalam sistem integrasi energi menggunakan aplikasi Android, yang memungkinkan optimalisasi manajemen listrik dalam microgrid.

Guntur berharap bahwa prestasi yang diraihnya dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa yang lain di UNDIP untuk terus berinovasi dan berani tampil di ajang internasional. “Prestasi ini bukan hanya untuk saya, tetapi juga untuk Fakultas Teknik dan UNDIP. Semoga ke depan semakin banyak mahasiswa UNDIP yang turut berpartisipasi dalam kompetisi di kancah internasional,” ujar Guntur.

“Saya berharap dapat mendorong mahasiswa UNDIP untuk terus berprestasi baik dalam bidang akademik maupun riset sehingga semakin menunjukkan bahwa inovasi anak bangsa dapat bersaing secara global,” pungkasnya penuh optimis. (Guntur; ed. DHW – Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News