, ,

Wujudkan World-Class University, UNDIP Merancang Strategi Pencapaian Peringkat Internasional

Kantor Pemeringkatan Universitas Diponegoro (Kankat UNDIP) menyelenggarakan Workshop Strategi Pencapaian Peringkat 500 Besar QS World University Ranking (WUR) UNDIP pada Senin, 8 Juli 2024 di Grand Candi Hotel, Semarang. Acara ini dihadiri oleh Rektor UNDIP, Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Kerja Sama, para Dekan Fakultas/Sekolah beserta jajarannya.  Dalam rangkaian program dan kegiatan World-Class University (WCU) ini, UNDIP menganalisis indikator penilaian oleh lembaga perankingan perguruan tinggi serta mendiskusikan upaya peningkatan kualitas dan kuantitas branding untuk meraih peringkat lebih tinggi utamanya pada ranking QS WUR. Narasumber yang hadir dalam acara ini yaitu Prof. Badri Munir Sukoco, S.E., MBA., Ph.D. selaku Task Force WCU Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek RI dan Kepala BPP Universitas Airlangga 2015-2020.

Strategi pencapaian peringkat 500 Besar QS WUR oleh UNDIP dilakukan dengan berbagai kegiatan di bidang akademik, manajemen sumber daya, branding, jejaring institusi, dan inovasi riset dan publikasi. Rektor UNDIP, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. mengungkapkan bahwa dirinya tetap optimis UNDIP mampu mencapai ranking 500 besar dalam QS World University Ranking melalui pembenahan internal business process. “Semoga dalam waktu dekat UNDIP dapat mencapai peringkat 500 Besar QS WUR. Kita juga mendorong beberapa prodi unggulan untuk masuk ke penilaian QS World University Rankings,” ungkap Prof. Suharnomo.

Narasumber dari Universitas Airlangga, Prof. Badri Munir Sukoco, S.E., MBA., Ph.D. menyampaikan materi “Universitas Berkelas Dunia Menuju Indonesia Maju 2045.” Dirinya mengungkapkan bahwa menuju WCU adalah hal yang penting, karena dengan menjadi perguruan tinggi berkelas dunia mampu mengoptimalkan transfer teknologi dan menghadirkan talenta global yang menghasilkan produk riset unggulan. Tentunya dibutuhkan peran stakeholder meliputi pemerintah pusat, provinsi, dan kota untuk mengembangkan implementasi langkah menuju WCU.

Presentasi narasumber disambung dengan pemaparan dari Kepala Kantor Pemeringkatan UNDIP, Prof. Dr. Ir. Hadiyanto, S.T., M.Sc., IPU tentang “Capaian QS WUR UNDIP dan Strategi Pencapaian QS WUR 500.” Saat ini, terdapat 9 indikator terbaru QS WUR yaitu academic reputation, employer reputation, faculty student ratio, citations per faculty, international faculty ratio, international student ratio, international research network, employment outcomes, dan sustainability. Kegiatan yang khususnya berkaitan dengan reputasi dan branding, submit data, repositori, dan kualitas sumber daya perlu dioptimalisasi.

Kepala Kantor Pemeringkatan UNDIP mengungkapkan, “Kita melakukan upaya untuk meningkatkan apa yang kurang, peringkat bukan tujuan akhir. Tujuannya tidak hanya peringkat, jadi setelah mencapai ranking 500 kita jangan diam saja. Kita benahi sistem dan celah kekurangan yang masih perlu ditingkatkan.”

Selanjutnya, terdapat sesi diskusi antara narasumber dan peserta workshop. Melalui workshop ini diharapkan UNDIP dapat mencetak langkah nyata selanjutnya dalam menuju WCU dengan partisipasi seluruh lapisan civitas academica dan tenaga kependidikan UNDIP. (Titis-Public Relations)

Share this :

Category

Arsip

Related News