, ,

UNDIP Menerima Kunjungan dari UNESA

Semarang – Jawa Tengah (26/9). Universitas Diponegoro menerima kunjungan benchmarking dari Universitas Negeri Surabaya dalam rangka peningkatan kualitas manajemen kehumasan sekaligus memperkuat relasi dan sinergitas kehumasan PTN. Kunjungan benchmarking dilakukan pada Kamis, 26 September 2024. Tim Humas Universitas Negeri Surabaya disambut oleh tim Humas Universitas Diponegoro di ruang Sidang Rektor UNDIP lantai 2 gedung Rektorat, kampus UNDIP Tembalang.

Tim Humas Universitas Negeri Semarang (UNESA) berjumlah 25 (dua puluh lima) yang dipimpin oleh Direktur Humas dan Informasi Publik, Vinda Maya Setianingrum, S.Sos.,M.A. Turut hadir mendampingi dari UNESA, Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si., selaku Kasi Humas dan Muh. Ariffudin Islam, S.Sn.,M.Sn. selaku Kasi Informasi Publik.

Untuk menyambut tim Humas UNESA, hadir Wijayanto, S.IP.,M.Si., Ph.D. selaku Wakil Rektor IV bidang Riset dan Kerjasama UNDIP. Dalam sambutannya, Wijayanto menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Tim Humas UNESA ke UNDIP untuk berbagi pengalaman dalam mengelola kehumasan sekaligus memperkuat sinergitas humas PTN. Wijayanto mengatakan bahwa tantangan humas saat ini semakin kompleks dampak dari perkembangan teknologi, perubahan perilaku konsumen, serta dinamika sosial dan politik.

Dalam kesempatannya, Utami Setyowati, S.S., M.I.Kom. selaku Manajer Layanan Terpadu dan Humas berbagi pengalaman mengelola kehumasan. Disampaikan bahwa dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Bagian Layanan Terpadu dan Humas Biro Komunikasi dan Bisnis di bawah Wakil Rektor III bidang Komunikasi dan Bisnis berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Diponegoro nomor 6 tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unsur-Unsur di Bawah Rektor Universitas Diponegoro. Pada Pasal 169 dinyatakan bahwa Bagian Layanan Terpadu dan Hubungan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan layanan informasi terpadu, layanan pengelolaan informasi dan dokumentasi, hubungan masyarakat, promosi dan branding.

Untuk mengelola kehumasan dilakukan kegiatan-kegiatan strategis, seperti menyusun strategi komunikasi (menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang; menentukan target audiens; dan pesan yang ingin disampaikan) , menjalin hubungan baik dengan media (menjalin kemitraan; mengundang media; dan mengirimkan siaran pers yang berkualitas), mengelola krisis (mengunggah berita-berita prestasi), membangun internal PR (dengan menghimpun dan berkoordinasi dengan petugas humas di masing-masing unit/ lembaga/ Fakultas), menjalankan event dan sponsorship, serta melakukan monitoring dan evaluasi.

Acara ditutup dengan foto bersama dan saling bertukar cindera mata. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat untuk peningkatan pengelolaan kehumasan dan mempererat sinergitas humas perguruan tinggi. (Ut-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News