, ,

UNDIP Lepas Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 Tahun 2022

Universitas Diponegoro (Undip) secara resmi melepas mahasiswa Inbound program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) pada Senin tanggal 19 Desember 2022 pukul 14.00 WIB bertempat di Gedung Prof. Soedarto, S.H. kampus Undip Tembalang. Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dekan Fakultas dan Sekolah, Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, tamu undangan, dan mahasiswa PMM 2 Undip.

Dalam laporannya, Koordinator Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) Undip Dr. Aris Ismanto S.Si., M.Si. menyebutkan Undip telah menerima sebanyak 181 mahasiswa (Inbound) yang berasal dari berbagai Universitas dari luar pulau Jawa. Sementara Undip juga telah mengirimkan 22 mahasiswa Undip (Outbound) ke 12 PTN dan PTS di Indonesia.

“Kita menerima 181 mahasiswa Inbound yang berasal dari berbagai Universitas dari luar pulau Jawa, serta dari Undip juga kita mengirimkan 22 mahasiswa Outbound yang saat ini sebagian dari mahasiswa Undip tersebut sudah kembali ke Semarang.” jelas Dr. Aris.

Dr. Aris menambahkan 181 mahasiswa Inbound tersebut akan kembali ke daerah asal yang dimulai pada tanggal 21 Desember sampai dengan 28 Desember 2022. “Kami segenap Pengelola mengucapkan terima kasih atas pemilihan saudara-saudari mahasiswa ke Universitas Diponegoro (Undip) dan kami mohon maaf apabila selama kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) kami banyak kekurangan.” tuturnya.

Sebanyak 181 mahasiswa Inbound itu tersebar ke beberapa Fakultas di Undip, antara lain Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) 23 orang, Fakultas Hukum (FH) 27 orang, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 11 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 25 orang, Fakultas Kedokteran (FK) 12 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) 25 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) 18 orang, Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) 9 orang, Fakultas Psikologi 8 orang, Fakulas Sains dan Matematika (FSM) 18 orang, dan Fakultas Teknik (FT) 5 orang.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. pada sambutannya mengungkapkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) ini merupakan salah satu mekanisme dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Semoga mahasiswa memperoleh ilmu yang sangat berarti dari kegiatan ini. Diharapkan pula dapat memberikan inspirasi dan menjadi motivasi untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.” tutur Prof. Faisal.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan program pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu klaster daerah ke klaster daerah lainnya yang memberikan pengalaman kebhinekaan.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) telah memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam mengeksplorasi dan mempelajari keragaman nusantara, dapat bertemu dan berkomunikasi dengan mahasiswa dari berbagai daerah dan memperkuat atau memperluas kompetensi akademik.

Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 (PMM 2) dituangkan dalam Modul Nusantara yang merupakan rangkaian kegiatan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang kebhinekaan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air yang meliputi empat jenis kegiatan yaitu kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial.

“Saya mewakili pimpinan memohon maaf jika ada hal-hal yang tidak berkenan selama penyelenggaraan PMM 2 ini. Terima kasih telah memilih Undip untuk menjadi tempat belajar Modul Nusantara. Sekaligus juga menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan pengelolaan dan pelayanan program PMM 2. Semoga semua ilmu yang diterima di Undip dapat bermanfaat.” pungkas Prof. Faisal.

Share this :

Category

Arsip

Related News